Cara Menghemat Baterai Ponsel Agar Tidak Boros dan Cepat Panas

Cara Menghemat Baterai Ponsel Agar Tidak Boros dan Cepat Panas

Cara menghemat baterai ponsel sebenarnya tidak sulit. Terlebih lagi jika Anda tidak memiliki waktu untuk cas ponsel karena memiliki kesibukan di luar ruangan. Serta ponsel harus senantiasa hidup untuk berjaga-jaga jika ada yang menghubungi atau mendapatkan keperluan mendadak.

Cara Menghemat Baterai Ponsel

Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut ini untuk dapat menghemat daya baterai. Ponsel akan lebih awet dan baterai tidak akan cepat habis maupun panas jika Anda menggunakan cara-cara berikut ini. Pastikan Anda menerapkannya dengan benar setiap hari agar baterai ponsel menjadi awet.

1. Batasi Menggunakan Aplikasi Latar Belakang

Aplikasi besar yang menggunakan data seluler biasanya memuat aplikasi dengan latar belakang yang membuat baterai cepat habis. Sebaiknya Anda membatasi menggunakan tersebut dalam waktu yang lama atau menggunakan layar belakang. 

Anda bisa memilih untuk masuk ke menu pengaturan dan menonaktifkan aplikasi latar belakang. Kemudian mengaktifkan aplikasi tersebut jika ingin menggunakannya. Anda juga bisa memilih untuk menggunakan aplikasi pengganti yang serupa.

2. Atur Kecerahan Layar

Kecerahan layar yang maksimal juga menjadi salah satu penyebab baterai ponsel menjadi boros. Jika Anda sedang di luar ruangan, biasanya Anda akan menggunakan kecerahan maksimal. Namun hal ini justru membuat baterai ponsel menjadi cepat habis. 

BACA JUGA:  Sering Terjadi! Penyebab Baterai Laptop Menjadi Panas

Kecerahan tersebut dapat mempengaruhi kinerja ponsel dan aplikasi. Jadi jika Anda tidak ingin mengaturnya secara manual, lebih baik gunakan fitur otomatis pada kecerahan layar ponsel. Dengan begitu, ponsel akan menyesuaikan kecerahannya saat Anda membuka ponsel di luar maupun dalam ruangan.

3. Mematikan GPS Saat Tidak Digunakan

Menggunakan GPS dalam waktu yang lama juga dapat membuat baterai ponsel cepat habis dan baterai menjadi panas. Lebih baik Anda menggunakan GPS maksimal 2 jam kemudian mematikannya agar daya ponsel tidak cepat habis. 

Namun jika Anda memerlukan GPS dalam waktu lama, lebih baik ganti penggunaan data seluler dengan WiFi agar lebih hemat baterai. Jika Anda menggunakan data seluler dan GPS secara bersamaan dalam waktu lama, Anda juga bisa menghabiskan daya baterai 2 kali lebih cepat.

4. Matikan Bluetooth, Data, WiFi Saat Tidak Digunakan

Matikan fitur-fitur atau layanan ponsel yang tidak digunakan, terutama data atau WiFi. Lebih baik Anda menghidupkan mode pesawat agar baterai ponsel menjadi hemat. Jika Anda menghidupkan mode pesawat saat tidak digunakan, ponsel menjadi dingin karena tidak menggunakan latar belakang dan menjadi lebih hemat baterai. 

5. Aktifkan Dark Mode

Saat mengaktifkan dark mode, baterai ponsel akan lebih hemat karena latar belakang tidak menyala. Jika kecerahan layar menjadi dark mode, maka daya yang diperlukan pun semakin sedikit. Namun jika Anda tidak memiliki fitur dark mode dalam ponsel, Anda bisa melewatkan cara ini.

6. Gunakan Wallpaper Biasa

Jika fitur dark mode tidak ada, Anda bisa memilih untuk menggantikan wallpaper. Jika Anda menggunakan wallpaper animasi bergerak, daya baterai yang digunakan akan semakin banyak. Lebih baik ganti wallpaper dengan satu warna atau gambar biasa saja. 

BACA JUGA:  Mudah! Cara Merawat Kucing Domestik atau Kucing Kampung

7. Cas Ponsel Dengan Benar

Lebih baik Anda gunakan ponsel dalam waktu yang cukup dan cas ponsel dengan benar. Cara menghemat baterai ponsel yang satu ini adalah yang paling penting untuk diterapkan setiap harinya. Lebih baik Anda cas saat baterai ponsel sudah mencapai 30%. Jadi jangan sampai Anda membiarkan ponsel tetap menyala sampai 0% atau sampai ponsel mati sendiri.