Rekomendasi Menu Sehat Berbuka Puasa, Mudah Dibuat!

Rekomendasi Menu Sehat Berbuka Puasa, Mudah Dibuat!

Berbuka puasa bisa menggunakan berbagai jenis makanan namun dalam porsi yang secukupnya. Anda bisa memakan dan meminum apapun yang Anda inginkan setelah berpuasa seharian. Namun Anda bisa mencoba rekomendasi menu sehat berbuka puasa berikut ini.

Sebelum Anda memutuskan menu sehat untuk berbuka puasa, sebaiknya Anda memperhatikan keadaan tubuh terlebih dahulu. Misalnya jika Anda sakit maag atau menderita suatu penyakit yang membuat Anda harus membatasi menu makanan.

Rekomendasi Menu Sehat Untuk Berbuka Puasa

Membuat menu sehat berbuka puasa yang spesial bisa dibuat di mana saja. Anda bisa memulai mengkonsumsi makanan manis terlebih dahulu. Anda juga tidak bisa makan terburu-buru atau langsung makan banyak. Anda perlu menjeda perut setelah makan buah atau minum agar tidak sakit.

1. Smoothies Buah

Mengkonsumsi buah-buahan untuk berbuka puasa memang sangat sehat dan baik untuk perut setelah kosong seharian. Namun Anda bisa mencoba untuk membuat kreasi menu makanan menggunakan buah-buahan, salah satunya adalah smoothies. Cara membuat smoothies sangat mudah dan buah yang digunakan pun bebas. 

Siapkan yogurt, buah beku, dan topping atau buah segar. Buah beku yang digunakan juga bebas, misalnya pisang, buah naga, mangga, alpukat. Kemudian Anda bisa memblender buah tersebut bersama yogurt. Kemudian taruh di mangkuk dan beri topping seperti madu, buah segar, oatmeal, atau lainnya.

2. Kolak Pisang

Menu sehat untuk berbuka yang satu ini memang sudah tidak asing lagi. Anda bisa mengkonsumsi dan menemukan kolak pisang di jual di mana saja saat bulan Ramadhan. Namun Anda juga bisa membuat kolak pisang sehat sendiri tanpa santan.

BACA JUGA:  Cara Melacak HP yang Hilang Melalui GPS 100 Persen Berhasil

Kandungan santan pada kolak pisang yang dijual di jalanan memang kebanyakan tidak sehat. Terlebih lagi jika Anda menderita batuk setelah mengkonsumsi kolak pisang dengan santan. Anda bisa menggantinya dengan susu atau tanpa santan.

3. Puding Buah

Mengkonsumsi puding buah memang sangat baik dan sehat. Menu sehat berbuka puasa ini biasanya digunakan sebagai pengganjal perut atau camilan saja. Anda bisa memilih antara puding buah atau salad buah. Buah yang digunakan juga bebas atau yang ada di sekitar Anda saja.

Buat puding buah dengan cara mencampurkan potongan buah pada puding yang sudah matang namun masih belum keras. Kemudian tunggu hingga dingin, berikan vla sebagai pelengkap atau bisa diganti dengan susu kental manis secukupnya.

4. Es Buah Campur

Menu sehat berbuka puasa yang satu ini sangat familiar dan hampir selalu menjadi menu wajib saat bulan Ramadhan. Es buah campur biasanya dibuat dari potongan buah, agar-agar, serutan kelapa muda yang dicampur dengan sirup atau susu dan es batu.

Anda bisa menggunakan variasi lain dan buah yang beragam. Kemudian Anda juga bisa menambahkan madu atau air dari buah asli, misalnya semangka. Buah-buahan ini sangat sehat dan juga kaya akan zat gizi yang baik untuk tubuh.

5. Oatmeal Buah

Mengkonsumsi makanan kaya serat dan karbohidrat adalah menu sehat berbuka puasa yang sangat mengenyangkan. Oatmeal juga bisa dikonsumsi dengan berbagai jenis menu yang beragam. Dengan mengkonsumsi oatmeal, pencernaan bisa menjadi lancar dan perut kenyang lebih lama.

Anda bisa membuat menu sehat berbuka puasa oatmeal dengan mencampurnya dengan madu, susu, atau yogurt. Anda juga bisa mencampurnya dengan buah-buahan atau kismis untuk menambahkan variasi rasa pada oatmeal. Menu oatmeal yang satu ini juga bisa menjadi menu rekomendasi yang bagus saat sahur.

BACA JUGA:  Cara Membuat Bulu Kucing Tidak Rontok