Perbedaan Kucing Domestik Dengan Kucing Ras

Perbedaan Kucing Domestik Dengan Kucing Ras

Kucing ras dan kucing domestik memiliki perbedaan yang sangat besar. Anda bisa langsung melihatnya dengan kasat mata atau pada tingkah lakunya. Perbedaan kucing domestik dengan kucing ras yang paling mencolok adalah pada bulunya.

Daftar Perbedaan Kucing Domestik dan Ras

Anda bisa perhatikan, perbedaan kucing domestik dengan kucing ras juga terletak pada bagian wajahnya. Bentuk wajah kedau kucing ini berbeda dan berikut beberapa perbedaan lainnya antara kedua kucing peliharaan ini.

1. Gaya Hidup

Seperti yang Anda tahu, gaya hidup dan kebiasaan dari kedua kucing ini jauh berbeda. Jika kucing ras hidup dalam rumah dan sering di kandang, sementara kucing domestik memiliki gaya hidup yang bebas. Contoh kebebasannya adalah suka bermain sampai ke tempat-tempat yang jauh dari rumah. 

Kemudian kucing domestik juga suka berkelahi, mencari pasangan sendiri, memakan makanan yang ada di jalanan sampai berburu. Ada banyak hal yang kucing kampung ini lakukan setiap hari yang tentunya berbeda dengan kucing ras rumahan. 

2. Insting

Melalui insting, kucing domestik bisa berburu tikus, burung, ular atau bahkan hewan-hewan kecil. Bahkan kucing domestik juga tidak jarang akan membawa hasil buruannya pulang ke rumah sebagai hadiah untuk Anda sementara kucing ras tidak

Hal ini juga menjadi salah satu perbedaan kucing domestik dengan kucing ras yang sangat menonjol. Alasannya Anda hanya akan melihat kucing ras sering tidur daripada berburu atau semacamnya. Namun jika kucing ras campuran dengan domestik masih bisa.

BACA JUGA:  4 Fenomena Gerhana yang Terjadi Sepanjang Tahun 2022

3. Makanan

Dalam segi konsumsi, kucing ras harus mendapatkan makanan yang berkualitas. Harga untuk memberi makan kucing ras juga tidak sembarangan karena setiap bulannya Anda harus sering mengeluarkan uang untuk makanan kering dan basah. 

Sementara itu, kucing domestik selalu makan apa saja yang Anda berikan. Mulai dari nasi, ikan dan camilan, sebaiknya jangan berikan makanan mentah dan nasi terlalu banyak. Hal ini juga menjadi perbedaan kucing domestik dengan kucing ras yang juga menjadi alasan kuat banyak orang memilih kucing domestik untuk menjadi peliharaan.

4. Sifat dan Perilaku

Melalui sifat dan perilakunya yang berbeda Anda bisa langsung tahu kucing Anda memiliki keturunan ras atau domestik. Masalah kedua tingkah hewan berkaki 4 ini berbeda dengan jelas. Kucing ras biasanya banyak tidur dan manja namun menurut ketika Anda memberikan makan dan memandikan.

Sementara kucing domestik cenderung tidak suka diatur. Kadang bisa sangat manja namun juga bisa sangat nakal dan tidak bersahabat. Walaupun begitu kucing kampung cenderung menarik karena bisa melindungi diri sendiri maupun pemiliknya jika ada bahaya dari hewan lain contohnya ular.

5. Tempat Tinggal

Perbedaan kucing domestik dengan kucing ras juga ada pada tempat tinggalnya. Jika kucing ras sering tinggal dalam kandang yang bersih atau kasur kucing khusus. Sementara kucing ras bisa tidur di mana pun dia berada, bahkan kucing bisa tidur pada atap atau kasur Anda.

6. Warna Mata dan Bulu

Perbedaan kucing domestik dengan kucing ras yang paling mencolok ada pada tampilannya. Jika kucing ras sangat cantik dengan bulu panjang dan mata warna biru atau abu-abu. Sementara kucing domestik biasanya memiliki warna mata yang beragam, seperti hijau atau kuning.

BACA JUGA:  Boneka Arwah Ivan Gunawan yang Menjadi Sorotan Publik

Maka Anda bisa melihat bahwa kucing domestik jauh lebih berwarna-warni dan motifnya tidak bisa ditebak. Sementara bulu pada kucing domestik juga lebih pendek namun tidak mudah rontok. Karena pada bulu kucing ras lebih mudah rontok dan tidak cocok untuk Anda yang alergi.