Cara Membuat Bulu Kucing Tidak Rontok

Cara Membuat Bulu Kucing Tidak Rontok

Cara membuat bulu kucing tidak rontok sebenarnya simpel. Anda bisa langsung melakukan konsultasi atau ke tempat perawatan kucing, bisa juga melakukan perawatan secara mandiri di rumah. Biaya untuk melakukan perawatan bulu kucing sebenarnya tidak terlalu mahal, namun Anda bisa belajar dengan melakukan perawatan secara mandiri.

Daftar Cara Membuat Bulu Kucing Tidak Rontok

Banyak penyebab bulu kucing menjadi rontok, salah salah satunya adalah jamur dan parasit. Biasanya seperti tungau atau kutu yang banyak dan sudah lama tidak dibersihkan dari bulu kucing. Biasanya alergi kutu akan memicu rontok pada bulu kucing, baik kucing kampung atau ras.

Cara membuat bulu kucing tidak rontok bisa Anda mulai dengan menggunakan daftar cara berikut ini. Anda bisa melakukan semua caranya secara rutin atau memilih untuk bertahap dalam seminggu atau satu bulan sekali. Jika bulu kucing masih rontok walaupun sudah melakukan perawatan berikut, periksakan ke dokter hewan langsung.

1. Sisir atau Sikat Bulu Kucing

Cara yang paling mudah agar menghilangkan bulu kucing yang rontok adalah menyisir bulunya dengan rutin. Anda juga bisa langsung menghilangkan kotoran pada bulu kucing. Hal ini juga akan menghilangkan kutu atau telur kutu yang menempel secara perlahan.

Anda bisa menggunakan sisir khusus kucing atau memilih untuk menggunakan sisir yang bisa Anda gunakan secara rutin dalam seminggu sekali atau setiap hari. Jika bulunya semakin banyak yang rontok setiap harinya, Anda bisa melakukan perawatan atau cara membuat bulu kucing tidak rontok yang berikutnya.

BACA JUGA:  Cara Berjualan Frozen Food Mudah Untung dan Modal Kecil

2. Memandikan Kucing 

Cara untuk memandikan kucing sangat mudah dan Anda bisa langsung mempraktekkannya nanti. Pastikan Anda hanya memandikan kucing menggunakan air hangat sebulan sekali menggunakan shampo. Dengan memandikan kucing, Anda bisa menghilangkan kotoran dan bulu rontok pada kucing.

3. Berikan Makanan Anti Hairball

Untuk memastikan kucing tidak mengalami kerontokan pada bulu dan memiliki hairball yang pasti sangat mengganggu Anda. Bulu rontok ini berkurang atau bahkan hilang hanya melalui makanan yang kaya akan gizi yang baik bagi kucing. Tenang saja, ada makanan kucing dengan harga murah dan ada yang mahal.

Anda bisa mengubah makanan kucing menjadi makanan dengan nutrisi seimbang. Seperti omega-3 dan omega-6. Anda bisa memilih untuk membeli makanan merek Me-O atau Royal Canin dan makanan kucing sejenisnya. Dengan rutin memberikan makanan Anti hairball ini Anda bisa langsung melihat hasilnya dengan cepat.

4. Pastikan Kucing Terhidrasi

Jika kucing merasa haus terlalu sering, hal ini juga bisa berakibat pada kerontokan bulu kucing. Jadi Anda harus menjaga agar kucing selalu terhidrasi dan tidak kekurangan cairan yang menyebabkan bulu rontok.

Cara membuat bulu kucing tidak rontok yang satu ini tentu saja sangat mudah karena bisa Anda lakukan kapan saja tanpa perlu membelinya. Pastikan juga air mineral bersih dan jangan biarkan kucing minum di sembarang tempat.

5. Jangan Buat Kucing Stress

Biasanya karena kucing mengalami stress, bulunya akan menjadi rontok lebih cepat. Hal ini juga akan membuat mood kucing selalu berubah-ubah dan menyebabkan kucing menjadi sakit. Jika kucing sakit, bulunya akan lebih sering dan mudah untuk rontok. Pastikan tempat tinggalnya selalu nyaman dan membuat kucing tenang.

BACA JUGA:  Resep dan Cara Membuat Jus Wortel Untuk Kesehatan Mata

6. Periksakan ke Dokter Hewan

Cara membuat bulu kucing tidak rontok adalah dengan memeriksakannya ke dokter hewan. Pertama Anda bisa memastikan dulu apakah kucing Anda memiliki penyakit yang menyebabkan bulu rontok. Kemudian Anda bisa langsung mengatasinya dengan benar melalui dokternya langsung secara aman.