Sering Terjadi! Penyebab Baterai Laptop Menjadi Panas

Sering Terjadi! Penyebab Baterai Laptop Menjadi Panas

Ada beberapa hal sepele yang bisa menjadi penyebab baterai laptop menjadi panas bahkan sangat sering. Baterai laptop yang selalu panas bisa menyebabkan laptop menjadi tidak awet dan hanya berumur pendek. Jika perawatan laptop benar, maka laptop akan awet dan tidak cepat panas.

Walaupun laptop memiliki kipas pendingin, tetap saja laptop bisa mengalami overheat kapan saja jika terlalu sering panas. Anda harus benar-benar memperhatikan perawatan dan pemakaian yang benar agar laptop tidak cepat rusak. 

Daftar Penyebab Baterai Laptop Menjadi Panas

Ada beberapa alasan atau penyebab baterai laptop menjadi panas terlalu sering dan dalam waktu lama setiap menggunakannya ataupun tidak. Sebaiknya Anda memeriksa terlebih dahulu beberapa daftar penyebab berikut ini agar bisa mengantisipasinya.

1. Waktu Pemakaian Terlalu Lama

Jika Anda menggunakan laptop dalam waktu atau durasi yang cukup lama maka bukan tidak mungkin laptop Anda menjadi panas. Sebaiknya Anda memberikan jeda untuk setiap pemakaian setiap 2-3 jam sekali sambil mengecas laptop.

Jika Anda memberikan jeda pada setiap pemakaian laptop, maka Anda tidak akan melakukan salah satu penyebab baterai laptop menjadi panas. Suhu dalam laptop juga akan lebih terkendali, sebaiknya Anda juga melakukan pemakaian pada tempat terbuka jika dalam waktu yang lama.

2. Penyimpanan Laptop Salah

Sebenarnya ada beberapa tempat penyimpanan laptop yang sebaiknya Anda hindari agar tidak salah. Anda juga harus menggunakan tempat penyimpanan yang tepat agar laptop tidak cepat rusak dan mudah panas saat atau sebelum digunakan. 

BACA JUGA:  Download Custom Rom Redmi Note 10 Pro (Sweet) Terbaik

Sebaiknya hindari meletakkan laptop pada tempat yang menghambat sirkulasi udara seperti di atas kasur, kain, bantal, dan sejenisnya. Letakkan laptop pada benda yang bisa memberikan sirkulasi udara lebih baik seperti di atas meja, lemari dan tempat lain yang aman namun tetap ada sirkulasi udara.

3. Kipas Laptop Tidak Berfungsi Baik

Penyebab baterai laptop menjadi panas berikutnya adalah kipas dalam laptop tidak berfungsi dengan semestinya. Jadi Anda juga harus perlu mengecek kinerja dalam dan luar laptop. Anda juga bisa langsung cek pada tempat yang ahli, jika ada kesalahan Anda hanya perlu service.

Jika Anda tidak ingin mengeluarkan uang untuk service laptop, maka Anda juga harus dengan rutin cek bagian dalam laptop dan membersihkannya. Jadi bukan hanya bagian luar laptop yang harus diperhatikan kebersihannya. Bagian dalam laptop malah yang paling penting untuk selalu dicek.

4. Thermal Paste Tidak Berfungsi

Laptop memiliki fitur thermal paste yang memiliki fungsi sebagai alat yang mengurangi hawa panas dalam prosesor laptop. Jadi jika Anda menggunakan laptop dalam waktu 3-4 tahun, kerusakan atau fitur yang tidak berfungsi ini bisa saja terjadi.

Solusinya adalah dengan mengganti fitur thermal paste agar penyebab baterai laptop menjadi panas akan bisa diperbaiki. Jadi Anda perlu cek bagian fitur ini dahulu dalam laptop sebelum melakukan service pada bagian laptop yang lainnya.

5. Ventilasi Udara Tersumbat

Selanjutnya Anda harus cek bagian ventilasi udara dalam laptop. Sirkulasi udara dalam laptop sangat penting dan harus selalu Anda bersihkan setiap hari. Dengan begitu Anda akan lebih cepat mendapatkan udara yang masuk dan menghilangkan hawa panas laptop.

Bersihkan debu dalam sirkulasi udara laptop dengan rutin, pastikan bagian ventilasi udara tidak tertutup apapun saat menggunakan atau menyimpannya. Dengan begitu Anda tidak akan mendapatkan penyebab baterai laptop menjadi panas yang paling sering dilakukan kebanyakan orang ini.

BACA JUGA:  Bagaimana Cara Mengatasi Baterai Laptop Panas Dengan Mudah