Besok Lebaran! Tanggal Pasti Hari Raya Idul Fitri 2022 Untuk NU dan Muhammadiyah

Besok Lebaran! Tanggal Pasti Lebaran 2022 Untuk NU dan Muhammadiyah

Pertanyaan tentang kapan lebaran tahun 2022 sepertinya adalah yang paling banyak dicari saat ini. Anda bisa melihat tinggalnya melalui kalender atau melalui berita. 

Namun Anda juga perlu memastikan tanggal yang benar untuk lebaran NU dan Muhammadiyah. Seperti yang Anda tahu waktu puasa dan lebaran keduanya berbeda beberapa hari. Jadi Anda tidak boleh salah hari saat merayakan lebaran.

Perbedaan Aliran NU dan Muhammadiyah

Kedua aliran ini ada dalam satu agama, yaitu Islam. Namun terdapat banyak perbedaan yang bisa Anda lihat dari keduanya. Entah itu saat menjalankan ibadah atau hal lain yang berhubungan dengan acara besar atau kecil.

Nahdlatul Ulama atau NU dan Muhammadiyah merupakan aliran dakwah Islam yang paling populer. Sementara itu masih ada banyak aliran serupa yang sebenarnya tidak jauh berbeda, hanya saja memiliki nama yang berbeda.

Terdapat tradisi, peraturan, dan kegiatan dalam Islam yang sedikit berbeda. Anggota dari aliran Islam NU dan Muhammadiyah juga sangat banyak dan dipandang besar oleh masyarakat beragama Islam.

Apalagi Anda bisa menemukan banyak sekali sekolah dan universitas Muhammadiyah yang sudah menyebar ke seluruh wilayah Indonesia, khususnya Jawa. Dengan adanya sekolah swasta Muhammadiyah, ajaran dari aliran ini akan semakin kuat dan luas.

1. Perbedaan Sejarah NU dan Muhammadiyah

NU berdiri pada 31 Januari 1926, tempat berdirinya adalah wilayah Surabaya. Pendirinya bernama KH. Hasyim Asy’ari yang memiliki gagasan keagamaan yang mengedepankan prestasi ideologi dan modernisme agama Islam.

BACA JUGA:  Kabar Baik Untuk Para Pemudik! PPKM Seluruh Indonesia Berakhir Hari Ini

Sementara Muhammadiyah berdiri pada 18 November 1912, lebih awal daripada NU. Pendirinya bernama KH. Ahmad Dahlan yang memiliki ajaran Islam dengan mengedepankan tatanan sosial, pribadi dan pendidikan.

2. Perbedaan Faham Keagamaan NU dan Muhammadiyah

Faham dari NU memiliki perbedaan yang cukup signifikan, apalagi saat melakukan kegiatan ibadah. 

  • Nahdlatul Ulama

Membaca doa Qunut, membaca sholawat setelah Adzan, dan sholat tarawih minimal 20 rakaat. Kemudian saat mengawali niat sholat harus ada kalimat “ushalli” kemudian mengawali niat puasa dengan kalimat “nawaitu sauma ghadin” dan mengawali doa sebelum wudhu dengan kalimat “wudu’a lirafil hadats”.

Memiliki kegiatan seperti tahlilan atau selamatan, membaca dzikir setelah sholat, perlu 2 kali adzan saat sholat Jum’at, menyebut nabi dengan sebutan “sayyidina Muhammad”. Selain itu NU juga melakukan shalat Ied di masjid secara berjamaah.

  • Muhammadiyah

Sedangkan Muhammadiyah bisa dibilang kebalikan dari NU. Seperti tidak membaca doa Qunut, tidak membaca sholawat setelah adzan, melakukan tarawih 8 rakaat, niat sholat Dan doa wudhu tidak memiliki kalimat awalan seperti NU.

Muhammadiyah juga tidak melakukan kegiatan tahlilan ataupun selamatan. Saat adzan subuh tidak menambahkan kalimat “Ashalatu Khairun minan naum” dan adzan Jum’at hanya 1 kali.

Sholat Ied akan dilakukan di lapangan luas dan tidak perlu menggunakan kata “sayyidina” saat menyebut nabi Muhammad.

Tanggal Pasti Lebaran 2022 Untuk NU dan Muhammadiyah

Lalu kapan sebenarnya tanggal pasti Lebaran 2022 untuk NU dan Muhammadiyah? Anda bisa mendapatkan jawaban pastinya melalui berita resmi dari pemerintah atau kementrian keagamaan Indonesia.

Sementara itu, perkiraan pasti untuk tanggal lebaran adalah pada tanggal 2 Mei 2022. Tanggal ini sudah ditetapkan oleh pemerintah Muhammadiyah yang menyatakan bahwa 1 Syawal 1442 H sudah pasti jatuh pada hari Senin tanggal 2 Mei besok.

BACA JUGA:  Kinder Joy Tidak Dijual Lagi? Perkirakan Mengandung Bakteri Salmonella

Dengan kata lain, NU biasanya memiliki selisih 1-3 hari jika dibandingkan dengan Muhammadiyah. Maka waktu lebaran 2022 untuk NU adalah tanggal 2-3 Mei 2022 atau besok.

Jawaban untuk tanggal pasti Lebaran 2022 NU dan Muhammadiyah adalah tanggal yang sama, yaitu 2 Mei 2022 atau Senin besok.