Tubuh Selalu Merasa Lelah? Kenali Alasan Mager Setiap Hari!

Tubuh Selalu Merasa Lelah? Kenali Alasan Mager Setiap Hari! 

Tubuh selalu merasa lelah setiap hari juga merupakan suatu gejala mager yang sering dialami oleh kalangan remaja. Namun jangan salah, hal seperti ini bisa menjadi salah satu dari gejala kelelahan yang ekstrim.

Sebaiknya Anda segera melihat apakah gejala kelelahan yang Anda alami bisa berpotensi menyebabkan suatu penyakit. Ataupun menjadi gejala suatu penyakit yang bisa Anda abaikan kapan saja karena sudah merasa terbiasa.

Mengenal Gejala Tubuh Selalu Merasa Lelah

Tubuh selalu merasa lelah juga bisa menjadi hal yang merugikan serta berbahaya. Anda bisa melihat tanda-tanda Anda mengalami kelelahan ekstrim atau intoleransi aktivitas melalui beberapa hal berikut ini.

1. Sering Cepat Lelah

Jika Anda sering merasa lelah walaupun tidak melakukan kegiatan apapun. Tandanya Anda juga mengalami kelelahan ekstrim akibat pekerjaan fisik yang berat. Misalnya Anda sering mengangkat beban dalam jumlah banyak setiap hari atau sering bepergian dengan berjalan kaki.

Jika sejak Anda melakukan suatu aktivitas dan dalam beberapa menit saja Anda mulai lelah serta kehabisan nafas. Maka Anda akan mulai merasakan otot yang lemas dan tidak lama Anda akan merasa kelelahan.

Jika saja gejala ini terus muncul walaupun Anda melakukan aktivitas yang ringan seperti makan dan menulis. Maka sebaiknya Anda memberikan waktu kepada tubuh untuk beristirahat selama beberapa hari untuk pemulihan.

2. Otot Sering Kram

Jika Anda sering merasakan kram pada bagian otot yang sering Anda gunakan saat beraktivitas. Maka Anda perlu berhenti sejenak dan memberikan waktu agar otot kembali pulih.

BACA JUGA:  8 Makanan Untuk Meningkatkan Sistem Imun

Biasanya jika Anda sudah terlalu lelah, Anda akan sering mengalami kram otot dan detak jantung meningkat dengan cepat. Gejala ini akan sangat mengganggu Anda pada setiap aktivitas yang sedang Anda lakukan.

Anda bisa mengurangi rasa nyeri saat kram dengan pijatan lembut dan Anda juga perlu menghindari bekerja tanpa henti agar saat otot dan tubuh selalu merasa lelah bisa berkurang.

3. Tekanan Darah Berubah-ubah

Jika Anda merasa lelah dan kadang merasa sangat lemas serta pusing. Bisa Anda pastikan bahwa tekanan darah mulai menurun. Namun jika detak jantung berdebar kencang setiap kali Anda berdiri, maka tekanan darah Anda sedang naik. 

Perubahan tekanan darah ini akan terus sering terjadi jika Anda sudah mengalami kelelahan ekstrim. Sebaiknya Anda segera memeriksakan diri jika tekanan darah terus naik dan turun tidak beraturan.

4. Depresi dan Stress

Saat Anda terus mengalami masalah tanpa henti dan menjadi stress. Maka tubuh Anda pun juga ikut lemas dan metabolisme tubuh akan menurun. Apalagi jika Anda mudah marah kemudian tiba-tiba merasa sedih, hal yang Anda butuhkan adalah istirahat.

5. Mengalami Cyanosis

Alasan tubuh selalu merasa lelah setiap hari yang terakhir adalah Anda mengalami Cyanosis. Kondisi Cyanosis merupakan perubahan warna kulit wajah yang disebabkan oleh aliran darah yang terganggu. 

Biasanya warna kulit akan menjadi pucat, apalagi pada area bibir. Saat Anda mengalami kondisi Cyanosis sebaiknya Anda segera ke dokter untuk dapat penanganan yang baik secepatnya.

Untuk cara atau tips menghindari tubuh merasa lelah setiap hari adalah berolahraga dengan rutin. Jika Anda jarang melakukan olahraga, maka Anda akan merasakan lelah saat memulai olahraga kembali.

BACA JUGA:  Sudah Terbukti! Cara Mengatasi dan Sembuh Dari Insomnia

Jangan lupa untuk melakukan olahraga secara bertahap dan memberikan jeda istirahat agar Anda tidak lagi atau jarang mengalami tubuh merasa lelah setiap hari. Kemudian Anda juga perlu memberikan istirahat kurang lebih 15 menit saat melakukan aktivitas sehari-hari.