Instagram/king_seblak

Bisnis Mudah Untuk Anak Muda, Peluang Usaha Seblak

Bisnis Mudah Untuk Anak Muda, Peluang Usaha Seblak

Instagram/king_seblak

Sumber: instagram/king_seblak

 

Bisnis peluang usaha seblak memang sangat cocok untuk kalangan anak muda ataupun pengantin baru. Bahkan peluang usaha ini hanya memerlukan modal yang lebih sedikit daripada modal untuk usaha berjualan makanan lain. Terlebih lagi peminat makanan seblak sangat banyak, entah itu di desa maupun di kota.

Modal Peluang Usaha Seblak

Untuk memulai bisnis usaha seblak, Anda perlu menyiapkan modal sekitar 5 juta rupiah saja. Modal ini juga bisa bertambah jika Anda ingin menyewa tempat untuk berjualan. Namun Anda bisa menggunakan gerobak seblak untuk memulai bisnis ini untuk pertama kalinya.

Biaya tetap per bulannya juga bisa berubah-ubah tergantung harga bahan baku yang akan naik atau turun. Untuk biaya bahan baku, jumlahnya sekitar 2 juta rupiah. Sementara untuk biaya operasionalnya juga sekitar 2 juta rupiah. Biaya operasional memuat harga gerobak, piring, kompor, sendok, pisau, gas, dan lainnya.

Keuntungan Peluang Usaha Seblak 

Keuntungan yang Anda dapatkan dari berjualan seblak lumayan menjanjikan. Apalagi jika seblak yang Anda buat sangat enak dan disukai banyak orang. Maka konsumen akan terus kembali dan merekomendasikannya untuk orang lain. Selain itu, Anda juga perlu menyediakan pelayanan yang baik untuk pelanggan.

Pendapatan atau keuntungan per bulan dari berjualan seblak juga berbeda-beda. Tergantung dari harga yang Anda tetapkan serta dari jumlah pembeli yang datang setiap harinya. Rata-rata pendapatan bisnis makanan seblak adalah sekitar 4 juta per bulan, untuk 20 porsi seblak dengan harga 7 ribu rupiah. 

BACA JUGA:  Cara Singkat Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami

Keuntungan akan lebih besar jika Anda menaikkan harganya. Misalnya Anda menjual seblak dengan berbagai rasa dan menu dengan harga 10 ribu sampai 20 ribu. Maka keuntungan yang Anda dapatkan bisa mencapai 10 juta lebih. Anda juga bisa menghitung jumlah keuntungan bersih dengan mengurangkannya dengan modal operasional.

Tips Memulai Bisnis Makanan Seblak

Berjualan seblak memang terlihat mudah, namun Anda juga perlu memiliki strategi tersendiri untuk menghadapi saingan maupun memperluas jangkauan konsumen. Berikut tips yang bisa Anda gunakan saat memulai usaha makanan seblak.

1. Tentukan Lokasi Usaha yang Strategis

Memilih tempat usaha memang sedikit sulit, namun Anda perlu menyiapkan modal tambahan untuk menyewa tempat. Jadi lebih baik Anda berjualan di sekitar tempat tinggal atau di depan rumah. Jika Anda ingin berkeliling menggunakan gerobak, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang berbeda.

2. Berinovasi

Melakukan inovasi merupakan hal yang wajib bagi pebisnis. Pentingnya inovasi bagi bisnis adalah bisa mendatangkan keuntungan yang lebih besar. Contohnya jika Anda menambahkan variasi menu untuk seblak atau memberikan tarif promo yang menggiurkan.

3. Menyediakan Jasa Delivery

Jasa delivery sangat populer akhir-akhir ini untuk para penjual makanan. Alasannya karena banyak dari konsumen yang tidak memiliki waktu untuk datang ke tempat Anda untuk membeli atau untuk makan di tempat. Jadi dengan menyediakan jasa delivery untuk bisnis makanan seblak, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi. 

Jika Anda juga tidak memiliki waktu atau orang yang bisa mengantarkan makanan ke pembeli. Anda bisa memanfaatkan aplikasi jasa antar seperti itu, Anda juga bisa berjualan melalui aplikasi online serupa agar lebih banyak konsumen yang mengetahui produk makanan dan menu yang Anda miliki.

BACA JUGA:  Bagaimana Cara Mengatasi Baterai Laptop Panas Dengan Mudah

4. Menjual Seblak Instan

Anda bisa tawarkan seblak instan buatan Anda sendiri. Seblak instan bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan karena bisa dibuat kapan saja dengan mudah. Jadi konsumen tidak perlu langsung memakan seblak yang sudah jadi untuk menghindari makanan dingin.