Instagram/gilly_pet_supplies

Cara Membuka Usaha Petshop, Peluang Usaha Untuk Pecinta Hewan Peliharaan!

Cara Membuka Usaha Petshop, Peluang Usaha Untuk Pecinta Hewan Peliharaan!

Instagram/gilly_pet_supplies

Sumber: instagram/gilly_pet_supplies

 

Peluang usaha untuk pecinta hewan peliharaan yang paling tepat adalah membuka Petshop. Peluang usaha Petshop sangat menguntungkan jika Anda mengelolanya dengan tepat. Anda bisa memulai dengan menghitung modal, keuntungan, menyiapkan tempat dan mencari supplier yang tepat. Kemudian Anda dapat menetapkan tarif yang cukup namun menguntungkan.

Modal Bisnis Usaha Petshop

Modal yang diperlukan untuk memulai usaha Petshop lumayan terjangkau. Biasanya sekitar 12 juta rupiah, tergantung apakah Anda menyewa tempat untuk memulai bisnis Petshop. Anda bisa memulai bisnis tersebut dari rumah, jadi Anda bisa berjualan secara online maupun membuat Petshop di dalam rumah.

Modal 12 juta tersebut diperlukan untuk membeli bahan-bahan keperluan Petshop. Seperti kandang dengan berbagai model dan ukuran, makanan hewan dengan berat, jumlah dan merek yang berbeda-beda. Kemudian vitamin, obat-obatan hewan peliharaan, shampoo khusus hewan, aksesoris dan keperluan lainnya untuk toko, misalnya banner.

Sementara itu, untuk modal atau biaya operasional per bulannya adalah sekitar 5-7 juta rupiah. Jika Anda memiliki karyawan maka Anda perlu mengeluarkan sekitar 1-2 juta perbulan tergantung berapa banyak karyawan yang Anda miliki. Kemudian untuk biaya perawatan hewan biasanya sekitar Rp 1.500.000. 

Untuk biaya lain-lain bisa sekitar 1 juta lebih jika Anda ingin memberikan berbagai aksesoris dan fasilitas di dalam Petshop. Misalnya lonceng masuk, sofa, AC atau kipas, kursi, meja, banner dan aksesoris toko atau fasilitas lainnya.

Keuntungan Bisnis Usaha Petshop

Setelah Anda menyiapkan modal dan daftar kebutuhan yang diperlukan. Anda bisa menghitung rata-rata keuntungan yang mungkin didapatkan per bulannya. Jadi Anda sudah mempersiapkan semuanya dengan baik untuk meminimalisir kerugian.

BACA JUGA:  cara memulai bisnis laundry

Pendapatan yang bisa Anda dapatkan untuk pelayanan penitipan hewan peliharaan seperti kucing dan anjing bisa sekitar 50 ribu per hari untuk satu hewan. Maka jika Anda mendapatkan 10 hewan setiap hari ini dititipkan selama satu hari, Anda bisa mendapatkan keuntungan sampai 500 ribu rupiah. 

Untuk keuntungan perawatan hewan seperti salon, pengobatan, menghilangkan kutu, Anda bisa mendapatkan sekitar 6 juta per bulannya. Keuntungan tersebut didapatkan jika Anda memiliki sekitar 90 pelanggan untuk perawatan hewan peliharaan per bulannya.

Jika Anda ingin menjumlahkan seluruh keuntungan bersama dengan keuntungan berjualan makanan, obat dan aksesoris kucing. Setiap bulannya Anda bisa mendapatkan laba kotor sekitar 17 juta rupiah setiap bulan. Tentu saja keuntungan tersebut sangatlah besar untuk para pecinta hewan.

Cara Membuka Bisnis Usaha PetShop

Lalu, bagaimana cara membuka usaha Petshop? Anda bisa melakukannya dengan menentukan lokasi Petshop terlebih dahulu. Anda bisa memilih untuk menyewa tempat ataupun memilih rumah Anda sendiri sebagai tempat usaha Petshop tersebut untuk mengurangi biaya sewa tempat.

Jika tempat Anda strategis, maka keuntungan dan jangkauan yang didapatkan bisa lebih banyak dan luas. Anda bisa menawarkan jasa yang ditulis dalam sebuah banner yang ditempatkan di luar Petshop untuk memudahkan orang melihat layanan yang Anda berikan. Semakin lengkap pelayanan yang tersedia, maka semakin besar pula minat konsumen pada Petshop Anda.

Langkah yang paling penting sebelum memulai bisnis Petshop adalah mengurus izin membangun usaha Petshop. Hal ini bertujuan agar tempat Anda aman dan dinilai terjamin bagi semua orang. Kemudian, Anda hanya perlu mencari supplier yang tepat, memberikan harga yang sesuai dan memasarkan Petshop Anda. 

Peluang usaha Petshop akan terasa mudah untuk pecinta hewan. Bahkan keuntungan yang didapatkan juga besar, jadi Anda bisa balik modal dalam waktu yang dekat. Anda bisa membuat strategi promo pada awal-awal pembukaan Petshop.

BACA JUGA:  Peluang Usaha Bensin Eceran: Modal, Keuntungan dan Tipsnya