Daftar Sayur dan Buah yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Daftar Sayur dan Buah yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Mengetahui makanan apa saja yang bagus dan lebih baik dikonsumsi untuk ibu hamil memang agak sulit. Jarang orang mengetahui sayur dan buah apa saja yang bagus untuk ibu hamil. Bahkan kebanyakan ibu hamil lebih percaya pada mitos yang sudah diturunkan oleh orang lain.

Alasan itulah yang membuat sebagian kecil ibu hamil tidak mendapatkan nutrisi yang lebih baik untuk masa kehamilannya. Sehingga proses kelahiran juga lebih sulit dan lama. Daftar sayur dan buah yang bagus untuk ibu hamil berikut ini juga bisa memperlancar proses kelahiran nantinya.

Daftar Sayur Untuk Ibu Hamil

Pilihlah beberapa daftar sayur di bawah ini dan konsumsi secara teratur dalam kondisi yang masih segar dan bersih.

1. Brokoli

Sayuran brokoli memiliki banyak manfaat dan nutrisi baik seperti Vitamin A, C, K, serat, kalsium dan kalium serta zat besi. Kandungan tersebut sangat baik untuk perkembangan kesehatan janin di dalam tubuh ibu hamil.

2. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang bagus untuk ibu hamil karena memiliki banyak kandungan vitamin, asam folat, kalsium, serat dan nutrisi lainnya. Nutrisi tersebut dapat mencegah terjadinya cacat pada janin di dalam perut.

3. Tomat

Tomat bisa dijadikan sebagai jus, sayur, salad dan dijadikan sebagai menu sehat apa saja. Tentu saja menu yang satu ini sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil karena banyak nutrisi baik di dalam tomat. Anda juga bisa memilih untuk mengkonsumsi tomat ceri untuk camilan.

BACA JUGA:  Wajib Tahu! Bahaya Menggunakan Rokok Bagi Remaja

Selain daftar sayuran yang bagus untuk ibu hamil di atas, Anda juga bisa mengkonsumsi jenis sayuran lainnya. Seperti seledri, sawi, dan berbagai sayuran lain yang memiliki nutrisi yang baik untuk ibu hamil.

Daftar Buah Untuk Ibu Hamil

Setelah sayuran, buah juga memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Anda bisa mengkonsumsi segala jenis buah yang ada di sekitar lingkungan Anda. Bisa juga membeli atau menanam pohonnya sendiri dengan mudah. 

1. Alpukat

Buah alpukat memiliki banyak penggemar, alasannya juga sederhana. Buah alpukat memiliki rasa yang unik dan bisa diolah dengan berbagai macam cara. Banyak nutrisi baik di dalam satu buah alpukat, khususnya lemak sehat yang bagus untuk membangun perkembangan jaringan janin di dalam perut ibu hamil.

2. Pisang

Sejak dulu pisang memang merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil. Mengkonsumsi buah pisang sangat direkomendasikan untuk mengurangi berbagai resiko penyakit dan meredakan mual pada ibu hamil. Anda bisa mengolah pisang menjadi jus atau smoothies.

3. Jeruk

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang kuat dan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Nutrisi yang terkandung dalam jeruk mampu membangun otak dan tulang belakang janin dengan lebih baik.

4. Mangga

Buah mangga sangat manis dan kaya akan nutrisi baik yang diperlukan oleh ibu hamil. Misalnya saja vitamin A yang bisa mengurangi berbagai resiko yang mungkin saja dialami wanita pada masa kehamilan.

5. Apel

Buah apel memiliki berbagai jenis yang tersebar di seluruh dunia dengan berbagai rasa. Banyak nutrisi baik seperti serat, vitamin A dan C, kalium serta bakteri baik yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Tujuannya adalah untuk mencegah sembelit dan menjaga kesehatan tubuh.

BACA JUGA:  Tanaman Hias yang Baik Untuk Kesehatan, Bisa Menyerap Racun di Udara!

Selain buah yang bagus untuk ibu hamil di atas, Anda bisa memilih buah lain yang masih segar dan bersih di sekitar Anda. Misalnya buah dengan banyak kandungan vitamin dan air untuk menghidrasi tubuh.