Perawatan Kandang Kucing Ras Agar Tetap Sehat

Perawatan Kandang Kucing Ras Agar Tetap Sehat 

Ada banyak sekali hal yang perlu Anda lakukan untuk melakukan langkah perawatan Kandang kucing ras agar bisa tetap sehat dan terhindar dari virus maupun penyakit. Jadi Anda juga tidak bisa sembarangan melakukan perawatan yang asal-asalan.

Tutorial Perawatan Kandang Kucing Ras

Jika perawatan kandang tidak Anda perhatikan dengan baik maka Anda hanya akan melihat kucing terserang banyak virus. Apalagi jika kucing Anda ada banyak dan salah satunya mengalami sakit.

Namun Anda masih tetap gabung dengan kucing sehat di kandang yang sama, Anda harus memisahkannya. Khususnya bagi kucing ras yang sedang hamil, perawatan kandang kucing ras harus selalu dilakukan agar steril. 

Dengan begitu calon ibu kucing dan anaknya akan tetap sehat dan tidak terserang virus sejak dalam kandungan. Menjaga janin kucing sejak dini juga menjadi sebuah prioritas penting karena kucing ras sangat sensitif terhadap virus.

1. Cuci Kandang Seminggu Sekali

Pastikan Anda melakukan perawatan kandang yang wajib satu ini. Anda bisa mencuci kemudian biarkan sampai kering atau lap dengan tisu dan kain bersih. Tujuannya agar kandang tidak kembali terkontaminasi virus jika dijemur pada terik matahari luar ruangan.

2. Perhatikan Sirkulasi Udara

Salah satu cara posisi menaruh kandang yang tepat adalah dengan menaruhnya pada tempat dengan sirkulasi udara yang lancar. Jadi jangan Anda taruh pada tempat yang lembab, gelap dan tidak memiliki cukup udara segar. Perawatan kandang kucing ras yang ini tidak dilakukan orang pemilik.

BACA JUGA:  Aesthetic dan Menenangkan! Inspirasi Dekorasi Teras Rumah Minimalis

3. Memberikan Cairan Desinfektan Pada Kandang

Agar kebersihannya terjamin, Anda bisa melakukan pembersihan kandang Menggunakan cairan desinfektan yang aman untuk kucing. Semprot dan sikat kandang dengan cairan ini sampai bersih. Hal ini bisa Anda lakukan setidaknya satu atau dua Minggu sekali setelah mencuci kandang.

Perawatan kandang kucing ras satu ini juga bisa Anda gunakan saat kucing sedang sakit atau sudah mulai sembuh. Jadi kucing tidak akan terus terinfeksi virus karena kandang selalu rutin bersih. Kemudian virus yang menyerang pun akan langsung hilang dan pengobatan kucing tidak sia-sia.

4. Bersihkan Litter Box Dalam Kandang

Jika Anda menaruh kotak pasir atau litter box dalam kandang. Anda harus segera membersihkannya setiap hari. Tujuannya agar kandang tidak bau dan pasir selalu dalam keadaan yang nyaman untuk kucing gunakan. Hal ini akan membuat kucing tidak malas buang air pada tempatnya.

Saat kucing melihat kotak pasir penuh dengan kotoran maka kucing juga akan malas buang kotoran. Kemudian memilih untuk menahannya atau melakukannya di sembarang tempat. Jika seperti ini terus, kucing akan menjadi terbiasa buang kotoran sembarangan.

5. Berikan Pencahayaan

Anda bisa memilih untuk menempatkan kandang kucing pada tempat yang terang namun tidak silau. Jadi ibu kucing bisa melihat anaknya dengan baik dan tidak akan menempatkan diri dengan baik. Perawatan kandang kucing ras yang satu ini memang tidak terlalu mempengaruhi kucing.

6. Berikan Kandang Ukuran Pas

Jika Anda menggunakan kandang yang terlalu kecil biasanya kucing akan lebih mudah stress. Namun jika kebesaran kucing pun bisa merasakan kesepian dan bosan. Anda perlu menggunakan kandang dengan ukuran yang pas dan untuk beberapa kucing.

BACA JUGA:  Rekomendasi Menu Sehat Berbuka Puasa, Mudah Dibuat!

Perawatan kandang kucing ras ini bertujuan agar kucing merasa nyaman. Jadi Anda bisa langsung menggunakan kandang berukuran sedang untuk anak-anak kucing sekaligus. Bisa juga dengan menggunakan kandang ukuran besar untuk 2 pasang kucing dewasa.