7 Ide Bisnis Bibit Tanaman Buah dan Bunga

7 Ide Bisnis Bibit Tanaman Buah dan Bunga

Memiliki ide bisnis bibit tanaman buah dan bunga juga bisa menjadi peluang Anda untuk meraih keuntungan. Menjual berbagai jenis tanaman juga mampu membantu lingkungan untuk bisa lebih hijau dan segar. Bahkan keuntungan dari bisnis bibit tanaman buah dan bunga bisa sampai ratusan juta.

Tidak ada salahnya menjual tanaman hias atau bibit buah. Hanya saja Anda perlu memahami langkah-langkahnya terlebih dahulu. Namun sebelum itu, pilihlah jenis tanaman buah atau bunga apa yang ingin Anda jual. Tujuannya agar Anda tidak salah saat melakukan perawatan dan pengiriman.

Daftar 7 Ide Bibit Tanaman Buah dan Bunga

Daftar ide bisnis bibit tanaman buah dan bunga berikut ini bisa Anda pilih. Kemudian pelajari cara perawatan dan pengiriman terlebih dahulu. Kemudian kembangkan bibit tanaman buah tersebut dan tawarkan kepada orang lain.

1. Tanaman Hias

Salah satu jenis ide tanaman yang bisa Anda jual untuk mendapatkan peluang keuntungan adalah menjual tanaman hias. Banyak jenis tanaman hias yang bisa Anda budidaya dan pilih untuk dijual belikan. Misalnya saja bonsai, mawar, melati, anggrek, bunga matahari, dan jenis tanaman hias lain.

Menjual tanaman hias seperti bunga ataupun jenis tanaman daun juga bisa dijual dengan harga yang mahal. Bahkan Anda juga bisa membuat bunga yang Anda tanam untuk dijual menjadi buket bunga dan dekorasi pernikahan ataupun pesta.

2. Tanaman Hidroponik

Saat Anda memiliki lahan luas yang kosong, lebih baik lahan tersebut digunakan untuk melakukan budidaya tanaman hidroponik. Jenis tanaman hidroponik juga sangat digemari sebagian besar orang. Gaya hidup menggunakan tanaman hidroponik juga banyak diterapkan sehingga akan cepat mendatangkan keuntungan.

BACA JUGA:  Memulai bisnis ekspedisi, anti gagal !

3. Tanaman Rempah-rempah

Cara memanfaatkan lahan luas untuk bisnis rempah-rempah juga sangat menguntungkan. Anda bisa memilih rempah-rempah asal Indonesia seperti cengkeh, jahe, kayu manis, dan rempah lain. Bahkan harga rempah-rempah saat ini terus naik dan bisa sangat menguntungkan untuk kegiatan ekspor.

4. Buah dan Sayuran

Menjual berbagai jenis bibit tanaman buah dan sayuran juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan peluang. Potensi buah dan sayuran untuk dijual ke berbagai distributor atau konsumen juga sangat besar. 

Anda bisa memilih untuk menjual berbagai jenis bibit buah dan sayuran atau satu jenis saja. Bisa juga dengan menjual tanaman buah dan sayuran dengan metode stek. Biasanya bibit tanaman stek akan banyak dicari konsumen karena lebih cepat berbuah. Usahakan Anda membudidayakannya indukan tanaman yang unggul.

5. Jamur Tiram

Salah satu jenis tanaman yang paling banyak dicari di pasaran adalah jamur tiram. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan jamur tiram hingga puluhan juta rupiah dengan modal yang berkali-kali lipat lebih kecil. Apalagi jika Anda bisa mengelola dan menjualnya dengan tepat, Anda bisa mendapatkan langganan konsumen.

6. Bibit Padi

Bibit padi juga biasanya menjadi peluang bisnis tanaman dan buah oleh para petani. Anda bisa langsung membeli benih dari supplier kemudian mengembangkan dan merawatnya di lahan yang tidak perlu besar. Anda bisa memulainya dengan mencoba membuat bibit padi menjadi segar dan hijau kemudian memberikan harga yang sesuai.

7. Tanaman Obat

Jenis ide bisnis bibit tanaman selanjutnya adalah tanaman obat. Masih ada banyak penduduk Indonesia yang menggunakan cara tradisional untuk menyembuhkan penyakit. Salah satunya adalah dengan cara menggunakan tanaman obat herbal. Anda bisa mencari jenis-jenis tanaman obat yang mudah ditanam dan dijual kemudian mencobanya.

BACA JUGA:  Cara Berjualan Frozen Food Mudah Untung dan Modal Kecil