Wajib Tahu! Bahaya Menggunakan Rokok Bagi Remaja

Wajib Tahu! Bahaya Menggunakan Rokok Bagi Remaja

Ada banyak penyakit yang bisa remaja alami ketika menggunakan rokok secara terus-menerus. Bahaya menggunakan rokok bagi remaja yang paling parah adalah kerusakan anggota badan bagian dalam. Jadi walaupun tampilan luar Anda biasa saja, sementara tampilan organ dalam bisa menjadi rusak.

Bahkan akibat dari penggunaan rokok ini bisa sangat parah atau berakibat panjang. Jika Anda seorang perokok, maka sebaiknya segera menghentikan kebiasaan ini secara bertahap. Ada banyak cara untuk bisa menghentikan kebiasaan merokok, salah satunya adalah dengan mengetahui akibatnya.

Daftar Bahaya Menggunakan Rokok Bagi Remaja

Sebaiknya para orang tua juga harus tahu bahaya menggunakan rokok bagi remaja itu apa saja. Tujuannya agar bisa menghindarkan anak dari pengaruh rokok untuk kesehatan tubuh. Bahkan saat ini sudah ada lebih dari jutaan remaja yang mengalami resiko kanker paru-paru dan membahayakan jantung.

1. Mengalami Penyakit Jantung dan Stroke

Saat Anda sudah kecanduan dengan kebiasaan merokok, maka bukan hal yang aneh jika Anda mengalami penyakit jantung dan stroke. Resiko kedua penyakit berat ini untuk perokok adalah hal yang wajar. Apalagi bagi perokok akut yang setiap hari mengkonsumsinya tanpa henti.

Resiko penyakit ini juga akan semakin terlihat ketika Anda sudah mulai merokok pada usia sekolah atau remaja. Pasalnya Anda tidak akan menemukan obat yang bisa cepat mengatasi masalah ini ketika Anda sudah mulai dewasa nanti. 

BACA JUGA:  Cara Membuat Masker Wajah Dari Buah Beserta Manfaatnya

2. Cepat Lemas dan Lelah

Jika Anda merasa lemas dan cepat lelah, maka Anda sudah mengalami salah satu bahaya menggunakan rokok bagi remaja. Saat Anda sedang berolahraga pun Anda akan merasa tubuh yang dulunya bugar dan sehat, perlahan menjadi cepat lelah.

Jika diperkirakan dalam umur, maka Anda sudah bisa mempersingkat hidup Anda hingga 7 tahun setelah menggunakan rokok sebanyak satu bungkus. Jadi Anda sebaiknya cepat meninggalkan mengkonsumsi hal berbahaya yang satu ini segera.

3. Detak Jantung Meningkat

Ada beberapa akibat bahaya yang diakibatkan oleh menggunakan rokok, yaitu detak jantung meningkat dan organ vital menjadi tidak berfungsi dengan baik. Jika Anda sudah mengalaminya, maka akan ada beberapa gejala seperti sesak napas, sakit kepala ringan, nyeri dada, sampai pingsan.

4. Resiko Kanker Paru-paru

Penyakit yang disebabkan oleh bahaya menggunakan rokok bagi remaja yang satu ini tentunya sudah tidak asing. Anda bisa langsung mendapatkan resiko penyakit kanker paru-paru saat sudah dewasa jika Anda mulai merokok sejak remaja. Bahkan resiko penyakit ini sudah dengan jelas tertera pada bungkus rokok itu sendiri.

5. Sering Merasakan Sesak Napas

Penyakit yang berasal dari menggunakan rokok pertama yang akan Anda alami adalah sesak napas. Anda bisa langsung merasakan bahaya ini ketika sudah menggunakan rokok berlebihan maupun sedikit. 

Untuk penggunaan pertama kali, Anda akan merasakan batuk-batuk dan sesak beberapa saat. Tapi untuk penggunaan dalam jangka waktu lama akan membuat Anda mengalami resiko yang lebih berbahaya yaitu rusak pada bagian pernapasan.

6. Mengundang Banyak Penyakit

Bukan hanya penyakit kanker dan jantung saja, tapi Anda juga bisa mendapatkan penyakit yang bisa terlihat mata maupun yang tidak. Jika yang bisa Anda lihat adalah penyakit seperti menjadi keriput, penyakit kulit, gigi kuning dan gusi rusak, dan penyakit mata.

BACA JUGA:  Harus Dibawa! Alat Kesehatan Wajib Saat Traveling

Kemudian untuk bahaya menggunakan rokok bagi remaja yang ada dalam tubuh selain kanker dan penyakit jantung adalah diabetes. Ada juga penyakit lain seperti tulang menjadi lemah dan mudah patah, hal ini juga menjadi penyebab Anda mudah lemas.