sikap menjadi pengusaha sukses

sikap yang harus dimiliki pengusaha sukses

Wirausaha adalah seorang yang memiliki usaha atau bisnis. Untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses dan berhasil dibutuhkan sikap dan sifat yang matang.

sikap seorang wirausaha sukses

Menjadi wirausaha adalah sebuah kesenangan sendiri bagi mereka yang menyukai tantangan dan juga resiko. Oleh karena itu agar seorang wirausahawan bisa bertahan dan bersaing dalam dunia usaha maka dia harus memiliki  sikap di bawah ini.

  1. Menghargai waktu

Pepatah lama mengatakan bahwa waktu adalah uang. ini benar dan harus diterapkan para wirausaha. Ini adalah sifat utama setiap orang kaya atau mereka yang ingin kaya. Wajib untuk selalu menghargai waktu, karena falsafah orang kaya adalah “Waktu itu sama dengan uang”. Bagi pengusaha kaya setiap detik sangat bernilai dan bisa dimanfaatkan untuk hal-hal brilian, yang berdampak positif bagi kehidupannya.

  1. Berjiwa kepemimpinan

Seorang wirausahawan adalah seorang leader yang harus bisa membimbing, membina, dan mengarahkan mitra kerjanya. Karena seorang wirausahawan akan memiliki karyawan dan jika perusahaan yang dia bina berkembang dengan pesat, maka dia juga akan memiliki jajaran direksinya sendiri.

Sebagai owner atau seorang pengusaha sejati maka dia juga harus menguasai tentang ilmu kepemimpinan, tentang bagaimana cara dia menyampaikan sebuah pendapat, memberikan pengarahan, dan juga memberikan contoh dan teladan kepada mitra kerjanya (karyawan).

  1. Belajar

Jangan pernah berhenti belajar, meskipun Anda merasa telah mengetahui banyak hal. Sebab sesungguhnya semakin banyak Anda tahu, maka semakin banyak pula yang tidak anda ketahui. Maka teruslah belajar dan belajar, karena di setiap waktu dan tempat selalu ada hal-hal menarik dan penting untuk Anda ilmui, dan itu akan menunjang kehidupan Anda untuk menjadi lebih baik.

  1. Berani

Dalam konteks ini berani memiliki arti yang luas. Berani dalam mengambil keputusan dan berani menghadapi segala resiko juga termasuk sikap yang harus dimiliki seorang pengusaha.

BACA JUGA:  Cara Membuka Usaha Petshop, Peluang Usaha Untuk Pecinta Hewan Peliharaan!

Pengusaha adalah orang yang suka dengan tantangan dan resiko . Bisa saja hari ini kita naik mobil mewah namun besok naik becak karena perusahaan yang kita dirikan bangkrut.

Namun sesuatu yang memiliki resiko besar juga memiliki potensi peluang kesuksesan yang besar, sehingga orang-orang sukses itu adalah orang-orang yang berani mengambil resiko besar, sehingga ia bisa mendapatkan kesuksesan yang besar pula.

Berani berbeda dari yang lain juga harus menjadi sikap yang harus dimiliki pengusaha. Berbeda di sini bisa mulai dari produk, kemasan dan sistem pemasaran. Karena seorang wirausaha harus bisa memikirkan inovasi baru, sesuatu yang baru yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat.

Karena zaman selalu berubah dan kebutuhan selalu berubah dan selalu berbeda. Maka kita harus menyesuaikan produk yang kita produksi dengan kebutuhan pasar. kita harus memiliki nilai lebih dan nilai beda. Sehingga mampu menjawab pertanyaan dari konsumen “mengapa mereka harus membeli produk kita.”

Selain keduanya jiwa untuk berani dalam bersaing juga harus ditanamkan. Ketika kita memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis, berarti kita harus siap menghadapi para pesaing, karena bisnis penuh dengan persaingan. Baik itu persaingan yang sehat maupun tidak sehat. Kita harus selalu mempersiapkan perusahaan kita untuk menghadapi semua resiko yang akan datang. Namun jika kita ingin mengembangkan bisnis dengan sekala raksasa, maka kita harus mampu bersaing secara sehat dan cermat.

  1. Kreatif

Faktor yang tak kalah pentingnya adalah kreatifitas serta inovasi. Wajar bila antar pengusaha membuat produk yang sejenis. Namun, Anda bisa membuatnya lebih unggul dengan kreativitas yang dimiliki.

Inovasi pun dibutuhkan ketika Anda akan melakukan ekspansi usaha dengan lebih luas. Dengan begitu Anda akan membuat pelanggan tetap setia memilih produk Anda karena kualitas produk menjadi lebih baik.

BACA JUGA:  Bisnis Mudah Untuk Anak Muda, Peluang Usaha Seblak

Kesimpulan

Itulah beberapa sikap dan sifat yang harus dimiliki dan ditanamkan untuk menjadi pengusaha yang sukses. Salam bisnis.