Instagram/sagra.bali

Peluang Usaha Bensin Eceran: Modal, Keuntungan dan Tipsnya

Peluang Usaha Bensin Eceran: Modal, Keuntungan, dan Tipsnya

Instagram/pusat_pom_mini

Sumber: instagram/pusat_pom_mini

 

Anda pasti seringkali melihat pedagang bensin eceran di pinggir jalan. Ada yang di dalam botol, ada juga yang dijual seperti Pom Mini. Anda juga bisa memulai peluang usaha bensin eceran sebagai bisnis kecil-kecilan yang menguntungkan. Terlebih lagi jika Anda menjual bensin eceran di tempat-tempat yang jauh dari SPBU.

Modal Usaha Jual Bensin Eceran dan Pertamini

Sebelum memulai bisnis atau peluang usaha bensin eceran, Anda perlu menyiapkan modal yang cukup. Namun Anda juga perlu memilih ingin memiliki usaha bensin eceran konvensional atau Pom Mini atau Pertamini.

1. Bensin Eceran

Untuk bensin eceran, Anda hanya perlu menyiapkan botol bensin 5-10 buah atau lebih. Kemudian corong bensin, jerigen bensin, juga tempat untuk menyimpan bensin atau tepat untuk berjualan bensin. Biasanya tempat ini berbentuk seperti rumah kayu kecil untuk menaruh botol bensin dan ditutupi atau dibatasi oleh kawat besi.

Instagram/sagra.bali

Sumber: instagram/sagra.bali

 

Perkiraan biaya untuk modal bisnis bensin eceran adalah sekitar Rp 500.000 saja. Anda bisa menambahkan jumlah bensin dan botol bensin sesuai modal yang Anda miliki. Jumlah modal yang kurang dari 1 juta ini tentu akan sangat menguntungkan.

2. Pertamini

Memulai usaha Pertamini memang sangat menguntungkan. Namun jumlah modal yang dikeluarkan lebih besar daripada usaha bisnis bensin eceran. Jika Anda ingin membeli mesin seperti di SPBU dengan ukuran tangki 210 L. Maka modal yang Anda perlukan adalah 7 juta. 

BACA JUGA:  Mata uang untuk investasi valas

Kemudian untuk biaya operasional harian Pertamini adalah sekitar 1,6 juta untuk mengisi tangki sampai full. Namun Anda hanya akan menghabiskan sekitar 50 L per hari untuk 50 motor yang mengisi bensin sebanyak 1 L. Sementara itu untuk biaya listrik selama 1 bulan adalah Rp 100.000 saja.

Keuntungan Jual Bensin Eceran dan Pertamini

Setelah menyiapkan modal, sekarang Anda bisa menghitung perkiraan keuntungan yang akan Anda dapatkan melalui peluang usaha bensin eceran. Keuntungan yang didapatkan sangat banyak, apalagi jika kebutuhan bensin di sekitar Anda sangat banyak. Maka keuntungan yang didapatkan tidak bisa diragukan lagi. 

1. Keuntungan Bisnis Bensin Eceran

Untuk keuntungan bisnis eceran biasanya hanya sekitar Rp 1000 sampai Rp 2000 per botol bensin. Maka jika Anda menjual 50 botol bensin, Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga ratusan ribu.

2. Keuntungan Bisnis Pertamini

Keuntungan bisnis Pertamini lebih besar daripada eceran. Tentu saja modal besar yang dikeluarkan akan sebanding dengan pendapatan per bulannya. Walaupun pendapatan tersebut berbeda-beda tergantung seberapa banyak bensin yang Anda jual setiap harinya. Namun Pertamini bisa memberikan keuntungan hingga 9 juta per bulan dan 300 ribu per hari.

Tips Bisnis Bensin Eceran dan Pertamini

Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, Anda perlu memiliki dan menjalankan tips-tips penting dalam berbisnis bensin eceran dan pertamini. Pertama Anda perlu memilih lokasi yang strategis dan memiliki konsumen yang banyak. Misalnya di pedesaan atau pinggir jalan yang jauh dari SPBU.

Anda juga harus bisa memilih supplier bensin yang tepat. Jika Anda tinggal di pedesaan, modal yang dikeluarkan kemungkinan lebih sedikit daripada kota besar. Anda juga memulai bisnis bensin eceran dan pertamini ini di depan rumah agar tempatnya bisa diawasi kapan saja. 

BACA JUGA:  Tips dan Urutan Menggunakan Skincare yang Benar

Peluang usaha bensin eceran ini bisa dijalankan kapan saja, mengingat banyak sekali pengendara motor dan mobil yang membutuhkan bensin. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari konsumen yang banyak tersebut. Bahkan Anda juga bisa mendapatkan keuntungan karena tidak perlu lagi membeli bensin di tempat lain.