Cara Memandikan Kucing Agar Nurut

Cara Memandikan Kucing Agar Nurut

Cara memandikan kucing memang tidak mudah untuk beberapa jenis kucing walaupun itu kucing domestik maupun ras. Anda bisa dengan mudah melatih kucing untuk tetap diam dan menurut saat sedang Anda mandikan. Dengan begitu Anda tidak akan terkena cakarnya setiap kali memandikan kucing.

Daftar Cara Memandikan Kucing

Syarat utama sebelum memandikan kucing adalah menentukan waktu mandi. Jadi Anda tidak boleh memandikannya pada malam hari karena akan sangat beresiko kucing kedinginan. Dengan begitu maka kucing akan lebih sering sakit karena kedinginan.

1. Tentukan Waktu Mandi

Cara memandikan kucing yang pertama adalah dengan menentukan waktu tepat untuk mandi. Bisa menurut jam dan rutinitasnya. Sebaiknya Anda memandikan kucing hanya dalam kurun waktu 3-6 Minggu sekali.

Jangan terlalu sering memandikan kucing, hal ini justru tidak akan baik bagi kesehatannya dan ketahanan tubuh kucing. Jadi pastikan Anda mengingat kapan terakhir kali atau mulai kapan Anda ingin memandikan kucing secara rutin.

2. Potong Kuku Kucing

Anda bisa memotong kuku kucing namun hanya pada kucing ras saja. Jika Anda memiliki kucing domestik, sebaiknya Anda jangan memotong kukunya karena tidak akan baik bagi insting berburu kucing yang sangat aktif. 

Jika Anda sudah melakukan potong kuku, maka cara memandikan kucing selanjutnya adalah mulai menyiapkan peralatan mandi. Kegunaan memotong kuku adalah agar Anda tidak mendapatkan resiko cakaran saat kucing tidak mau menurut.

BACA JUGA:  Sering Terjadi! Penyebab Baterai Laptop Menjadi Panas

3. Siapkan Peralatan Mandi Kucing

Cara memandikan kucing yang paling wajib Anda lakukan sebelum memulai memandikan kucing tentunya dengan menyiapkan peralatan mandinya. Ada beberapa peralatan mandi untuk kucing yang mudah Anda dapatkan dan Anda gunakan saat memandikan kucing.

Pertama yaitu wadah atau ember, air hangat (suam-suam kuku), kemudian gayung untuk memandikan atau bisa juga menggunakan selang atau semprotan air hangat. Selanjutnya adalah shampoo khusus kucing, handuk bersih.

Selanjutnya Anda bisa menggunakan pengering rambut atau hanya menggunakan handuk saja. Selanjutnya Anda bisa sambil membawa mainan kucing agar kucing tidak merasa takut dan mandi dengan senang bersama mainannya.

4. Mandikan Kucing Sambil Bermain

Anda bisa memulai cara memandikan kucing dengan mengajaknya bermain kemudian mengelusnya dengan lembut. Kemudian siram kucing perlahan menggunakan air hangat. Pijat kucing secara perlahan agar menjadi rileks dan tidak memberontak.

Berikan kucing shampoo dan jangan sampai terkena mata atau masuk ke hidung dan mulut kucing. Jika kucing mengeong keras karena shampoo mengenai mata, maka bilas cepat sebelum kucing memberontak lari dan semakin merasa pedih.

5. Bilas Tubuh Kucing

Jika sudah sekitar 3 menit, Anda bisa langsung membilas tubuh kucing dengan air hangat secara perlahan. Namun sebelum itu, Anda juga bisa membersihkan bagian telinga kucing dengan baik dan perlahan.

Mulai dari wajah kemudian seluruh tubuh dengan bersih sambil Anda gosok-gosok perlahan. Jika tidak bersih, maka shampoo yang mengering bisa beresiko menyebabkan penyakit pada bulu dan kulit kucing.

6. Keringkan Kucing Dengan Handuk

Setelah selesai membilas tubuh kucing sampai bersih. Anda harus segera memberikan handuk dan menggosokkan ke tubuh kucing perlahan. Cara memandikan kucing yang satu ini harus segera Anda lakukan agar kucing tidak merasa kedinginan.

BACA JUGA:  Cara Menghemat Baterai Ponsel Agar Tidak Boros dan Cepat Panas

Jika langit cerah, biarkan kucing berjemur namun ketika mendung Anda bisa menggunakan pengering rambut dan berikan tempat yang hangat untuk kucing. Anda bisa lanjut melakukan cara memandikan kucing seperti ini setiap beberapa minggu sekali saja.