TV Tiba-tiba Mati? Cara Mengubah TV Analog ke TV Digital

TV Tiba-tiba Mati? Cara Mengubah TV Analog ke TV Digital

Cara mengubah TV analog ke TV digital juga menjadi hal yang paling membingungkan bagi sebagian besar orang di Indonesia saat ini.

Hal ini karena banyak orang sudah biasa menggunakan TV analog dan belum sepenuhnya paham pada penggunaan TV canggih digital.

Namun mengupgrade TV menjadi lebih canggih juga merupakan salah satu bentuk kemajuan yang masyarakat alami. Anda juga tidak perlu panik karena program ini akan berjalan secara bertahap pada setiap daerah dan wilayah Indonesia.

Cara Mengubah TV Analog ke TV Digital

Masyarakat memang membutuhkan informasi lengkap serta detail mengenai perkembangan teknologi TV digital. Hal ini menjadi sangat penting karena sumber hiburan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat ini terus mengalami pengembangan.

Jika masyarakat mendapatkan minim informasi maka ada kemungkinan masyarakat mengalami kemunduran. Tujuan pengembangan siaran televisi digital adalah untuk memajukan teknologi Indonesia bukan malah memundurkan karena minimnya informasi untuk masyarakat.

Ada dua jenis televisi yang bisa Anda pilih sekarang. Pertama adalah TV analog yang mendapatkan dukungan dari set top box (STB) dan TV digital asli dengan perangkat DVB-T2. 

Jadi Anda bisa memilih untuk mengupgrade TV analog menggunakan STB atau langsung membeli TV digital saja. Jika Anda memilih upgrade TV analog, Anda bisa menggunakan cara berikut ini.

BACA JUGA:  Rekomendasi Sarung Untuk Hari Raya Idul Fitri 2022

1. Pastikan Wilayah Anda Sudah Siap Televisi Digital

Pertama pastikan wilayah Anda sudah mendukung adanya sinyal untuk televisi digital. Anda bisa menggunakan antena UHF atau antena dalam rumah.

2. Pastikan TV Jenis Siaran TV Anda

Cari tahu apakah TV sudah memiliki siaran digital DVB-T2 atau hanya bisa menerima siaran analog. Kemudian Anda bisa langsung menggunakan cara yang berbeda.

Jika TV hanya mendukung siaran analog Anda perlu membeli STB dan menyambungnya pada televisi. Kemudian buka menu setting pada TV, langkah ini juga berlaku untuk TV digital. Hanya saja TV digital tidak memerlukan STB.

3. Klik Opsi Auto Scan 

Pilih bagian opsi Auto-scan agar siaran baru dari TV digital bisa masuk. Jika Anda menggunakan batuan STB, Anda akan diminta untuk memasukkan kode pos wilayah. Jadi jangan sampai salah memasukkan kode pos Anda.

Langkah ini menjadi cara mengubah TV analog ke TV digital yang paling penting. Jadi Anda tidak boleh melewatkan langkah untuk melakukan scan pada televisi yang Anda miliki saat ini.

4. Kembali dan Periksa Siaran Televisi

Setelah Anda sudah selesai melakukan scan siaran televisi digital, Anda bisa langsung kembali ke menu siaran untuk melihat banyak menu dan siaran baru. 

Apa Saja Kelebihan TV Digital?

Dengan adanya perubahan siaran televisi analog ke televisi digital tentu menimbulkan pertanyaan apa kelebihan yang bisa penonton rasakan. Ada banyak manfaat dan kegunaan yang bisa Anda rasakan setelah mengubah TV analog ke TV digital.

1. Kualitas Suara Lebih Jernih dan Jelas

Suara televisi yang biasanya agak tidak jelas atau bahkan berbeda-beda di setiap chanel akan berubah menjadi lebih jernih dan nyata. Jadi Anda bisa merasakan sensasi menonton film di bioskop melalui televisi rumah.

BACA JUGA:  Mengenal Perkembangan dan Perbedaan TV Digital dan TV Analog Indonesia

2. Gambar Jernih dan Jelas

Selain suara, gambar yang televisi tampilkan juga akan menjadi jernih dan tajam. Kualitas gambar HD pada televisi akan membuat Anda lebih nyaman menonton daripada menonton televisi yang buram dan gambar yang tidak jelas.

Selain mendapatkan keuntungan tadi, Anda juga bisa mendapatkan berbagai jenis menu yang sangat membantu dan tentunya menguntungkan. Anda bahkan bisa menyambungkan video pada ponsel ke televisi gratis.