Bagaimana Belajar Cara Berenang Untuk Pemula?

Bagaimana Belajar Cara Berenang Untuk Pemula? 

Berenang merupakan olahraga dengan segudang manfaat bagi tubuh manusia. Namun tidak semua orang bisa berenang walaupun sudah berlatih berulang kali. Anda perlu menggunakan tips dan trik belajar cara berenang untuk pemula berikut ini.

Tips dan Trik Belajar Cara Berenang Untuk Pemula

Mengetahui tips dan trik belajar cara berenang untuk pemula akan membantu Anda menjadi lebih cepat untuk bisa berenang. Anda juga akan lebih mudah mempelajari teknik-teknik dasar berenang. Dalam beberapa minggu, Anda akan bisa melakukan olahraga renang dengan lancar.

Hal yang perlu Anda perhatikan sebelum belajar berenang untuk pemula adalah mempersiapkan mental. Anda harus berani masuk ke dalam air dan tidak takut saat kaki tiba-tiba terpeleset atau tidak bisa mengambang. Anda juga perlu melatih nafas agar tidak cepat habis.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu agar otot tidak tegang. Tujuannya juga adalah agar Anda tidak mengalami kram saat melakukan sesi latihan. Sebelum masuk ke dalam air sepenuhnya, sebaiknya Anda rendam kaki selama beberapa saat sebelum akhirnya masuk ke dalam air.

Langkah-langkah Belajar Cara Berenang Untuk Pemula

Pelajari setiap langkah atau cara berenang untuk pemula berikut ini dengan benar. Anda tidak perlu takut melakukan kesalahan pada gerakan. Pastikan juga Anda bersama orang yang bisa berenang atau ditemani oleh ahli renang. 

1. Tentukan Lokasi Berenang

Sebelum belajar berenang, pastikan lokasi yang Anda gunakan aman. Lebih baik belajar di kolam renang yang tidak terlalu ramai agar Anda bisa bergerak bebas. Jangan pilih tempat dengan air yang dalam dan kotor. Tujuannya agar Anda tidak mendapatkan resiko tenggelam yang tinggi dan mata tidak sakit.

BACA JUGA:  Cara Memutihkan Badan Dengan Mudah, Wajib Tahu!

Anda juga tidak disarankan melakukan latihan renang di tempat terbuka seperti pantai. Ombak pantai yang tidak menentu bisa saja menarik Anda ke tengah laut. Namun pastikan Anda tetap dalam pengawasan orang yang sudah bisa dan berpengalaman dalam berenang.

2. Siapkan Peralatan Renang

Peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan olahraga renang memang tidak sebanyak olahraga lain. Namun peralatan ini hanya ditujukan untuk kenyamanan Anda saat latihan dan demi keamanan Anda juga. Peralatan yang dibutuhkan pun tidak wajib jika Anda sudah dalam pengawasan.

Peralatan yang dibutuhkan saat latihan renang untuk pemula adalah pelampung, kacamata renang, dan penyumbat telinga. Anda juga bisa menggunakan alat bantu untuk bisa bernapas menggunakan mulut dan menutupi hidung. Namun Anda juga perlu membiasakan diri untuk menggunakan alat tersebut.

3. Belajar Mengapung

Langkah belajar berenang untuk pemula berikutnya adalah belajar mengapung. Langkah ini akan mempermudah Anda dalam menggerakkan kaki dan mempercepat sesi latihan. Setelah merendam kaki selama beberapa saat, cobalah untuk berpegangan pada pinggir kolam dengan mengangkat kaki.

Diamkan beberapa saat atau gerakan ke atas agar kaki dapat mengapung. Anda bisa sesekali melepaskan pegangan pada pinggir kolam untuk melihat apakah Anda sudah bisa mengapung. Anda juga bisa menggunakan cara lain, yaitu meminta bantuan orang lain untuk mengangkat Anda dari bawah atau di bagian perut.

4. Gerakan Tangan dan Kaki

Jika Anda meminta bantuan orang lain untuk mengangkat Anda di bagian bawah perut. Maka Anda bisa menggerakkan kaki dan tangan secara perlahan. Lakukan gerakan renang gaya bebas atau gaya apa saja yang Anda bisa. Kemudian minta teman Anda untuk sedikit melonggarkan tubuh Anda.

BACA JUGA:  Sering Terjadi! Penyebab Baterai Laptop Menjadi Panas

Jika tubuh masih mengambang, Anda bisa mencoba untuk menggerakkan tangan dan kaki dengan sedikit dorongan ke depan. Anda juga bisa melakukan gerakan ini dengan berpegangan pada pinggir kolam kemudian mendorong tubuh ke belakang. Anda sebaiknya sudah mempelajari gaya-gaya dan teknik dasar berenang terlebih dahulu.