Tanaman Pengusir Nyamuk di Rumah yang Ampuh

Tanaman Pengusir Nyamuk di Rumah yang Ampuh

Nyamuk memanglah hewan yang sangat mengganggu namun berkembang biakannya sangatlah cepat. Sehingga tidak banyak orang yang berhasil mengusir nyamuk secara permanen. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menggunakan tanaman pengusir nyamuk yang paling ampuh.

Daftar Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh

Untuk bisa melakukan pengusiran nyamuk tanpa harus repot-repot menggunakan cara yang sulit apalagi menggunakan bahan-bahan kimia. Anda bisa menggunakan beberapa tanaman pengusir nyamuk ini.

Caranya juga simpel, Anda hanya perlu menaruhnya pada ruangan dengan jumlah nyamuk yang banyak. Anda bisa menggunakannya sebagai olesan pada tubuh atau hanya sebagai hiasan juga bisa.

1. Lavender

Penggunaan produk-produk pengusir nyamuk pasti tidak asing dengan tanaman yang satu ini. Bunga lavender sering menjadi bahan utama tanaman yang dapat mengusir nyamuk. Anda tidak perlu memprosesnya menjadi bahan kimia serupa.

Namun Anda hanya perlu menanamnya di sekitar rumah, seperti halaman, ruang tengah, ruang makan, kamar tidur bahkan kamar mandi juga banyak sarang nyamuk. Anda juga bisa menggantinya dengan lebih simpel yaitu menanamnya dalam pot mini. 

2. Bawang Putih

Tidak banyak orang yang tahu bahwa bawang putih bisa menjadi tanaman pengusir nyamuk yang ampuh. Bahkan Anda juga pasti menjadi salah satu dari pengguna bahan masakan wajib ini. Anda bisa menanam tanaman bawang putih pada pot kecil dan menaruhnya di meja-meja ruangan.

3. Serai

Serai atau sereh sangat bagus menjadi pelengkap bumbu masakan. Namun tanaman bumbu yang satu ini juga bisa berfungsi sebagai tanaman pengusir nyamuk yang ampuh. Cara menanamnya juga mudah, Anda hanya perlu menaruh satu batang serai pada vas atau wadah kemudian berikan sedikit air agar bagian bawah terendam.

BACA JUGA:  3 Cara Melewati Verifikasi WhatsApp Tanpa Nomor Pribadi

4. Marigold (Bunga Tahi Ayam)

Bunga yang sering orang sebut sebagai bunga berbau kotoran ayam ini juga bisa menjadi tanaman pengusir nyamuk yang paling bagus. Walaupun banyak orang mengira baunya busuk, padahal aslinya bunga ini berbau wangi walaupun sangat menyengat dan bau wangi yang kental.

Anda bisa menanam bunga ini pada halaman rumah kemudian memetik bunganya untuk sebagai hiasan rumah. Ada banyak warna yang bisa Anda temui dalam satu jenis tanaman bunga ini, jadi Anda bisa memilih warna kesukaan Anda sendiri.

5. Catnip

Tanaman hias ini sangat bagus sebagai tanaman pengusir nyamuk yang ampuh. Namun tanaman ini hanya berlaku bagi Anda yang tidak memiliki peliharaan kucing. Karena jika kucing tidak sengaja memakan atau menggigit tanaman ini, kucing Anda akan mengalami masalah pencernaan.

Namun bagi Anda yang tidak memiliki kucing bisa sekali menggunakan tanaman dengan bau sangat menyengat ini. Alhasil bau yang dengan menyebar akan dengan cepat pula mengusir nyamuk-nyamuk di rumah Anda.

6. Daun Kemangi

Tanaman daun kemangi juga memiliki aroma yang tidak nyamuk suka. Karena itulah dengan menanam tanaman pengusir nyamuk yang satu ini sangat ampuh. Apalagi Anda juga bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus, sebagai bahan pelengkap masakan dan sebagai pengusir nyamuk.

Tanaman ini sangat mudah dan cepat sekali tumbuh jika pada tanah secara langsung. Sementara jika Anda menanamnya dalam pot, Anda bisa mengatur besar atau pertumbuhannya dengan baik melalui pengguntingan daun dan batang setiap hari.

7. Lemon Balm

Tanaman yang satu ini bisa Anda gunakan dengan cara mengoleskan lemonnya pada sekitar kulit yang sering terkena gigitan nyamuk seperti kaki, tangan dan wajah. Tanaman pengusir nyamuk ini bisa Anda tanam atau memanfaatkan buahnya saja.

BACA JUGA:  Tips dan Urutan Menggunakan Skincare yang Benar