Mudah! Cara Merawat Kucing Domestik atau Kucing Kampung

Mudah! Cara Merawat Kucing Domestik atau Kucing Kampung

Kucing memang memiliki banyak jenis, tapi bagi masyarakat umum kucing domestik menjadi peliharaan yang spesial. Selain cara merawat kucing domestik sangat mudah, Anda juga tidak perlu membelinya.

Alias Anda bisa mengadopsi secara gratis di penampungan hewan atau mengadopsi kucing jalanan. Selain bisa membantu hewan untuk tetap hidup dengan layak, Anda juga bisa memiliki teman yang super imut dan pintar.

Cara Merawat Kucing Domestik Mudah

Kucing domestik sangat pintar dan lebih mandiri daripada kucing ras. Cara merawat kucing domestik juga lebih simpel dan tidak perlu mengeluarkan uang yang besar seperti kucing ras. 

Bahkan jika pergi dari rumah pun, kucing domestik bisa menghafal setiap jalan yang pernah dilalui. Anda bisa mencoba untuk mengadopsi kucing jenis ini menggunakan cara-cara berikut ini.

1. Tidak Perlu Sering Mandi

Untuk kucing domestik, sebenarnya bebas ingin Anda mandikan atau tidak. Jika ingin Anda mandikan, biasanya lebih baik menggunakan air hangat dan secara teratur 1-2 minggu sekali saja. Sebaiknya Anda juga tidak memandikan anak kucing domestik menggunakan air namun lap basah saja.

2. Perawatan Kebersihan Badan Kucing

Kucing domestik sering sekali pergi bermain keluar rumah dan kembali dengan keadaan kotor. Anda bisa membersihkannya menggunakan lap basah dan juga melakukan perawatan simpel lainnya. Karena cara merawat kucing domestik tidak akan seribet kucing ras.

BACA JUGA:  Gampang! Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Anda bisa melakukan perawatan seperti menyisir bulunya agar bisa bersih dan tidak mudah rontok. Kemudian membersihkan bagian telinga secara berkala. Lalu Anda bisa melakukan vaksinasi atau mengecek kesehatan kucing secara rutin. Sebaiknya Anda jangan memotong kuku kucing domestik agar kucing tetap bisa berburu.

3. Berikan Obat Cacing 

Kucing domestik saat bermain sering kali memakan makanan yang tidak bersih. Jadi Anda bisa tetap menjaga kesehatan tubuhnya dengan memberikan obat cacing secara berkala. Anda harus memperhatikan waktu dan takaran yang pas sesuai usia kucing.

4. Menyediakan Makanan dan Minuman di Tempat yang Sama

Kucing domestik sangat pintar, tidak heran jika cara merawat kucing domestik sangat mudah. Anda bisa memberikan makanan dan minuman air bersih pada tempat yang sama agar kucing bisa hafal tempat untuk makan atau minum tanpa harus Anda panggil.

Sebaiknya Anda memberikan minuman berupa air bersih dan makanan kering atau basah dalam jumlah yang pas. Anda juga jangan terlalu sering memberikan nasi pada kucing domestik karena akan membuatnya sakit. Kemudian Anda juga tidak bisa memberikan makanan mentah pada kucing, terutama anak kucing domestik.

5. Memperkenalkan Litter Box 

Sama seperti makanan, kucing bisa menghafal tempat yang nyaman untuk melakukan poop. Jadi sebaiknya Anda kenalkan kucing untuk menggunakan Litter Box yang berisi pasir kucing. Anda juga perlu membersihkannya agar kucing tetap nyaman dan tidak poop sembarangan.

6. Mengajarkan Kucing untuk Patuh 

Sebagai pemilik, cara merawat kucing domestik juga bisa Anda mulai dengan mengajari kucing agar tetap patuh dan tidak nakal. Tujuannya agar kucing tidak memecahkan barang-barang di rumah Anda atau orang lain. Jika kucing patuh, maka kucing pun tidak akan mencuri makanan Anda atau rumah orang lain.

BACA JUGA:  Peluang Usaha Bensin Eceran: Modal, Keuntungan dan Tipsnya

7. Ajak Kucing Bermain 

Sebagai kucing yang aktif, kucing domestik juga harus Anda ajak bermain setidaknya setiap sore atau seminggu sekali. Tujuannya agar kucing menganggap Anda sebagai teman dan tidak nakal karena sering bermain sendirian.

Anda juga bisa menunjukkan kasih sayang dengan mengelus kucing. Biasanya kucing bisa lebih menurut dengan cara ini. Walaupun banyak orang yang kesulitan membuat kucing nurut dengan cara merawat kucing domestik dengan bermain.