Kenali Ciri-ciri Penderita Darah Rendah Sejak Dini

Kenali Ciri-ciri Penderita Darah Rendah Sejak Dini

Kenali ciri-ciri penderita darah rendah sejak dini melalui gejala-gejala berikut yang mungkin saja Anda alami.

Untuk bisa mengetahui gejala apa saja yang menandakan Anda mengalami darah rendah juga sangat umum orang lain alami. Dengan kata lain, ada banyak orang yang mengalami sakit hipertensi atau darah rendah.

Daftar Ciri-ciri Penderita Darah Rendah

Saat Anda sudah mengalami ciri-ciri penderita darah rendah berikut ini. Sebaiknya Anda langsung memeriksakan diri ke dokter atau langsung meminta obat dengan mengatakan gejala yang Anda alami.

1. Pusing dan Sakit Kepala

Banyak orang yang mengalami gejala ini karena ada jutaan orang yang juga memiliki gejala hipertensi atau darah rendah. Alasan Anda merasakan pusing adalah karena otak tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. 

Akibatnya kepala akan menjadi pusing bahkan Anda bisa mengalami pingsan tiba-tiba. Bisa juga sebelum pingsan Anda mengalami buram pada penglihatan, merasa kedinginan, tidak mendengar suara sekitar Anda, dan kemudian perlahan pandangan menjadi gelap.

2. Pandangan Sering Kabur

Ciri-ciri penderita darah rendah sejak dini yang perlu Anda waspadai adalah pandangan yang sering kabur. Jika Anda sering mengalami ini dan menganggapnya sebagai penyakit mata atau mengalami minus, Anda salah.

Jika pandangan menjadi kabur secara terus-menerus dan kadang menjadi gelap. Maka hal ini juga menjadi salah satu ciri-ciri yang patut Anda waspadai sejak dini. Anda bisa memeriksakannya ke dokter untuk memastikan penyebab penglihatan kabur yang Anda alami.

BACA JUGA:  Tidur Larut Malam Setiap Hari Dapat Membahayakan Kesehatan? Berikut Penjelasannya

3. Wajah Selalu Pucat

Kenali ciri-ciri penderita darah rendah sejak dini berikutnya yaitu wajah yang selalu pucat. Jika wajah Anda selalu terlihat pucat maka dapat Anda pastikan bahwa Anda mengalami kekurangan darah.

Darah dan oksigen yang tidak cukup mengalir ke otak juga dapat membuat wajah Anda selalu menjadi pucat. Hal ini juga dapat membuat Anda menjadi terlihat lemas atau tidak bertenaga karena wajah Anda yang selalu pucat.

Biasanya wajah Anda agar menjadi lebih putih pucat, saat Anda sentuh akan terasa dingin, bibir berwarna biru dan kering. Anda juga bisa dapat merasakan detak jantung atau denyut nadi yang lemah serta mengalami keringat dingin.

4. Sering Merasa Mual

Jika Anda sering merasa mual atau merasakan gejala ingin muntah tapi tidak sampai keluar. Maka Anda bisa juga mengalami ciri-ciri penderita darah rendah yang selanjutnya. 

Ciri ini akan menyertai ciri lain seperti lemas, tidak kuat berjalan atau berdiri, dan merasa tubuh seperti tidak memiliki tenaga. Energi yang habis juga menjadi ciri penderita darah rendah yang paling umum.

Itulah sebabnya para penderita darah rendah tidak akan mengikuti berbagai kegiatan atau aktivitas yang berat. Misalnya mengikuti paskibra, maraton jarak jauh, mengerjakan pekerjaan yang berat dan lain sebagainya.

Jika tetap melakukan berbagai jenis kegiatan berat dan pada cuaca yang panas atau langsung berada di terik matahari, bisa Anda pastikan bahwa Anda akan pingsan. Karena itulah sebaiknya Anda menghindari berada di bawah terik matahari dalam waktu yang lama.

5. Gejala Umum Hipertensi

Anda bisa mengalami gejala umum atau ciri-ciri penderita darah rendah yang harus Anda ketahui sejak dini yang lain. Seperti berkunang-kunang, sering pingsan dan pusing, lemas, pucat, dan tidak bertenaga.

BACA JUGA:  Rekomendasi Menu Sehat Berbuka Puasa, Mudah Dibuat!

Sebaiknya Anda langsung memeriksakan kesehatan jika sudah mengalami ciri-ciri penderita darah rendah tadi. Hal ini untuk menghindari gejala yang Anda alami menjadi semakin parah. Anda juga bisa beristirahat, namun jangan lakukan istirahat berlebihan agar tidak bertambah lemas.