Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Beraktivitas Paling Ampuh

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Beraktivitas Paling Ampuh

Kesibukan yang sama atau bertambah setiap harinya bisa membuat Anda cepat lelah dan bosan. Hal inilah yang bisa memicu Anda menjadi terus mengantuk setiap hari atau bahkan setiap saat. Banyak cara menghilangkan ngantuk saat beraktivitas paling ampuh.

Cara ini digunakan agar Anda bisa kembali produktif dan tidak cepat lelah dan mengantuk. Walaupun Anda sudah tidur walaupun hanya satu jam, Anda akan tetap merasakan kantuk jika belum melakukan cara-cara ini.

Daftar Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Beraktivitas

Kesibukan yang terus bertambah membuat Anda menjadi cepat lelah. Jika Anda tidak memiliki waktu istirahat yang cukup, Anda bisa merasakan lelah setiap saat. 

Anda bisa menghilangkan kantuk dengan berbagai trik mudah yang bisa Anda coba sekarang. Selain itu, Anda perlu menghindari untuk melakukan cara yang ribet atau yang berbahaya seperti mengkonsumsi berbagai obat-obatan.

1. Mengatur Jam Tidur Siang

Mengatur jam tidur memang paling berpengaruh dalam keaktifan dan metabolisme tubuh. Terutama untuk menyempatkan diri melakukan tidur siang. Jika Anda selalu memberikan waktu untuk melakukan tidur siang secara rutin, Anda tidak akan merasa cepat lelah.

Utamakan untuk melakukan tidur siang dengan waktu yang teratur atau sama setiap harinya. Misalnya Anda meluangkan untuk tidur setidaknya 20 menit setiap pukul 1 atau 2 siang. Kemudian Anda bisa langsung melanjutkan kegiatan lagi setelahnya.

2. Selalu Aktif Bergerak atau Melakukan Kegiatan

Jika Anda setiap hari hanya bermalas-malasan, tidak heran jika Anda terus merasakan lelah dan ngantuk. Walaupun Anda tidak melakukan kegiatan, tubuh akan menjadi sangat lelah karena jarang bergerak dan berlatih.

BACA JUGA:  Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Ponsel Panas

Anda bisa mengubah hal ini dengan melakukan cara menghilangkan ngantuk saat beraktivitas yang satu ini. Pertama Anda bisa melakukan olahraga pagi atau sore setidaknya 15 menit setiap 2 kali sehari atau 3 kali seminggu.

Selain itu, Anda juga bisa menggantinya dengan bergerak kecil seperti berkeliling rumah atau membersihkan rumah. Anda bisa melakukan kegiatan yang membuat seluruh tubuh bergerak atau digunakan.

3. Makan Camilan Sehat

Cara menghilangkan ngantuk saat beraktivitas yang paling ampuh adalah memakan camilan. Namun tetap saja, Anda harus memakan camilan yang sehat dan tidak memiliki kandungan gula yang tinggi.

Anda mungkin bisa mencoba meminum es atau buah buahan, yogurt, dan teh hijau. Hindari mengkonsumsi kopi manis, susu hangat dan makanan manis lainnya yang dapat menambah rasa kantuk Anda.

4. Melakukan Peregangan

Hal ini mungkin sudah tidak asing untuk Anda lakukan ketika merasa mengantuk. Melakukan peregangan dapat membuat Anda merasa jauh lebih baik. Anda juga bisa mencoba melakukan yoga atau mengatur pernapasan.

Lakukan pengaturan pernafasan selama kurang lebih 5 menit dengan tubuh tegak. Anda bisa mengulanginya beberapa kali sampai tubuh merasa rileks dan segar. Jika tidak bisa, Anda bisa melanjutkan dengan melakukan jogging singkat.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur Malam

Pastikan Anda meningkatkan kualitas tidur dengan baik setiap hari. Melakukan istirahat yang cukup juga sangat berguna untuk mengindari kantuk saat beraktivitas. 

Anda bisa melakukan hal penting yang pertama, yaitu mengatur jam tidur yang teratur pada malam hari. Misalnya setiap pukul 10 malam Anda sudah harus tidur lalu melakukan hal yang sama setiap hari.

 

Kemudian Anda bisa mencoba untuk menghindari ponsel atau pekerjaan apapun yang harus dilakukan di dalam jam tidur Anda. Cara menghilangkan ngantuk saat beraktivitas dengan jam tidur yang berkualitas juga sangat berguna.

BACA JUGA:  Bagaimana Belajar Cara Berenang Untuk Pemula?