Wajib Tahu! Cara Menghemat Baterai Laptop

Wajib Tahu! Cara Menghemat Baterai Laptop

Cara menghemat baterai laptop merupakan hal yang wajib diketahui oleh pelajar dan pekerja yang menggunakan laptop setiap hari. Anda tidak mungkin terus mendapatkan tempat cas laptop saat berpergian. Jadi Anda bisa menggunakan tips-tips berikut agar baterai laptop hemat dan tahan lama.

Daftar Cara Menghemat Baterai Laptop Aman

Sebenarnya ada banyak cara untuk melakukan penghematan baterai laptop. Ada juga yang tidak perlu sampai menggunakan laptop secara terbatas pada jenis-jenis laptop tertentu. Karena saat ini ada banyak laptop canggih yang bisa bertahan sampai 20 jam tanpa dicas. 

Namun tetap saja, cara menghemat baterai laptop merupakan hal dasar yang harus diketahui. Untuk para pelajar online, pekerja WFH dan orang yang memiliki kegiatan penting bersama laptop setiap hari di luar ruangan. Semuanya juga harus mengetahui tips berikut ini.

1. Charge Laptop Setiap Ada Kesempatan

Saat Anda sedang belajar, bekerja, melakukan kegiatan ruangan menggunakan laptop. Sebaiknya Anda langsung cas laptop setiap kali memiliki kesempatan. Misalnya ketika Anda singgah ke sebuah cafe dan di sana terdapat tempat untuk cas.

Maka Anda bisa cas laptop sampai Anda pergi dari cafe tersebut. Dengan begitu Anda juga harus selalu membawa charger laptop kemana pun Anda pergi. Hal ini juga bisa membuat baterai laptop selalu penuh tanpa perlu dicas dalam waktu yang lama.

BACA JUGA:  Makanan Pembentuk Otot, Cara Membentuk Otot Dengan Mudah!

2. Kurangi Kecerahan Layar Laptop

Mengurangi kecerahan laptop merupakan langkah paling penting dalam cara menghemat baterai laptop. Kecerahan layar memakan daya baterai sangat besar seperti pada ponsel. Jadi ketika Anda ingin menggunakannya untuk waktu yang lama, kurangi kecerahan layarnya.

Anda bisa menambah kecerahan layar saat menggunakannya dalam waktu sebentar. Bisa juga ketika Anda ingin melihat lebih jelas jika layar Anda memiliki ketajaman yang kurang. Layar juga harus masuk dalam kriteria laptop incaran sebelum membelinya.

3. Tutup Aplikasi Setelah Menggunakannya

Kemudian cara menghemat baterai laptop selanjutnya adalah dengan menutup semua aplikasi yang sudah tak terpakai. Bisa juga dengan tidak membuka banyak aplikasi berat terus-menerus dalam waktu bersamaan.

Sebaiknya langsung tutup aplikasi yang sudah selesai digunakan. Anda bisa menghemat baterai lebih banyak jika tidak menggunakan aplikasi secara bersamaan. Dengan begitu sistem pada laptop juga tidak akan bekerja lebih keras.

4. Matikan Fitur Yang Tidak Digunakan

Ada banyak fitur dalam laptop yang mempengaruhi besar daya baterai laptop Anda. Untuk menguranginya tentunya dengan cara menghemat baterai laptop selanjutnya yaitu matikan fitur-fitur yang sedang tidak digunakan.

Misalnya seperti fitur WiFi, Data, Bluetooth, Lokasi, atau fitur lainnya yang akan berpengaruh langsung pada baterai laptop. Anda bisa menghidupkan semua fitur tadi jika membutuhkannya saja dan langsung matikan ketika selesai.

5. Gunakan Laptop Sesuai Jenisnya

Ada cara menghemat baterai laptop yang paling berpengaruh besar namun jarang diketahui. Cara ini adalah dengan menggunakan laptop sesuai dengan jenisnya. Misalnya seperti menggunakan laptop untuk belajar dan mengakses aplikasi pelajaran.

Jangan gunakan laptop office atau khusus pelajar untuk melakukan editing berat dan bermain game berat. Hal ini akan secara langsung menghabiskan baterai laptop dalam waktu yang sangat singkat. Bahkan dalam beberapa kasus, laptop Anda bisa sangat panas dan mengalami kerusakan.

BACA JUGA:  Tips dan Urutan Menggunakan Skincare yang Benar

Jadi jika Anda ingin membeli laptop, pastikan Anda membeli sesuai kebutuhan. Anda juga bisa langsung bertanya jenis laptop khusus pelajar atau lainnya yang memiliki daya baterai besar pada penjual. Dengan begitu Anda tidak memerlukan cara menghemat baterai laptop lagi.