Cara Membuat Masker Wajah Dari Buah Beserta Manfaatnya

Cara Membuat Masker Wajah Dari Buah Beserta Manfaatnya

Selain masker yang mengandung serum, nyatanya masker wajah dari buah juga sangat berpengaruh besar bagi kesehatan kulit wajah Anda. Jadi Anda juga bisa langsung memanfaatkan masker wajah ini untuk melakukan rutinitas skincare yang tidak membutuhkan modal besar.

Daftar Buah yang Baik Untuk Kulit Wajah

Ada banyak jenis atau pilihan buah yang bisa dijadikan masker. Semua buah ini bisa sangat membantu menyehatkan kulit wajah dan tidak perlu membeli masker wajah yang mahal atau terbuat dari bahan kimia. Berikut buah yang bisa jadi masker wajah yang paling bagus.

1. Buah Pepaya

Pertama ada buah yang kaya manfaat seperti buah pepaya menjadi buah yang memiliki banyak vitamin A dan enzim papain yang berguna sebagai alat eksfoliasi alami terbaik.

Cara membuat masker wajah dari buah pepaya sama seperti buah lain. Akibatnya wajah Anda akan menjadi lebih cerah dan sel-sel kulit mati akan hilang. 

2. Buah Alpukat

Salah satu buah yang banyak disukai sebagai camilan atau campuran makanan ini juga memiliki kandungan yang sangat berguna untuk kulit wajah. Seperti bisa menunda penuaan dini, memperbaiki kerusakan kulit dan melawan radikal bebas. Buah alpukat bisa melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi.

3. Buah Pisang

Sebagai buah yang kaya akan vitamin C dan B6, buah pisang mampu merangsang kulit wajah untuk menghasilkan kolagen yang sangat baik untuk kulit. Cara membuat masker wajah dari buah pisang bisa langsung Anda praktekkan dengan mudah dan mencampurnya dengan bahan apapun.

BACA JUGA:  Cara Menghemat Baterai Ponsel Agar Tidak Boros dan Cepat Panas

4. Buah Tomat

Untuk buah yang bisa disebut sayuran ini juga bisa membantu kulit menjadi lebih sehat dan lembab. Buah tomat bisa menunda penuaan, mengecilkan pori-pori dan melindungi dari sinar UV. Buah ini juga bisa menghilangkan jerawat beserta bekasnya dengan cepat.

5. Buah Lemon

Kemudian buah selanjutnya adalah lemon yang kaya asam yang membantu untuk mengecilkan jerawat dan membantu kulit tumbuh lebih cerah. Air lemon juga mampu menghilangkan bekas jerawat yang susah hilang. Cara membuat masker wajah dari buah lemon bisa Anda campurkan dengan buah lain agar lebih padat. 

6. Buah Mentimun

Terakhir ada buah mentimun yang sangat bagus untuk melembabkan dan melembutkan kulit wajah. Buah ini bisa membersihkan pori-pori dan mengecilkannya agar kulit menjadi lebih sehat dan cerah. Anda bisa langsung merasa segar saat menggunakan buah mentimun sebagai masker wajah.

Sementara itu, cara membuat masker wajah dari buah timun sangat sederhana. Anda bisa langsung potong buah timun dan oleskan pada wajah atau blender bagian daging buah timun untuk menjadi masker wajah. Anda tidak perlu mencampurkan air.

Cara Membuat Masker Wajah Dari Buah

Sebenarnya sangat mudah untuk membuat masker wajah sendiri menggunakan buah-buahan yang ada dalam daftar tadi. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah mudah berikut ini.

  1. Cuci bersih buah dan potong kecil-kecil.
  2. Haluskan buah menggunakan sendok atau blender.
  3. Campur dengan air mawar, madu, air mineral, lemon, sesuai keinginan.
  4. Ratakan adonan masker pada wajah menggunakan spatula khusus masker wajah atau menggunakan bagian belakang sendok.
  5. Bilas setelah kering atau sekitar 15-20 menit (jangan terlalu lama).
  6. Bilas menggunakan air hangat dan keringkan wajah menggunakan tisu atau handuk yang bersih.
BACA JUGA:  Manfaat dan Cara Membuat Masker Kopi Paling Mudah

Anda bisa mengganti buah atau campurannya jika Anda merasakan sensasi panas atau tidak nyaman pada kulit wajah dan memunculkan ruam. Cara membuat masker wajah yang benar akan mempengaruhi hasil yang Anda dapatkan.