Gampang! Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Gampang! Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Ada banyak solusi untuk kendala lemot dalam laptop jenis apapun, seperti office atau laptop gaming dan untuk pelajar. Cara mengatasi laptop lemot juga sangat simpel dan bisa dilakukan siapapun juga walaupun itu adalah orang yang awam dengan laptop. 

Selain caranya yang mudah, hal ini lebih seperti sebuah tips tanpa harus menyiapkan biaya sedikitpun. Jadi Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak modal atau uang hanya untuk melakukan perbaikan pada laptop yang lemot. 

Daftar Cara Mengatasi Laptop Lemot Gampang

Ada banyak laptop lemot hanya karena menyimpan banyak file berukuran besar. Jadi Anda juga perlu mencari kendala dan solusinya untuk bisa mengatasi permasalahan lemot dalam laptop.

Sebenarnya Anda bisa mencoba semua cara mengatasi laptop lemot berikut ini. Namun Anda juga bisa mencoba salah satu cara saja tergantung dengan penyebab laptop Anda menjadi lemot. 

1. Periksa Koneksi Internet atau WiFi

Salah satu cara yang wajib Anda lakukan pertama kali adalah memeriksa koneksi internet yang Anda gunakan. Jadi bisa saja laptop menjadi lemot jika koneksi WiFi atau internet sedang buruk. Hal ini berlaku jika laptop Anda lemot saat sedang mengakses internet.

BACA JUGA:  Cara Ampuh Mengusir Nyamuk di Rumah

2. Restart Laptop

Melakukan restart juga menjadi salah satu cara mengatasi laptop lemot yang paling mudah dan terpercaya. Anda bisa bebas menggunakan laptop jika lancar, namun jika lemot Anda bisa langsung restart laptop. Hal ini juga bisa membuat laptop Anda tidak rusak karena selalu digunakan 24 jam.

3. Kurangi Aplikasi yang Dibuka

Selanjutnya Anda bisa langsung mengurangi setiap aplikasi yang Anda buka. Jangan membuka semua aplikasi dalam laptop sekaligus, jadi Anda juga bisa langsung membuka salah satu terlebih dahulu atau setidaknya 3 aplikasi. Hindari juga menggunakan aplikasi berat secara bersamaan.

4. Kurangi Jumlah Tab Browser

Jika Anda sering menggunakan browser untuk mengakses internet namun tidak menghapus tap atau halaman sebelumnya. Cara mengatasi laptop lemot ini akan lebih lancar karena banyak data sampah yang hilang. Anda bisa mengurangi atau menghapus tap yang tidak penting.

5. Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai

Akan ada banyak aplikasi yang bisa Anda install kapan saja dalam laptop. Namun jika Anda jarang menggunakannya, Anda bisa memilih untuk uninstall saja. Jadi Anda akan lebih mudah mengakses laptop tanpa lemot karena memori penuh.

Penyebab Laptop Lemot Paling Sering

Seperti yang Anda tahu, ada lebih banyak cara mengatasi laptop lemot yang sangat mudah. Namun Anda tetap perlu mengetahui penyebab lemot sebelum mendapatkan solusinya. Berikut penyebab laptop lemot yang paling sering terjadi.

1. Tidak Mematikan Program yang Berjalan Otomatis

Penyebab yang satu sangat sering dialami, terutama pada pengguna laptop pemula yang belum paham. Anda bisa mengatasinya dengan cara mengatasi laptop lemot menggunakan aplikasi bantuan seperti antivirus.

2. Belum Update Windows, Driver, dan Aplikasi

Alasan laptop lemot berikutnya adalah isi laptop yang tidak update. Isinya seperti aplikasi atau windows laptop yang akan membuat Anda mengakses laptop dengan tidak lancar seperti pada laptop dengan versi terbaru. Update dengan cara klik menu start lalu setting dan security update.

BACA JUGA:  Perawatan Kandang Kucing Ras Agar Tetap Sehat

3. Banyak File Sampah dan Cache

Anda bisa memilih untuk langsung menghapus seluruh sampah foto, sampah folder, cache dan lainnya setiap hari atau setiap minggu. Cara mengatasi laptop lemot ini bertujuan agar sampah dalam data laptop tidak menumpuk dan mengganggu kinerja laptop.