Tanpa Modal! Cara Menghilangkan Kutu Pada Kucing

Tanpa Modal! Cara Menghilangkan Kutu Pada Kucing

Cara menghilangkan kutu pada kucing bisa sangat mudah Anda lakukan tanpa modal sekalipun. Caranya juga simpel, tanpa harus memberikan obat berbahaya pada kucing kesayangan Anda.

Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa menghilangkan kutu pada kucing sangat penting bagi kesehatannya. Apalagi jika kucing sedang merasa tidak sehat atau memiliki daya tahan tubuh rendah.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Sebenarnya ada cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk membuat kutu pada kucing kesayangan hilang sepenuhnya. Caranya yaitu dengan membawa kucing ke dokter hewan.

Namun dengan membawa kucing ke dokter hewan biasanya memakan biaya yang lumayan mahal. Terlebih lagi tidak menjamin kucing Anda terus sehat tanpa ada kutu yang datang lagi.

Sebaiknya Anda gunakan shampo khusus hewan peliharaan yang aman dan terhindar dari berbagai jenis obat-obatan yang berbahaya bagi kucing. Tujuannya adalah agar kucing tetap aman dan telur kutu bisa mati.

1. Obat Kutu Kucing

Saat Anda sudah memandikan sudah menggunakan shampo khusus kucing yang aman. Anda bisa mulai memakaikan obat kutu kucing cair atau obat tetes. Gunakan sesuai dosis yang ada dalam aturan pemakaian, biasanya ditentukan berdasarkan berat dan umur hewan.

Pastikan Anda tidak memberikan obat kutu kucing secara berlebihan karena malah bisa membahayakan kucing. Selain itu, penggunaan obat kutu secara berlebihan dapat merusak bulu maupun kulit kucing.

BACA JUGA:  Cara Membuat Bulu Kucing Tidak Rontok

2. Minyak Telon

Jika Anda tidak memiliki obat tetes kutu kucing, lebih baik Anda menggunakan minyak telon. Minyak yang biasanya untuk bayi ini juga ampuh untuk menghilangkan kutu kucing dengan cepat.

Cara menggunakannya adalah oleskan minyak telon pada bagian kulit atau bulu kucing dengan rata. Pastikan Anda tidak berlebihan agar bulu kucing tidak lepek dan membuat kucing menjilatinya. Setelah itu Anda bisa tunggu sebentar sekitar 20 menit sebelum memandikan kucing.

3. Semprotkan Jus Lidah Buaya

Lidah buaya sangat aman dan baik untuk kulit maupun bulu kucing. Anda bisa menyemprotkan sari atau jus lidah buaya secara rutin sampai kutu pada kucing benar-benar hilang. Bahkan dengan cara ini bulu kucing juga bisa menjadi lebih halus.

Cara melakukan metode ini adalah dengan menghaluskan daging lidah buaya segar yang dicampurkan dengan sedikit air agar nantinya bisa disemprot. Saat Anda sudah selesai memblendernya, masukkan jus lidah buaya ke dalam botol semprot sambil menyaringnya.

4. Sisir Bulu Kucing Secara Rutin

Cara mudah dan paling efektif untuk menghilangkan kutu kucing adalah menyisir bulunya secara rutin. Gunakan sisir yang agak ketat agar telur dan kutu kucing bisa menyangkut dalam sisir.

Jika Anda rutin menyisir bulu kucing menggunakan sisir ketat. Anda bisa menghilangkan kutu kucing dalam waktu sekitar seminggu saja. Anda bisa mulai menyisir bulu kucing sebelum maupun sesudah memandikannya.

5. Bersihkan Area Tempat Tidur atau Kandang Kucing

Langkah yang paling awam dan utama untuk menghilangkan kutu kucing adalah membersihkan area yang sering kucing tiduri. Jika kucing Anda memiliki kandang, bersihkan area kandang secara rutin karena bisa saja ada telur kutu yang tertinggal di sana.

BACA JUGA:  Cara Membuat Masker Wajah Dari Buah Beserta Manfaatnya

Namun jika kucing Anda sering tidur pada area rumah seperti sofa, karpet, dan sejenisnya. Anda bisa membersihkan area tersebut menggunakan penyedot debu atau mencucinya.

Jika kucing terus tidur pada tempat yang sama saat masih memiliki kutu. Nantinya telur kutu yang mungkin tertinggal akan menempel pada bulu dan kucing Anda bisa kutuan lagi.