Inilah 9 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami

Tipis.web.id – Anda sakit kepala,? Nah, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami, simak ulasan berikut ini.

Untuk menghilangkan sakit kepala biasanya orang menggunakan obat pereda sakit kepala, namun terdapat beberapa cara lain untuk mengatasinya.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami Jika anda yakin sakit kepala yang Anda alami tidak terkait penyakit yang serius atau bisa dikatakan sakit kepala ringan atau tegang. Anda bisa meredakan sakit kepala dengan cara seperti berikut :

1. Gunakan es batu

Tahukah Anda bahwa sebenarnya es batu sangatlah mujarab untuk menghilangkan sakit kepala berat? Es batu memiliki sifat yang sangat dingin, kandungan sifat dinginnya inilah yang bisa mengatasi sakit kepala Anda dengan cepat.

Untuk menghilangkan sakit kepala dengan es batu sangatlah mudah sekali, cukup dengan mengosok-gosokan es batu secara perlahan-lahan pada bagian kening, bagian samping kepala, dan bila perlu pada bagian belakang kepala.

2. Pijatan

Terapi pijat bisa Anda lakukan untuk atasi sakit kepala, manfaat terapi pijat yakni dapat membuat tekanan otot mereda serta meningkatkan aliran darah.

Cara melakukannya dimulai dari pijatan pada bagian pelipis dengan gerakan melingkar, kemudian berlanjut ke bagian jidat setelah itu bergerak ke lubang telinga. Setelah itu turun ke bagian leher dan pundak.

3. Konsumsi banyak air putih

Tubuh kita pada dasarnya lebih dari 70 persen tersusun atas cairan. Sehingga konsumsi cairan setiap harinya sangatlah penting untuk tubuh, salah satunya mampu mengoptimalkan sistem metabolisme.

Seperti yang telah  dilansir dari sebuah penelitian di Universitas of Chicago Amerika Serikat, konsumsi air putih minimal 8-10 gelas akan membantu seseorang mencegah dehidrasi, yang mana dehidrasi inilah yang menjadi salah satu pemicu munculnya sakit kepala.

BACA JUGA:  Rekomendasi Menu Sehat Berbuka Puasa, Mudah Dibuat!

4. Titik tekan

Sakit kepala juga bisa diobati dengan menekan titik pijatan pada area tubuh tertentu. Adapun cara prakteknya dengan menekan jembatan hidung secara lembut, selanjutnya pindah ke bagian tangan dengan memijat kulit yang berada di antara ibu jari dan telunjuk.

5. Konsumsi kentang

Kentang merupakan makanan yang mengandung kalium cukup tinggi. Ada banyak sekali manfaat kandungan kalium bagi kesehatan tubuh, salah satunya melancarkan sistem peredaran darah. Apabila peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar, maka secara otomatis sakit kepalapun dapat teratasi dengan mudah.

Oleh sebab itu, menghilangkan sakit kepala dengan kentang sangatlah baik. Usahakan mengonsumsi kentang tanpa mengupas kulitnya, sebab kandungan kalium paling tinggi ini terdapat pada kulit. Selain itu hindari menggoreng, cukup dibakar atau direbus saja.

6. Oleskan Minyak eucalyptus

Zat anti peradangan yang terkandung pada minyak eucalyptus memiliki banyak manfaat salah satunya dapat meringankan sakit kepala, Agar sakit kepala bisa menghilang Anda hanya perlu mengoleskan minyak eucalyptus pada bagian pelipis, jidat, leher dan pundak.

Lakukan pijatan secara lembut agar sinus, sakit otot dan kondisi lain yang menjadi penyebab sakit kepala reda.

7. Konsumsi buah pisang

Buah pisang mengandung senyawa potassium dan magnesium yang cukup tinggi. Kedua kandungan senyawa inilah yang dipercaya oleh para ahli sangatlah baik untuk menghilangkan sakit kepala migrain.

Maka dari itu, jika Anda mengalami sakit kepala sebelah atasi dengan cara mengonsumsi buah pisang secara rutin setiap harinya.

8. Kayu manis

Kayu manis bisa Anda gunakan sebagai obat tradisional pereda sakit kepala, cocok bagi Anda yang mengalami sakit kepala diakibatkan cuaca dingin.

Untuk atasi sakita kepala, gunakan pasta kayu manis pada bagian pelipis dan dahi kemudian diamkan hingga kurang lebih setengah jam, kemudian bersihkan.

BACA JUGA:  Tanaman Hias yang Baik Untuk Kesehatan, Bisa Menyerap Racun di Udara!

9. Konsumsi kopi

Menurut para ahli, kopi mengandung senyawa kafein yang cukup tinggi. kandungan senyawa kafeinnya ini dipercaya mampu menenangkan sistem saraf yang menegang akibat dari sakit kepala tersebut.

Akan tetapi janganlah Anda mengonsumsi kopi dalam jumlah berlebihan, sebab hal tersebut akan membuat Anda susah tidur atau mengalami insomnia.

Demikian Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami. Sekian Postingan Kali ini, Semoga bermanfaat bagi anda. Jika ada pertannyaan, silahkan Komentar di bawah ini.