memulai bisnis laundry

cara memulai bisnis laundry

Mudahnya mendapatkan informasi di jaman digital, membuat banyak orang tidak lagi kesulitan untuk membuka sebuah sebuah usaha. Informasi mengenai cara untuk memulai usaha sudah tidak lagi menjadi rahasia.

Membuka Usaha sangat diperlukan dan di haruskan. Lapangan pekerjaan yang kurang dan banyaknya pencari kerja yang tidak seimbang membuat meningkatnya angka pengangguran. Dengan memiliki usaha, bukan saja membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran, usaha juga akan memiliki banyak dampak positif.

Selain sabagai jalan untuk menghasilkan pundi-pundi uang, dengan memiliki usaha kita juga dapat menciptakan finansial yang lebih sehat. Dengan memanfaatkan peluang yang ada, banyak usaha yang dapat kita ciptakan. Misalnya saja, dengan melihat kondisi jaman yang kekinian, banyak anak muda yang menghabiskan waktunya untuk pergi ke café. Dengan begini kita bisa membuka kedai kafe. Atau dengan kesibukan yang padat, terutama di kota-kota besar, kita bisa membuka usaha laundry.

Mencuci terlihat sangat sepele, namun pada kenyataannya mencuci sangat melelahkan dan menghabiskan waktu. Diwaktu yang penuh padat dengan berbagai macam kegiatan, mencuci menjadi sesuatu yang bisa saja terbengkalai. Dengan adanya usaha laundry, kegiatan mencuci ini akan sangat terbantu.

Hal yang perlu disiapkan saat membuka usaha laundry

Membuka usaha laundry juga membutuhkan persiapan. Mengingat semua usaha memiliki resikonya masing-masing. Untuk meminimalisir resiko yang ada, inilah beberapa poin yang perlu diperhatikan sebelum membuka usaha laundry.

  1. Harga

Mengenali harga pasaran untuk laundry sangat diperlukan. Harga pasaran untuk laundry biasanya dihitung per kg. harga pasaran ini akan dibarengi dengan target pasar laundry.

BACA JUGA:  Cara Berjualan Frozen Food Mudah Untung dan Modal Kecil

Untuk bersaing secara sehat dengan pengusaha laundry lain, ada baiknya agar tidak mematikan harga pasaran. Mematikan harga pasaran juga akan mempersulit pengusaha. Misalnya saja begini, usaha laundry A sudah banyak dikenal orang dengan harga 5000/kg. Padahal harga pasaran harga laundry adalah 7000/kg. usaha Laundry A juga sudah memiliki banyak pelanggan. Ketika semua harga listrik dan air naik, laundry A akan sulit untuk menaikkan harga. Dan dampaknya, bisa saja customer memilih laundry lain.

  1. Lokasi

Mencari lokasi yang strategis untuk sebuah usaha laundry juga harus dilakukan. Fokus lokasi untuk usaha laundry ini bukan hanya berfokus pada tempat yang ramai dan di pinggiran jalan. Lokasi dengan biaya air dan listrik murah juga dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum  membuka usaha laundry. Hal ini karena dalam membuka usaha laundry elemen yang paling penting adalah air dan listrik.

  1. Target pasar

Setelah menemukan lokasi yang tepat, kemudian tentukan target pasar. Target pasar ini biasanya yang akan menentukan harga jasa laundry. Target pasar biasanya juga berkaitan langsung dengan lokasi laundry berada.

Misalnya saja laundry yang ada di tengah perumahan. Tentu saja target pasarnya penduduk sekitar perumahan.

  1. Pemasaran

Mengiklankan atau mempromosikan laundry adalah satu cara agar laundry cepat berkembang. Iklan laundry dapat dilakukan secara offline dan online.

Membuat banyak brosur adalah salah satu contoh iklan laundry offline. Dengan membagikan brosur, banyak orang akan mengenali usaha laundry kita. Cara ini cukup efektif. Misalkan saja kita membagikan 100 buah brosur, pasti akan ada 1-10 orang yang akan datang.

Memanfaatkan sosial media untuk mengiklankan laundry juga sangat efektif. Selain tidak menggunakan biaya, di sosial media kita dapat menjangkau lebih banyak orang.

BACA JUGA:  Memulai bisnis ekspedisi, anti gagal !

Pemasara lebih detail juga dapat dilakukan. Seperti misalnya membuat paket promo untuk laundry. Kemudian memberikan pelayanan dengan jasa antar jemput. Dan lain sebaginya.

Kesimpulan

Memiliki usaha laundry sangat menguntungkan jika kita bisa memanfaatkan peluang. Meskipun begitu, butuh perhitungan yang tepat sebelum membukan usaha laundry. Lokasi akan menjadi poin yang penting. Lokasi laundry dapat menjadi penentu harga dan target pasar usaha laundry. Dan pemasaran yang tepat akan memberikan lebih banyak  keuntungan.