Mengenal Perkembangan dan Perbedaan TV Digital dan TV Analog Indonesia

Mengenal Perkembangan dan Perbedaan TV Digital dan TV Analog Indonesia

Ada banyak perbedaan TV Digital dan TV Analog yang bisa Anda ketahui agar tidak keliru. Saat ini mengetahui perbedaan dari dua jenis televisi ini sangat berguna untuk mengembangkan kualitas hiburan televisi Anda.

Mengenal Perkembangan Teknologi Televisi Indonesia

Sudah sejak hampir setahun yang lalu pemerintah mengumumkan bahwa siaran televisi analog akan mulai dihentikan dan berganti menjadi televisi digital. Perkembangan ini tentunya sangat baik bagi kemajuan teknologi Indonesia.

Hanya saja masih banyak orang yang minim informasi dan dana untuk mengupgrade TV rumah mereka.

Sejak pengumumannya pada tanggal 17 Agustus tahun lalu, perubahan televisi Indonesia sudah mulai dialihkan pada 2 November 2022.

Simpelnya, masyarakat Indonesia yang tidak segera memasang bantuan set top box atau mengganti televisi ke digital tidak akan bisa menikmati siaran televisi lagi. 

Karena itulah Anda perlu segera mengubah dan lebih baik Anda mengetahui terlebih dahulu. Tentang apa saja perbedaan TV Digital dan TV Analog yang saat ini sedang banyak orang bicarakan.

Sebelum itu, Anda bisa mengetahui informasi tahapan perubahan televisi analog ke digital berikut. Setiap tahapnya memiliki wilayah perubahan yang berbeda.

  • Tahap I pada 17 Agustus 2021
  • Tahap II pada 31 Desember 2021
  • Tahap III pada 31 Maret 2022
  • Tahap IV pada 17 Agustus 2022
  • Tahap V pada 2 November 2022
BACA JUGA:  Agnes Monica, Artis Panutan Remaja Indonesia

Tanggal tersebut adalah waktu paling lambat untuk mengupgrade TV ke digital. Tahap I sudah mulai beroperasi dari sekitar wilayah Kalimantan Utara dan Timur, Banten, Kepulauan Riau, Batam, Aceh dan kabupaten sekitarnya.

Perbedaan TV Digital dan TV Analog Indonesia

Seperti yang Anda ketahui, mengupgrade TV ke digital saat ini sepertinya sudah menjadi hal wajib jika Anda ingin tetap menonton siaran televisi. 

Anda bisa memperkirakan harga set top box sekitar 300 ribu atau lebih dan pastikan Anda membeli STB yang memiliki kualitas dan standar yang bagus. Ataupun Anda bisa langsung membeli televisi siap digital.

Jika Anda belum memiliki modal, Anda masih memiliki waktu untuk mengumpulkannya sampai masa atau tahap penghentian televisi analog di wilayah Anda berlangsung. 

Lalu sebenarnya apa saja perbedaan TV Digital dan TV Analog? Kenapa Indonesia mengumumkan untuk menghentikan siaran TV analog? Berikut jawaban jelasnya untuk Anda.

1. Kualitas Tampilan Siaran Televisi Lebih Bagus

Kualitas adalah hal yang menjadi perbedaan TV Digital dan TV Analog paling kentara. Jika Anda melihatnya, tampilan siaran TV digital lebih jernih dan seperti HD. Berbeda dengan TV analog yang memiliki resolusi lebih rendah.

2. Kualitas Suara yang Jelas dan Nyata

Suara yang TV digital keluarkan lebih jelas seperti sedang ada dalam bioskop. Anda juga tidak perlu mengubah volume siaran karena pada setiap siaran akan memiliki volume yang sama.

Sementara pada TV analog sering memiliki perbedaan volume pada chanel lokal. Apalagi jika Anda kehilangan remot TV, Anda bisa menyambungkan TV pada ponsel tanpa harus memiliki remot.

3. Rasio Lebih Lebar dan Besar

Rasio layar pada TV digital lebih lebar sampai 16:9 dan bisa untuk menonton siaran full tanpa ada potongan. Berbeda dengan TV analog yang berbentuk kotak yang biasanya akan memotong sebagian tampilan atau menjadi lebih kecil dengan bilah hitam.

BACA JUGA:  4 Rekomendasi Keyboard Mechanical Gaming Terbaik 2022

4. Dapat Mengakses Internet dan Ponsel

Selain dapat menonton ratusan siaran televisi, Anda bisa menonton film, drama, lagu, atau hal lain yang ada dalam ponsel.

Lalu Anda bisa menyambungkan ponsel pada televisi digital dan hal ini tentu saja menjadi perbedaan TV Digital dan TV Analog yang sangat jelas terasa.