Daftar Buah Untuk Penderita Darah Rendah

Daftar Buah Untuk Penderita Darah Rendah

Buah yang baik untuk penderita darah rendah atau hipotensi ada banyak, namun tidak semua bisa dikonsumsi untuk para penderita darah rendah. Alasannya adalah ada beberapa buah yang memiliki kandungan nutrisi yang berfungsi untuk menurunkan darah. Buah-buah tersebut juga baik untuk penderita darah tinggi.

Jadi Anda perlu memilih buah yang tepat agar darah dan tensi tidak menjadi semakin turun karena salah memilih. Buah untuk penderita darah rendah juga mudah ditemui ataupun ditanam di rumah. Jadi Anda bisa mengurangi untuk mengkonsumsi obat-obatan.

Daftar Buah Untuk Menaikkan Tensi

Memiliki penyakit hipotensi atau darah rendah memang akan sering mengganggu aktivitas Anda. Biasanya saat cuaca panas Anda akan langsung merasakan pusing dan tidak jarang untuk bisa pingsan. Maka dari itu, penting untuk menjaga tekanan darah agar selalu normal.

Walaupun sebenarnya penderita darah rendah bisa mengkonsumsi obat tambah darah. Hal itu tetap tidak bisa menjamin tensi bisa naik dengan cepat. Anda bisa mengimbanginya dengan mengkonsumsi buah untuk menaikkan tensi atau darah rendah berikut ini.

1. Buah Semangka

Buah semangka banyak dijual dipasaran maupun di toko buah atau supermarket. Anda bisa langsung membeli buah semangka yang sudah dipotong atau membeli buah utuh untuk dikonsumsi beberapa hari. Anda juga bisa menanam pohonnya yang merambat di pekarangan rumah dengan mudah.

Pada buah semangka terdapat banyak kandungan air yang mampu membuat tubuh lebih terhidrasi bahkan tanpa minum air putih. Saat terhidrasi, tubuh akan menjadi lebih baik dan tekanan darah bisa kembali normal. Maka ada baiknya Anda mengkonsumsi buah semangka saat sarapan.

BACA JUGA:  Rekomendasi Menu Sehat Berbuka Puasa, Mudah Dibuat!

2. Buah Bit

Buah bit memiliki rasa yang unik dan bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Walaupun tidak semua orang di Indonesia pernah memakannya, namun buah bit juga cukup populer. Anda bisa mengkonsumsi buah bit sebagai jus dan kandungan di dalamnya akan membantu meningkatkan tekanan darah dengan baik.

3. Buah Lemon

Buah lemon memiliki banyak kandungan air dan gula yang lebih sedikit dari buah lain. Hal inilah yang dapat membantu Anda menjadi lebih terhidrasi dan dapat meningkatkan tekanan darah menjadi normal kembali. Rasanya yang asam bisa Anda netralisir dengan mencampurnya pada buah lain seperti buah bit.

4. Buah Pisang

Dikenal memiliki rasa yang manis dan mengenyangkan, buah pisang memiliki banyak sekali kandungan atau nutrisi baik. Seperti asam folat, vitamin, potasium, karbohidrat dan kandungan lain yang berguna untuk meningkatkan tekanan darah rendah. Anda bisa mengkonsumsi buah pisang setidaknya 1 buah per hari.

Buah pisang juga bisa membuat Anda menjadi lebih berenergi saat merasa lemas saat tekanan darah mulai turun. Anda juga bisa membelinya dengan mudah di berbagai toko maupun pedagang. Harganya juga murah dan jenis pisang juga ada banyak, Anda bisa memilih jenis pisang sesuai selera.

5. Buah Pepaya

Buah pepaya memiliki tekstur lembut dan rasa buah yang manis. Buah ini banyak dijual di toko buah dan supermarket. Bahkan tak jarang Anda bisa menemui pedagang yang khusus menjual buah pepaya saja. Banyak kandungan baik di dalam buah pepaya untuk penderita hipotensi.

Namun jika Anda merupakan penderita darah rendah yang sedang hamil. Sebaiknya Anda menghindari untuk mengkonsumsi buah untuk penderita darah rendah ini terlebih dahulu. Namun pepaya yang masih dalam keadaan muda atau belum matang. Alasannya adalah dapat memicu kontraksi lebih cepat dan dapat membahayakan janin jika lahir tidak pada waktunya.

BACA JUGA:  Tubuh Selalu Merasa Lelah? Kenali Alasan Mager Setiap Hari!