Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Ponsel Panas

Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Ponsel Panas

Seringkali ponsel Anda pasti menjadi panas setelah beberapa saat digunakan. Sebenarnya sumber panas tersebut berasal dari baterai ponsel. Terdapat sebab yang berbeda-beda kenapa baterai ponsel Anda bisa panas. Namun Anda juga bisa mengatasinya dengan mudah agar ponsel tidak cepat panas kemudian menjadi rusak.

Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Ponsel Panas

Ponsel Anda bisa memiliki penyebab yang berbeda saat menjadi panas. Anda mungkin bisa merasakan panas yang sedikit atau panas yang sampai menyengat kulit Anda. Bukan hanya pada bagian baterai, namun baterai yang panas juga bisa menyebabkan seluruh bagian ponsel menjadi panas.

1. Baterai Bermasalah atau Rusak

Gejala yang paling banyak dialami adalah baterai mengalami masalah atau sudah rusak. Jika baterai mengalami kebocoran, maka daya baterai akan cepat habis dan ponsel akan menjadi panas karena bekerja ekstra menggunakan baterai yang rusak. Jika baterai rusak diperbaiki, ada kemungkinan baterai akan rusak kembali dalam waktu dekat.

Gejala baterai rusak biasanya ditandai dengan baterai yang menggembung. Jadi bagian baterai pada ponsel akan membesar bahkan ada yang sampai merusak bagian penutup ponsel. Jika baterai sudah terlihat menggelembung, sebaiknya Anda segera mengganti baterai ponsel atau membeli ponsel yang baru. Anda perlu berhati-hati karena ada kemungkinan baterai ponsel bisa meledak.

BACA JUGA:  Cepat Kaya! Cara Sukses Mudah Dengan Menjauhi Kebiasaan Ini

2. Bug pada Aplikasi

Menggunakan aplikasi yang memiliki bug di dalamnya akan membuat Anda menghabiskan daya baterai lebih cepat. Sistem yang bermasalah akan menggunakan daya yang besar sehingga baterai akan bekerja lebih keras secara terus-menerus. Jika hal ini sering terjadi, ponsel akan lebih cepat panas.

Error pada aplikasi juga menyebabkan baterai bekerja untuk berjalan pada latar belakang. Nantinya baterai akan bekerja terus karena aplikasi gagal terhubung ke server dalam waktu yang lama. Selain itu, aplikasi tersebut juga bisa memakan RAM yang besar. Jadi lebih baik Anda menguninstal aplikasi tersebut terlebih dahulu karena masih terdapat bug.

3. Sering Terkena Panas Matahari Langsung

Jika Anda memiliki aktivitas luar ruangan, hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab ponsel panas. Suhu matahari yang panas bisa membuat suhu pada ponsel menjadi panas. Suhu baterai yang panas karena mengoperasikan ponsel ditambah suhu matahari bisa membuat ponsel panas 3 kali lebih cepat. 

Anda juga perlu menghindari menaruh ponsel pada dasbor motor atau mobil. Mesin motor dan mobil yang panas juga bisa tersalur pada ponsel. Bahkan tak jarang ponsel bisa meledak karena panas matahari, mesin, dan ponsel itu sendiri yang bergabung menjadi satu.

4. Sering Bermain Game Online Dalam Waktu Lama

Jika Anda seorang gamer, Anda perlu memperhatikan waktu yang Anda dalam bermain game. Jika Anda terus bermain game online sampai berjam-jam tanpa henti, bahkan sampai baterai mencapai 30%-0% maka ponsel akan panas dan rusak dengan cepat.

5. Streaming Berjam-Jam

Melakukan streaming film ataupun nonton video di sosial media dalam waktu yang lama bisa membuat baterai ponsel Anda menjadi boros dan cepat panas. Sebaiknya Anda menghindari menggunakan aplikasi-aplikasi video dalam waktu yang lama. Berikan jeda yang cukup agar daya ponsel tetap normal. Aplikasi tersebut seperti YouTube, Netflix, Viu, Instagram, TikTok dan aplikasi lain.

BACA JUGA:  Rekomendasi Game Android Multiplayer Ringan

6. Charger Tidak ORI atau Rusak

Baterai ponsel yang dicas menggunakan charger palsu atau rusak akan membuat baterai panas. Misalnya Anda menggunakan charger Redmi pada ponsel Samsung atau menggunakan charger yang longgar dan terlihat kabelnya untuk mencharger ponsel. Anda juga tidak boleh menggunakan ponsel saat ponsel sedang dicas.