ide usaha dengan modal kecil

Ide usaha dengan modal kecil

Minimnya lapangan kerja dan membuat angka pengangguran semakin meningkat. Dengan perubahan kondisi yang seperti ini, tuntutan untuk menjadi lebih kreatif sangat kuat.  Memiliki sebuah bisnis merupakan salah satu cara agar tetap memiliki penghasilan. Namun memiliki bisnis juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Memiliki sebuah bisnis pastilah dibarengi dengan banyak resiko.

Modal untuk berbisnis adalah salah satu utama yang menunjang jalannya sebuah bisnis. Dengan modal yang cukup maka rencana yang matang untuk memiliki bisnis dengan segera terwujud.

Ide bisnis dengan modal kecil

Modal untuk berbisnis bukan hanya berupa uang yang banyak. Dengan modal yang sedikit dan lebih banyak kreatifitas, pengusaha akan dapat memunculkan banyak ide untuk berbisnis. Terlebih lagi dengan dibantunya kemajuan jaman yang ada, modal yang besar bukanlah suatu hal yang diharuskan. Berikut beberapa ide bisnis dengan modal kecil.

  1. Les privat

Jasa mengajar privat untuk suatu pelajaran boleh menjadi salah satu pilihan bisnis. Terlebih untuk mahasiswa. Selain mengajar pelajaran sekolah, mengajar privat juga termasuk pelajaran bahasa asing dan music.

Untuk memulai jasa les privat, menawarkan jasa melalui jejaring sosial sangat dianjurkan. Kemudian mulai mengajar secara offline. Mendatangi rumah murid-murid bisa menjadi salah satu jalan awal memulai bisnis jasa les privat. Ketika sudah mulai dikenal, membuka jasa privat di rumah juga akan sangat menguntungkan.

Bisnis jasa les privat ini membutuhkan modal yang relative kecil. terlebih jika les privat sudah dilakukan di dalam rumah. Maka modal utama hanya alat tulis dan ruang belajar. Untuk tarif les privat bisa disesuaikan dengan tariff di lokasi sekitar.

  1. Laundry

Dengan jam kerja yang sangat sibuk, tentu saja banyak orang tidak lagi sempat untuk memcuci pakaian. Kegiatan mencuci pakaian akan menjadi pekerjaan yang sangat memakan waktu dan membutuhkan banyak tenaga. Belum lagi mencuci selalu dibarengi dengan embel-embel lainnya, seperti menyetrika baju.

BACA JUGA:  Cara Membuka Usaha Petshop, Peluang Usaha Untuk Pecinta Hewan Peliharaan!

Membuka bisnis jasa laundry bisa menjadi ide bisnis dengan modal yang relative sediikit atau kecil. Modal bisnis bisa diminimalisir jika pengusaha membuka bisnis di rumah sendiri atau tanpa sewa. Jika dihitung perkiraan untuk membuka sebuah usaha laundry menghabiskan dana seketir 7 jutaan saja. Itu sudah termasuk dengan mesin cuci, pengering dan perlengkapan lain seperti timbanngan dan plastik.

Untuk mengoptimalkan bisnis laundry agar terus berjalan dan mendapatkan keuntungan yang lebih. Pemilihan lokasi yang tepat sangat dibutuhkan. Pemasaran yang kreatif dan tepat mendukung kemajuan laundry.

  1. Kedai kopi

Tidak diragukan lagi, bisnis kedai kopi bisa memberikann kita penghasilan yang cukup atau bahkan lebih. Banyaknya penggemar kopi, membuat kedai kopi menjamur dimana-mana. Membuka kedai kopi juga tidak membutuhkan begitu banyak modal. Modal utama untuk membuat kedai kopi yang utama adalah mesin kopi. Selebihnya adalah hasil dari kreatifitas. Seperti penataan lokasi.

  1. Cuci motor

Bisnis cuciann motor juga bisa menjadi pilihan untuk saat ini. Kesibukan padat membuat banyak orang tak lagi memiliki waktu untuk mencuci kendaraan. Kondisi ini dapat dilihat banyaknya tempat pencucian motor yang begitu banyak. Meski begitu, semuanya laris atau laku terlebih jika musim hujan.

Dengan modal yang terbilang kecil yakni berkisar 8 juta rupiah, usaha ini sudah bisa kamu miliki.

Kesimpulan

Membuka suatu usaha atau bisnis tidak melulu bergantung dengan modal yang besar. Dengan kreatifitas dan pemanfaatan peluang yang ada, semua orang dapat memiliki bisnisnya sendiri. Dengan memiliki bisnis, penghasilan tetap akan ada, jika sewaktu-waktu berada di kondisi yang rumit. Misalnya saja di phk. Salam bisnis.