Berikut Cara Berhenti Merokok yang Ampuh

Berikut Cara Berhenti Merokok yang Ampuh

Cara berhenti merokok yang ampuh bisa Anda mulai dengan melakukan beberapa tahapan yang sederhana. Misalnya dengan melakukan aktivitas yang berbeda dari kegiatan Anda sebelumnya. Kemudian dengan begitu Anda akan mulai terbiasa dan bisa meninggalkan kebiasaan merokok sepenuhnya.

Daftar Cara Berhenti Merokok Terbaik

Rokok memiliki kandungan untuk membuat Anda kecanduan menggunakannya secara terus-menerus. Anda bisa melihat ada kandungan nikotin yang bisa sangat berbahaya dan memiliki dampak buruk. Efek kecanduan ini bisa Anda hilangkan perlahan dengan cara berikut ini.

1. Mengatur Suasana Hati

Dengan memiliki suasana hati yang baik, Anda akan lebih  bersemangat untuk melakukan aktivitas lain. Biasanya suasana hati saat stress akan membuat Anda jauh lebih sering merokok. Suasana hati yang buruk ini pun akan membuat Anda jauh lebih tidak ingin berhenti melakukan kegiatan merokok.

2. Kurangi Pemicu Kebiasaan Merokok

Cara berhenti merokok yang selanjutnya adalah dengan menghindari pemicu melakukan aktivitas buruk ini. Anda bisa menghindari kebiasaan yang memicu merokok misalnya seperti stress, pergaulan, kesepian dan lainnya.

Anda bisa mulai menjalani kebiasaan baru dengan lebih sering berkumpul dengan teman yang baik atau teman baru dengan pengaruh yang baik. Anda juga harus menghindari hal yang memicu stress atau meninggalkan pergaulan yang buruk.

3. Mengonsumsi Makanan Sehat

Ada banyak cara berhenti merokok, salah satu yang paling ampuh adalah makan makanan yang sehat. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran hijau yang matang sempurna. Anda juga bisa memilih untuk mengkonsumsi buah yang manis dan sayur yang matang bukan karena digoreng.

BACA JUGA:  Tanaman Hias yang Baik Untuk Kesehatan, Bisa Menyerap Racun di Udara!

Anda bisa mencoba mengkonsumsi makanan seperti daging, keju, sayur, atau salad sehat. Selain itu Anda juga bisa memilih untuk meminum air mineral, susu atau jus. Kemudian Anda juga bisa memilih buah-buahan manis yang tetap sehat seperti mangga, alpukat, semangka, dan lainnya dengan porsi cukup.

4. Berolahraga

Aktivitas berolahraga sangat baik dan sehat bagi tubuh, salah satunya juga berguna sebagai cara berhenti merokok yang paling ampuh. Anda juga bisa langsung merasa segar dan lebih santai, karena itulah Anda akan langsung mendapatkan suasana hati yang lebih bahagia juga.

Anda melakukan olahraga seperti bersepeda, berlari keliling rumah atau taman dan lapangan, basket atau olahraga kelompok lainnya. Bisa juga dengan olahraga ringan dalam rumah yang ikut menenangkan perasaan Anda seperti Yoga.

5. Mengunyah Permen Karet

Dengan mengkonsumsi camilan seperti permen karet setiap kali Anda tidak bisa menahan rasa ingin merokok dan bosan. Cara berhenti merokok menggunakan permen karet juga sangat ampuh dan lebih cepat mendapatkan hasilnya.

Nantinya Anda akan menggunakan kebiasaan baru dengan mengkonsumsi permen karet saat mulut terasa aneh tanpa rokok. Namun tetap saja Anda tidak boleh mengkonsumsi permen karet dalam jumlah berlebihan. Anda juga bisa menggantinya dengan permen biasa dari buah-buahan asli yang tahan lama.

6. Relaksasi

Selanjutnya Anda bisa melakukan relaksasi dalam tempat khusus relaksasi atau secara mandiri di rumah dan tempat wisata yang menenangkan seperti gunung, sungai, dan pantai.

Anda bisa duduk sambil melakukan semedi atau merilekskan bagian tubuh serta pikiran. Cara berhenti merokok dengan cara relaksasi akan membuat Anda jauh dari pikiran buruk.

Nanti Anda juga akan menjadi lebih santai dan tidak langsung menggunakan rokok hanya karena alasan sepele. Anda bisa mengajak orang yang sudah ahli atau teman yang tidak suka berisik untuk menemani sesi relaksasi Anda.

BACA JUGA:  Kandungan Dalam Rokok yang Memiliki Efek Berbahaya