faktor kegagalan dalam usaha

Perlu dihindari, inilah faktor kegagalan dalam usaha

Kegagalan dalam membangunn sebuah usaha merupakan resiko yang harus diterima. Namun ada beberapa faktor yang perlu diperhhatikan sehingga dapat meminimalisir tingkat kegagalan dalam usaha.

Faktor kegagalan dalam usaha

Dengan mengetahui faktor penyebab kegagalan, bisnis dapat tetap beroperasi dan gagal dalam usaha dapat dicegah. Berikut beberapa faktor kegagalan dalam usaha.

  1. Kurangnya modal

Modal merupakan elemen penting dalam membangun sebuah usaha. Modal juga bisa menjadi penentu berkembangnya suatu usaha. Minimnya modal bisa berpengaruh dengan perkembangan inovasi sebuah usaha. Dengan jumlah modal yang cukup dan kemampuan mengolah yang baik tentunya akan semakin mempermudah bisnis untuk berekspansi.

Namun, berdasarkan hasil riset Price waterHouse Coopers (PwC) pada 2019, 74% atau sekitar 47 juta UMKM di Indonesia belum mendapatkan akses pembiayaan. Padahal UMKM merupakan penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar di Indonesia.

Nah, untuk mencegah kegagalan bisnis akibat kelangkaan modal kamu dapat membuat dan melakukan perencanaan keuangan untuk bisnismu. Hal ini dilakukan agar segala sumber daya yang telah dikerahkan terukur dan memiliki dampak positif bagi perusahaan. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan platform investasi berbasis securities crowdfunding untuk memenuhi kebutuhan modal dalam rangka ekspansi bisnis.

  1. Pemasaran yang kurang tepat

Setiap usaha pasti memiliki target pasarnya masing-masing. Dengan survei yang akuran dan promosi yang tepat, maka akan menyasar pada target yang tepat. Setelah menentukan target pasar, bentuk promosi juga harus dilakukan untuk menunjang perkembangan usaha. Promosi yang dilakukan perlu dievaluasi. Jika  dirasa tidak efektif, maka perlu jalan lain untuk promosi. Bentuk promosi yang kurang tepat dan tidak adanya target pasar mengakibatkan kegagalan dalam usaha.

BACA JUGA:  Cara Berjualan Frozen Food Mudah Untung dan Modal Kecil

Mengikuti perkembangan jaman, promosi melalui platform sangat disarankan. Perlu diperhatikan, ketika melakukan promosi usaha di sebuah platform harus mengikuti ketentuan yang ada.

  1. Pengawasan

Pengawasan pada usaha yang dijalankan sangat perlu. Untuk bisnis kecil-kecilan, masalah yang sering terjadi adalah saat perekrutan karyawan baru. Karyawan baru perlu diawasi, karena bukan sedikit karyawan yang tidak jujur terhadap keuangan.

Kemudian pengawasan terhadap aset perusahaan juga perlu diperhatikan. Mengingat aset adalah poin penting dalam membangun suatu usaha. Perawatan terhadap aset perlu dilakukan. Misalnya saja, jika perawatan pada laptop. Ketika laptop meledak dan data klien ada didalamnya, ini akan sangat menghambat jalannya usaha.

  1. Menejemen keuangan

Manajemen keuangan yang baik tidak bisa hanya menngandalkan ingatan saja. Mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran jadi rutinitas penting supaya Anda tahu apakah usaha ini menghasilkan keuntungan atau kerugian.

Pisahkan uang pribadi dan uang hasil penjualan, ini kunci utama mengelola keuangan bisnis kecil. Lalu, perbaiki manajemen keuangan satu per satu untuk memperkecil kegagalan usaha.

  1. Tidak ada inovasi

Tidak membuat inovasi baru membuat besarnya kemungkinan dalam kegagalan berusaha. Berinovasi bisa dilakukan dengan mengikuti tren yang ada dan termasuk juga mengikuti perkembanngan jaman.

Seorang wirausaha harus menyadari bahwa tren pasar sangat mudah berganti. Jika tidak beradaptasi dengan tren melalui inovasi, wirausaha akan menghadapi risiko kehilangan pasar.

Tonggak dari keberlangsungan bisnis kita terletak pada kemampuan inovasi yang mumpuni. Inovasi untuk melahirkan produk baru yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sudah banyak contoh kekalahan para perusahaan besar dunia dalam membaca perubahan yang berakhir dengan kebangkrutan.

Contohlah Nokia, yang harus menerima kenyataan diakuisisi Microsoft. Solusinya yaitu ‘Research is The Key’. Jangan jauhkan perusahaanmu dari pasar, semakin kita mengenal pasar, semakin kita mengerti apa kebutuhan pasar.

BACA JUGA:  Memulai bisnis ekspedisi, anti gagal !

Inovasi produk dan layanan harus dipandang sebagai cara mengembangkan usaha Anda, bukan sebagai sesuatu yang menghabiskan modal.

Kesimpulan

Jangan takut untuk menghadapi kegagalan dalam berusaha. Dengan mengetahui  faktornya wirausaha dapat mencegah kegagalan. Kedisiplinan dalam menjalankan usaha juga bisa menjadi poin penting agar usaha tidak mengalami kegagalan.