Tips dan Urutan Menggunakan Skincare yang Benar

Tips dan Urutan Menggunakan Skincare yang Benar

Menggunakan skincare mungkin merupakan sebuah hal yang sulit untuk beberapa orang, terlebih lagi bagi pemula. Melakukan rutinitas skincare dan urutan menggunakan skincare yang benar juga harus dilakukan secara rutin. Tidak perlu menggunakan skincare lengkap untuk mendapatkan wajah bersih dan glowing.

Jika Anda mengikuti tips dan urutan menggunakan skincare yang benar di bawah ini mungkin Anda akan langsung merasakan perubahan yang bagus pada wajah. Namun sebelum itu, pastikan skincare yang Anda gunakan cocok pada jenis kulit wajah Anda. 

Urutan Menggunakan Skincare

1. Micellar Water atau Pembersih Make Up

Hal penting dalam melakukan rutinitas skincare adalah membersihkan wajah dengan benar. Jika Anda selalu memakai make-up ataupun tidak, Anda tetap penting untuk melakukan step membersihkan wajah. Bisa menggunakan Micellar Water dengan berbagai merek atau pembersih wajah biasa.

2. Sabun Pencuci Wajah

Langkah selanjutnya adalah membersihkan wajah menggunakan facial foam atau pencuci wajah dengan kandungan yang aman. Langkah ini sebenarnya untuk memastikan wajah Anda benar-benar bersih dari make-up dan kotoran dari luar. Step double cleansing ini akan membuat wajah Anda menjadi segar dan ringan.

3. Eksfoliasi

Untuk melakukan langkah eksfoliasi, tidak perlu melakukannya setiap hari. Cukup seminggu dua atau tiga kali sesuai keadaan wajah. Langkah ini merupakan urutan skincare yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Jika melakukannya setiap hari maka kulit akan menjadi sangat kering.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Beraktivitas Paling Ampuh

4.Toner

Gunakan toner secukupnya dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun langkah ini juga bisa tidak perlu dilakukan secara rutin. Jika Anda memiliki masalah wajah berjerawat dan berminyak, langkah yang satu ini perlu dilakukan. Jangan menggunakan toner dengan berlebihan agar hasilnya maksimal. 

Kemudian Anda bisa menggunakan essence dan serum untuk membuat wajah lebih lembab dan segar. Jika kelembaban kulit berkurang, kulit wajah bisa saja mendapatkan berbagai kuman lain dan menyebabkan timbulnya jerawat dan bruntusan.

5. Sheet Mask

Urutan skincare yang benar selanjutnya merupakan menggunakan sheet mask. Anda bisa menggunakan pengganti sheet mask yaitu masker wajah biasa yang hanya boleh digunakan seminggu dua sampai tiga kali. Manfaatnya adalah wajah menjadi lebih halus dan bersih.

Gunakan sheet mask atau masker wajah dengan kandungan dan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah. Jika kulit wajah kering, sebaiknya gunakan sheet mask atau masker wajah dengan kandungan yang melembabkan kulit wajah.

6. Krim Mata

Menggunakan krim mata merupakan urutan skincare yang benar dan berguna untuk Anda yang memiliki masalah mata panda. Menggunakan krim mata juga bisa membuat kantung mata menjadi lebih kencang dan segar. Wajah Anda pun akan menjadi terlihat lebih muda karena mata sangat mempengaruhi efek penuaan.

7. Krim Pelembab

Urutan menggunakan skincare yang benar selanjutnya adalah menggunakan krim pelembab. Krim ini juga bisa menutrisi kulit wajah agar tidak terlihat kering dan lebih kenyal seperti kulit yang sehat. Menggunakan krim pelembab juga berguna untuk menyamarkan keriput atau garis halus pada wajah.

8. Sunscreen

Urutan menggunakan skincare yang benar yang terakhir dan paling penting adalah sunscreen. Jika Anda tidak menggunakan sunscreen, maka bisa dibilang percuma jika Anda menggunakan berbagai skincare sebelumnya. 

BACA JUGA:  Cara Melacak HP yang Hilang Melalui GPS 100 Persen Berhasil

Penggunaan sunscreen sangat berguna untuk melembabkan dan melindungi kulit dari sinar UV atau sinar dari matahari. Jadi jika Anda tidak menggunakan sunscreen pada urutan skincare Anda, perawatan wajah Anda akan terasa sia-sia saja.