Bahaya Rokok Untuk Wanita yang Wajib Diketahui

Bahaya Rokok Untuk Wanita yang Wajib Diketahui

Ada banyak sekali resiko atau bahaya rokok untuk wanita yang perlu Anda ketahui sebelum berpikir untuk menggunakannya. Anda juga harus segera menghentikan kebiasaan merokok agar tidak mengalami banyak bahaya bagi tubuh Anda.

Perempuan usia remaja, wanita dewasa atau renta, sampai wanita hamil memiliki resiko yang sangat besar untuk mengalami resiko-resiko berbahaya merokok. Bahkan WHO mencatat ada sekitar 200 lebih jiwa dengan jenis kelamin wanita seluruh dunia yang menjadi seorang perokok aktif. 

Angka ini tentunya sangat besar dengan usia rata-rata 25-44 tahun. Walaupun angka perokok perempuan remaja sedikit, saat ini jumlahnya juga mulai meningkat karena dianggap sebagai tren yang keren dalam kalangan pergaulan.

Daftar Resiko Bahaya Rokok Untuk Wanita

Bahaya Rokok untuk wanita sudah diketahui sebagian besar penggunanya. Jadi Anda juga belum tentu mengetahui dengan lengkap apa saja bahaya yang Anda bisa alami saat menggunakan rokok dalam jangka waktu pendek atau pun dekat.

1. Kanker Serviks

Tubuh bagian dalam pria dan wanita tentu saja berbeda, karena itulah resiko penyakit yang bisa dialami perokok pun berbeda. Jika pada perempuan, Anda bisa mengalami penyakit kanker serviks dengan sangat parah. Jika Anda hamil pun, kondisi kehamilan tidak akan baik bahkan jika Anda tetap menggunakan rokok saat hamil.

Kanker ini akan menyerang bagian tubuh bagian dalam, mulai dari sel pada leher rahim. Karena itulah untuk para perokok wanita lebih beresiko tidak bisa hamil atau keguguran. Walaupun tidak 100%, namun tetap saja hal ini bisa berpengaruh buruk pada bayi dalam rahim.

BACA JUGA:  Punya Aset 574 Miliar! Berikut Idol KPop Perempuan Terkaya 2022

2. Kanker Usus Besar

Penyakit yang bisa Anda alami selanjutnya adalah kanker usus besar. Anda juga bisa mendapatkan bahaya rokok untuk wanita lainnya pada bagian usus besar dan sangat berbahaya tentunya bagi area pencernaan. Anda akan membuat zat berbahaya dalam rokok yang dapat merusak tubuh.

3. Kanker Payudara

Kanker payudara adalah resiko penyakit yang bisa dialami oleh hampir dari setengah wanita perokok aktif maupun pasif. Jadi Anda juga perlu menghindari rokok maupun perokok yang bisa membuat Anda mengalami masalah pada payudara. Jika penyakit ini semakin parah maka tidak ada jalan lain kecuali operasi yang beresiko.

4. Kanker Paru-paru

Resiko atau bahaya rokok untuk wanita memang kebanyakan adalah kanker. Selain penyakit tadi, Anda juga bisa mengalami kanker paru-paru yang tentunya sangat berbahaya dan mengganggu bagian pernapasan. Anda bisa memeriksakan diri sejak sekarang untuk cek keadaan paru-paru Anda.

5. Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Anda busa langsung mengalami berbagai macam penyakit jantung dan pembuluh darah. Penyakit ini lebih berbahaya daripada resiko penyakit lain karena jantung akan bisa berhenti kapan saja dan bisa merenggut nyawa lebih cepat.

Jika dibandingkan dengan perokok pria, penyakit ini 6 kali lebih beresiko tinggi kepada perokok wanita. Bahkan sebelum Anda sempat mengalami penyakit jantung, Anda bisa saja terkena stroke dan pembuluh darah pada otak menjadi rusak.

6. Gangguan Kewanitaan

Berbeda dengan laki-laki, bahaya rokok untuk wanita adalah pada gangguan kewanitaan yang sangat beragam. Jika tadi ada kanker serviks, maka ada juga resiko gangguan menstruasi atau menopause sejak dini. 

Kemudian Anda juga bisa mengalami gangguan kesuburan atau menjadi sulit hamil atau gangguan pada kehamilan janin. Jika Anda berhasil hamil pun kondisi jabang bayi akan tidak sempurna. Bisa saja lahir dengan segala macam jenis penyakit dan berat badan rendah.

BACA JUGA:  Rekomendasi Sarung Untuk Hari Raya Idul Fitri 2022