Bagaimana Cara Mengatasi Baterai Laptop Panas Dengan Mudah

Bagaimana Cara Mengatasi Baterai Laptop Panas Dengan Mudah

Seringkali pengguna laptop mengeluhkan laptop yang cepat panas dan mudah rusak karena overheat. Karena itulah Anda perlu memperbaikinya segera dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasi baterai laptop panas.

Cara-cara ini mungkin bisa membantu Anda mengatasi laptop yang panas atau mengalami overheat. Jadi Anda juga perlu melakukan beberapa solusi mudah berikut ini dengan segera agar laptop tidak semakin rusak dan tidak bisa diperbaiki.

Daftar Cara Mengatasi Baterai Laptop Panas

Untuk bisa mengatasi laptop panas dan overheat sebenarnya tidak membutuhkan biaya yang besar. Anda juga hanya perlu menggunakan beberapa cara yang gratis dan tentunya lebih mudah tidak memerlukan waktu yang lama dan cara yang sulit.

1. Bersihkan Sirkulasi Udara Laptop

Cara mengatasi baterai laptop panas tang pertama bisa Anda mukai dengan membersihkan sirkulasi udara dalam laptop. Ada banyak sekali cara untuk memperbaiki laptop overheat. Namun cara yang satu ini merupakan yang paling penting dan paling memberikan hasil.

Bersihkan bagian sirkulasi udara dalam laptop secara rutin setidaknya seminggu sekali. Namun lebih baik Anda bersihkan setiap hari, terutama jika menggunakan laptop terlalu sering di luar ruangan. Karena luar ruangan bisa memberikan lebih banyak kotoran dan polusi yang masuk menghambat sirkulasi udara.

2. Batasi Aplikasi yang Dibuka

Jika Anda menggunakan laptop untuk membuka aplikasi, Anda perlu membatasi jumlah aplikasi yang Anda buka dan gunakan setiap hari. Anda perlu melihat jenis dan kekuatan laptop saat membuka aplikasi.

BACA JUGA:  Tanpa Modal! Cara Menghilangkan Kutu Pada Kucing

Ada jenis laptop yang hanya bisa membuka aplikasi yang ringan dan akan cepat panas jika membuka aplikasi berat dan game besar. Jadi Anda juga harus memilih aplikasi yang Anda gunakan saat membuka laptop. Lalu Anda juga harus langsung tutup aplikasi sebelumnya jika ingin membuka aplikasi baru.

3. Letakkan Laptop Pada Tempat yang Benar

Anda juga harus memperhatikan cara meletakkan laptop yang benar. Cara mengatasi baterai laptop panas yang paling penting adalah memberikan sirkulasi udara yang bagus pada laptop. Jadi Anda juga harus menghindari meletakkan laptop pada atas kasur, bantal, kain dan sejenisnya.

Jika Anda menggunakan laptop pada tempat yang menyumbat sirkulasi udara, maka laptop akan cepat panas atau overheat. Dengan begitu sebaiknya Anda menggunakan laptop pada tempat yang rata dengan sirkulasi udara lancar seperti meja.

4. Memeriksa Kinerja Kipas Laptop

Selanjutnya Anda harus memeriksa apakah kipas laptop bisa menjadi salah satu cara mengatasi baterai laptop panas yang pastinya sangat penting. Jika kipas pada laptop berfungsi dengan baik, maka Anda bisa mendapatkan kondisi laptop yang lebih baik.

Jika ada kerusakan atau masalah pada kipas laptop, Anda perlu langsung memperbaikinya agar bisa menggunakan laptop dalam waktu lama dengan aman. Anda bisa mencoba untuk langsung mengganti kipas laptop atau memperbaiki dan membersihkannya.

5. Thermal Paste

Melalui fitur thermal paste dalam laptop, Anda bisa mendapatkan keamanan panas laptop dari dalam prosesor. Anda juga bisa mengganti thermal paste yang sudah kering karena digunakan dalam laptop selama bertahun-tahun.

6. Berikan Jeda Penggunaan Laptop

Ada cara yang harus atau wajib Anda lakukan setiap menggunakan laptop dalam waktu yang lama. Anda harus memberikan jeda penggunaan agar laptop bisa dingin dan tidak mudah panas atau mengalami overheat terlalu sering. 

BACA JUGA:  Sering Terjadi! Penyebab Baterai Laptop Menjadi Panas

Jika suhu sudah terpantau menjadi panas, Anda bisa langsung melakukan jeda penggunaan laptop dengan langsung mematikan laptop. Anda juga bisa menutup laptop dan mengecasnya selama kurang lebih tiga puluh menit. Cara mengatasi baterai laptop panas yang satu ini sangat penting.