investasi valas

Mata uang untuk investasi valas

Dari banyaknya jenis instrument investasi, valuta asing dapat menjadi pilihan. Mata uang asing yang memiliki nilai lebih tinggi juga dapat dijadikan aset yang menjanjikan. Investasi mata uang asing termasuk dalam golongan instrumen jangka panjang dengan potensi untung besar dan risiko kecil, sehingga cocok bagi investor pemula atau risk averse.

Di Indonesia investasi valas masih jarang diminati. Alasannya, banyak orang tidak tahu bagaimana mekanisme investasi melalui jual beli valuta. Rekening valas memberi kesempatan kepada kamu untuk menjaga aset agar tidak tergerus inflasi. Dengan memiliki rekening valas atau tabungan dolar, kamu tidak perlu mengkhawatirkan fluktuasi mata uang dalam jangka waktu pendek.

Membuka rekening valas juga membuatmu memiliki likuid aset yang bisa digerakkan kapan saja. Kamu bisa melakukan transaksi untuk berbagai keperluan yang berhubungan dengan pihak luar seperti belanja online, mengikuti berbagai kursus dan kuliah yang diselenggarakan lembaga di luar negeri.

Hal lain yang tak boleh ketinggalan, kamu juga bisa meraih cuan dengan memanfaatkan rekening valas untuk berinvestasi.

Mata uang untuk investasi valas

Meski begitu, perlu diingat bahwa investasi mata uang asing hanya akan menguntungkan bila kamu melakukan hal yang tepat. Kamu perlu jeli melihat perkembangan pasar internasional untuk menentukan pilihan transaksi beli atau jual. Hal yang lebih penting lagi, kamu harus bisa memilih mata yang aman dan menguntungkan untuk investasi valas:

  1. Dollar amerika (USD)

Karena Nilai mata uang yang tinggi dollar amerika dapat dijadikan pilihan saat memulai investasi valas. Bukan hanya nilainya yang tinggi, dollar amerika juga memberikan keuntungan lain. ini karena sebagian besar transaksi dunia banyak menggunakann dollar amerika.

BACA JUGA:  Bisnis Mudah Untuk Anak Muda, Peluang Usaha Seblak

Berinvestasi dolar juga memberi kesempatan padamu meraih cuan karena memiliki sifat berlawanan dengan inflasi. Alih-alih rugi, kamu malah bisa meraih cuan berlipat saat nilai tukar terhadap rupiah sedang menguat.

  1. Euro (EUR)

Setelah dollar amerika, euro berada di tingkat kedua. Meski tergolong mata uang yang masih baru, euro memiliki nilai yang cukup tinggi. Ini dilator belakangi oleh penggunaan mata uang oleh sebagian besar di eropa.

posisi Euro di dunia menjadi semakin menarik karena harganya yang lebih tinggi dibanding dolar Amerika.  Hal ini membuat banyak investor valas yang melirik Euro sebagai instrumen investasi. Meski begitu, dibanding dolar Amerika, fluktuasi harga Euro lebih stabil sehingga kalah pamor untuk investasi jangka pendek atau day by day.

  1. Poundsterling (GBP)

Poundsterling juga tak kalah dalam memberikan keuntungan dalam investasi valas. Dengan adanya keputusan inggris untuk keluar dari uni eropa, nilai mata uang poundsterling melonjak tinggi. Dengan nilai mata uang yang jauh diatas euro dan dollar amerika. Ini sangat cocok untuk investor dengan modal besar.

Mata uang ini juga masih banyak digunakan. Mengingat masih banyak transaksi antara inggris dan uni eropa. Dengan begitu mata uang ini tetap menguat.

  1. Yen (JPY)

Tidak hanya Negara bagian amerika dan eropa. Mata uang dari Negara asia juga bisa menjadi pilihan untuk investasi valas. Yen jepang banyak digunakan untuk transaksi di Negara-negara asia. Meskipun nilainya tidak begitu besar, mata uang yen akan lebih menguntunkan dibanding dollar amerika jika disimpan.

  1. Dollar singapura (SGD)

Di asia tenggara kita akan mendapati mata uang yang nilainya cukup tinggi. Berinvestasi valas akan terasa kurang bila kamu belum mengoleksi mata uang negara tetangga ini di rekening. Sebagai mata uang paling kuat nomor 2 di Asia, Dollar Singapura bisa menjadi alternatif investasi yang tepat.

BACA JUGA:  Cara Berjualan Frozen Food Mudah Untung dan Modal Kecil

Keuntungan lain, Indonesia sebagai Negara di bagian asia tenggara juga dapat dengan mudah melakukan transaksi antar Negara.

Pilihan investasi valas menjadi lebih menarik karena kamu bisa melakukannya hanya dengan menggerakkan jari lewat ponselmu.