Sangat Mudah! Cara Mencegah Penyakit Maag Kambuh Saat Puasa

Sangat Mudah! Cara Mencegah Penyakit Maag Kambuh Saat Puasa

Ada banyak sekali masyarakat Indonesia, khususnya muslim yang memiliki penyakit maag. Ada banyak alasan juga kenapa penyakit maag bisa diderita sebagian banyak orang, terutama remaja. Halangan terbesar penderita penyakit maag saat puasa adalah maag kambuh. 

Jadi untuk mencegah penyakit maag kambuh saat puasa. Ada baiknya Anda mengetahui cara-cara mudahnya berikut ini. Namun Anda juga tidak perlu memaksakan untuk melanjutkan berpuasa jika saja penyakit maag yang diderita cukup parah.

Cara Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

Mencegah maag kambuh saat puasa sebenarnya mudah dilakukan. Anda juga memiliki kemungkinan menyembuhkan penyakit maag yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Anda juga harus bisa memiliki pola makan yang baru saat menjalani ibadah puasa.

1. Sahur Setiap Hari

Usahakan untuk terus mengisi perut sebelum berpuasa, caranya dengan sahur setiap hari. Jika Anda memulai pola makan yang teratur dengan sahur. Maka akan kecil kemungkinan maag kambuh di saat-saat yang tidak diduga.

Jika Anda lupa atau tidak sempat mengisi perut saat waktu sahur. Hal itu tidak akan menjadi masalah jika hanya terjadi sekali dua kali. Namun jika hal tersebut terus berulang, terlebih lagi dengan aktivitas yang Anda jalani sepanjang hari. Anda akan berkemungkinan besar mengalami maag kambuh.

2. Berbuka Tepat Waktu

Jika Anda memiliki berbagai alasan untuk bisa telat berbuka puasa. Sebaiknya Anda mulai menghindarinya sekarang. Dengan cara membawa botol minuman dan makanan sekecil apapun sebelum bepergian menjelang berbuka puasa. Anda bisa membawa botol air mineral ukuran kecil dan sebungkus roti saja.

BACA JUGA:  Tubuh Selalu Merasa Lelah? Kenali Alasan Mager Setiap Hari!

Jika sudah waktu berbuka puasa dan Anda tidak bisa berbuka tepat waktu. Anda bisa mengisi perut dengan roti dan air mineral tersebut. Berbuka tepat waktu merupakan cara mencegah maag kambuh yang sangat penting. Sebaiknya jangan menunda waktu berbuka puasa Anda yang sudah teratur.

3. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Anda bisa mencegah maag kambuh saat berpuasa dengan cara mengkonsumsi makanan kaya serat saat sahur. Kandungan serat yang Anda konsumsi saat sahur dapat membantu mencegah maag kambuh. Pada kandungan serat pun banyak karbohidrat kompleks yang terdapat di dalamnya.

Anda bisa mencoba mengkonsumsi kacang-kacangan, sayur hijau, nasi, buah, gandum dan makanan dengan kandungan serat tinggi. Makanan dengan kandungan serat dan karbohidrat kompleks yang tinggi akan membuat tubuh membutuhkan waktu yang lama untuk menyerapnya. Alhasil Anda akan mendapatkan banyak tenaga simpanan sepanjang hari.

4. Menghindari Makanan dan Minuman Pemicu Maag

Untuk mencegah terjadinya maag kambuh saat berpuasa adalah menghindari mengkonsumsi makanan dan minuman pemicu maag. Anda perlu menghindari makanan berlemak, mie atau pasta, makanan dengan kandungan gula tinggi, makanan pedas, saus dan makanan lain. 

Makanan-makanan tersebut bisa memicu asam lambung naik dalam waktu singkat. Anda juga perlu menghindari minuman dengan kandungan kafein tinggi, misalnya kopi. Lebih baik Anda hanya mengkonsumsi air mineral minimal satu liter saat sahur.

5. Minum Obat Pencegah Maag 

Selain mengkonsumsi makanan dan minuman kaya serat dan sehat. Anda jug perlu mengkonsumsi obat pencegah maag jika saja penyakit maag yang Anda derita sudah parah. Namun cara mencegah penyakit maag kambuh ini tidak terlalu direkomendasikan dan Anda tidak perlu mengkonsumsi obatnya secara berlebihan.

BACA JUGA:  Makanan Pembentuk Otot, Cara Membentuk Otot Dengan Mudah!

Penyakit maag kambuh saat puasa biasanya terjadi pada siang hari, yaitu pukul 10-12 siang. Anda bisa mengkonsumsi banyak sayur dan air mineral sebelum imsak untuk mencegah penyakit maag kambuh saat berpuasa.