Tidur Larut Malam Setiap Hari Dapat Membahayakan Kesehatan? Berikut Penjelasannya

Tidur Larut Malam Setiap Hari Dapat Membahayakan Kesehatan? Berikut Penjelasannya

Tidur larut malam hampir setiap hari bisa membuat kesehatan Anda menurun. Apalagi jika Anda juga mengalami stress, sedang sakit, atau bekerja keras setiap setiap hari.

Sebaiknya Anda bisa memperbaiki kualitas tidur yang sehat. Jika Anda terlalu sering begadang, Anda bisa mendapatkan sakit jangka panjang dan beberapa penyakit lainnya.

Akibat Sering Begadang Setiap Hari

Lama waktu untuk tidur yang baik adalah 7-9 jam per hari untuk orang dewasa. Sementara anak-anak harus tidur lebih banyak, yaitu 10-13 jam. Hal inilah yang membuat anak-anak memerlukan tidur siang.

Mengistirahatkan tubuh sangatlah penting dan tidak ada yang bisa menghasilkan energi lebih baik daripada tidur. Apalagi jika Anda memiliki pekerjaan yang membutuhkan banyak tenaga untuk beraktivitas atau untuk berfikir.

1. Berat Badan Naik

Banyak penelitian membuktikan bahwa begadang terlalu sering bisa membuat Anda mengalami kenaikan berat badan yang lebih cepat. Bahkan jika Anda mengkonsumsi banyak makanan sebelum tidur, Anda bisa saja mengalami obesitas.

Hal ini berdasarkan fakta bahwa tubuh, tepatnya pada bagian pencernaan. Biasanya pada malam hari pencernaan akan bekerja lebih keras saat Anda sedang istirahat. Jadi ketika Anda masih bangun dan terjaga, bagian pencernaan tidak akan bekerja dengan baik.

Namun tak jarang jika berat badan Anda malah mengalami penurunan yang signifikan. Hal ini akan terjadi jika Anda mengalami stress dan terus memiliki pikiran negatif setiap begadang.

BACA JUGA:  Daftar Sayur dan Buah yang Bagus Untuk Ibu Hamil

2. Penuaan Dini

Kurang tidur akan menyebabkan penuaan dini karena struktur kolagen dalam kulit menjadi rusak. Selain itu, kulit wajah akan menjadi kusam dan kering. Jadi bagi Anda yang memiliki masalah kulit kering dan kusam sebaiknya menghindari aktivitas begadang setiap hari.

Selain menjadi kering dan kusam, kulit bisa menjadi keriput dan mulai muncul flek hitam. Kemudian Anda juga bisa mendapatkan mata panda yang terlihat parah dan berwarna hitam. Selain kulit wajah yang kering dan keriput, nantinya juga akan terjadi pada bagian kulit lain.

3. Mudah Lupa

Dengan begadang, Anda juga bisa sering mengalami lupa dalam waktu singkat. Hal ini karena saat tidur, jaringan sel-sel saraf akan mengalami regenerasi. Fungsi otak pun akan lebih meningkat dan konsentrasi serta daya ingat menjadi lebih bagus.

Sementara jika Anda begadang setiap hari, sel saraf tidak akan mengalami regenerasi dengan baik dan normal. Hal inilah yang membuat Anda menjadi sering lupa dalam waktu singkat dan mengalami ngantuk walaupun sudah tidur lama.

4. Peningkatan Risiko Gangguan Mental

Saat ini sedang banyak remaja membahas tentang mental health. Namun sebagian besar remaja menganggap takdir atau kehidupanlah yang menyebabkan kesehatan mental terganggu. Padahal hal ini juga bisa disebabkan oleh seringnya begadang.

Dengan banyaknya remaja yang sering tidur larut, tidak heran jika mereka mengalami gangguan mental sejenis stress, cemas, depresi, yang berpikir negatif. Semua resiko itu bisa meningkat jika Anda juga memiliki pola hidup yang tidak sehat.

5. Memiliki Risiko Kanker 

Kanker merupakan penyakit yang berbahaya dan sulit sembuh dengan biaya yang mahal. Hanya dengan begadang setiap hari saja Anda bisa mengalami peningkatan resiko kanker lebih tinggi daripada pola hidup dan makanan yang tidak sehat.

BACA JUGA:  8 Makanan Untuk Meningkatkan Sistem Imun

6. Penurunan Sistem Imun

Memiliki sistem imun tubuh sangat penting bagi segala jenis usia. Dengan sistem imun yang kuat, Anda bisa menghindari segala macam penyakit yang berasal dari bakteri maupun virus. Jadi tidak salah jika Anda sering sakit karena sering tidur larut malam.