Kandungan Dalam Rokok yang Memiliki Efek Berbahaya

Kandungan Dalam Rokok yang Memiliki Efek Berbahaya

Kandungan dalam rokok ada sangat banyak, namun akibat yang dimilikinya adalah sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Anda bisa kehilangan banyak anggota tubuh bagian dalam atau organ tubuh yang semula sehat. 

Daftar Kandungan Dalam Rokok

Anda bisa menghisap lebih dari 5000 senyawa beracun yang tentunya tidak baik bagi kesehatan. Anda juga bisa mendapatkan banyak resiko buruk karena terlalu banyak menggunakan rokok dalam waktu yang singkat.

Selain itu juga ada setidaknya 250 jenis zat beracun yang sama berbahayanya. Serta 70 jenis zat yang memiliki sifat karsinogenik. Dengan kandungan beracun seperti ini lah yang tidak memperkecil kemungkinan Anda bisa selamat dari segala macam efek samping penyakit.

1. Karbon Monoksida

Selain mendapatkan resiko berbahaya dari zat-zat beracun tadi. Anda juga bisa melihat kandungan dalam rokok berupa karbon Monoksida yang sangat berbahaya bagi area pernapasan. Kandungan ini juga bisa langsung masuk ke dalam sel-sel darah merah dan akan lebih mendominasi daripada oksigen.

 

Karena itulah Anda akan sering mendapatkan masalah kesehatan karena kekurangan oksigen yang baik. Zat ini bahkan bisa memperlemah fungsi otot dan menyebabkan kematian.

2. Nikotin

Zat Nikotin adalah kandungan dalam rokok yang paling berbahaya dan berakibat sangat fatal bagi kesehatan tubuh. Anda bisa mengalami banyak masalah kesehatan dan menyebabkan kecanduan. 

 

Akibatnya tubuh akan menyetel sistem saraf agar merasa senang saat mengkonsumsi nikotin dan membuat Anda tidak ingin berhenti. Penggunaan nikotin atau rokok yang berlebihan bisa membuat Anda merasakan detak jantung meningkat dan tekanan darah serta pernapasan yang tidak teratur.

BACA JUGA:  Cara Membuat Masker Wajah Dari Buah Beserta Manfaatnya

3. Tar

 

Zat Tar sebagai kandungan dalam rokok berikutnya yang pasti selalu ada karena kandungan ini adalah hasil dari bakaran daun tembakau yang Anda hisap. Tar bisa masuk dalam sistem peredaran darah dan menyebabkan diabetes.

 

Lalu gangguan pada jantung, hingga mengganggu kesuburan. Tar bisa Anda lihat secara kasat mata pada bagian jari yang memegang puntung rokok. Ada bercak berwarna coklat kekuningan, itulah yang disebut tar.

4. Hidrogen Sianida

 

Sianida merupakan jenis racun yang sudah sangat populer, tentu saja Anda bisa melihat sendiri akibat dari mengkonsumsi racun sianida. Tentu saja Anda juga bisa merasakan hal yang sama secara perlahan dengan berbagai penyakit yang kompleks. Seperti sakit kepala, mual, cepat lelah, kerusakan pada otak, jantung dan paru-paru.

5. Benzena

Kandungan Benzena merupakan zat atau kandungan dalam rokok yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit dalam jangka panjang. Kandungan ini secara perlahan akan mulai merusak sumsum tulang dan memberikan efek anemia yang kuat.

6. Formaldehida

 

Kandungan Formaldehida adalah residu hasil dari pembakaran puntung rokok yang dalam jangka pendek bisa langsung berpengaruh pada kesehatan tubuh. Misalnya seperti iritasi pada bagian mata, hidung dan tenggorokan yang terkena paparan formaldehida.

7. Arsenik

 

Selain zat-zat berbahaya tadi, masih ada lagi yaitu arsenik. Kandungan yang sudah populer untuk meningkatkan resiko kanker ini bisa membuat hampir seluruh organ dalam Anda mengalami kanker kronis. Zat ini berasal dari pestisida yang digunakan saat melakukan pertanian tembakau.

8. Kadmium

 

Zat kadmium bisa masuk ke paru-paru dan juga menimbulkan resiko yang sama. Kanker, penyakit saluran pernapasan, saluran pencernaan dan kerusakan organ dalam tubuh lainnya.

BACA JUGA:  Tanaman Hias yang Baik Untuk Kesehatan, Bisa Menyerap Racun di Udara!

9. Amonia

 

Kandungan dalam rokok yang terakhir adalah gas beracun yang tidak memiliki warna tapi memiliki baru yang tajam. Apalagi Amonia bisa memiliki dampak sama seperti nikotin yaitu membuat Anda kecanduan rokok.