4 Fenomena Gerhana yang Terjadi Sepanjang Tahun 2022

4 Fenomena Gerhana yang Terjadi Sepanjang Tahun 2022

Melalui fenomena gerhana yang akan dapat Anda saksikan sepanjang tahun 2022 ini Anda bisa memulai untuk dapat menyaksikan setidaknya 4 kali. Namun Anda juga tidak perlu berkecil hati karena ada beberapa wilayah yang tidak bisa melihat gerhana. 

Mengenal Tentang Fenomena Alam Gerhana

Untuk fenomena yang bisa Anda lihat sepanjang tahun 2022 secara bertahap ini merupakan sebuah fenomena alam yang sangat menarik. Keindahan langit juga akan membuat Anda kagum saat gerhana bulan maupun gerhana matahari terjadi.

Melalui fenomena gerhana bulan, Anda bisa melihat bulan dengan jelas dan lebih terang dari biasanya. Sampai nantinya Anda bisa mendapatkan pemandangan gerhana bulan yang sangat indah. Walaupun bulan datang saat malam hari, Anda juga tetap bisa menyaksikan gerhana bulan saat sore hari.

Sementara gerhana matahari merupakan fenomena alam yang sangat jarang terjadi. Apalagi jika gerhana yang Anda cari adalah gerhana matahari total. Maka Anda hanya bisa melihat fenomena ini dalam kurun waktu tertentu saja.

Namun jika Anda tetap penasaran, Anda bisa melihat fenomena gerhana matahari sebagian yang bisa terjadi kadang-kadang. Anda pun bisa melihat fenomena seperti ini setiap hari melalui media sosial tanpa perlu menunggu lama atau pergi jauh.

Daftar Fenomena Gerhana Sepanjang Tahun 2022

Dalam daftar fenomena gerhana yang ingin Anda lihat hari ini maupun beberapa bulan ke depan. Tentunya Anda harus mengetahui jadwal serta informasi lengkap yang pastinya valid untuk Anda ketahui.

BACA JUGA:  Jadwal Terjadinya Gerhana Bulan Hari Ini! Cek Lokasi dan Waktunya Sekarang

1. Gerhana Matahari Sebagian

Gerhana matahari sebagian merupakan fenomena yang bisa Anda lihat kadang-kadang. Melalui beberapa wilayah dalam kurun waktu yang dekat karena tidak seperti gerhana matahari total, matahari hanya tertutup sebagian saja dan menciptakan pemandangan matahari yang tidak sepenuhnya tertutup oleh bulan.

Fenomena ini bisa Anda lihat secara langsung pada tanggal 30 April 2022 pada pukul 20:41 UT. Karena bulan ada pada wilayah Indonesia, gerhana matahari sebagian ini hanya bisa Anda lihat melalui wilayah Pasifik Tenggara dan Amerika Selatan (sebagian).

2. Gerhana Bulan Total

Fenomena gerhana selanjutnya adalah gerhana bulan total yang akan terjadi pada hari ini atau tanggal 15 Mei 2022. Namun fenomena ini hanya bisa Anda lihat melalui wilayah Amerika dan beberapa wilayah Eropa, Afrika dan sekitarnya.

Anda bisa mengamati fenomena ini pada pukul 04.11 UT atau hari keesokannya yaitu tanggal 16 Mei 2022 jika menurut waktu Indonesia. Durasi gerhana bulan ini pun lumayan lama dan ada beberapa tahapan, yaitu 5,18 jam (tahap I), 3,27 jam (tahap II) dan 1,24 jam (tahap III).

3. Gerhana Matahari Sebagian 

Untuk dapat menyaksikan fenomena gerhana matahari sebagian yang kedua pada tahun 2022 adalah pada tanggal 25 Oktober 2022. Pada tanggal ini Anda bisa melihat fenomenanya pada pukul 11.00 UT dan merupakan gerhana yang sangat spesial untuk Anda saksikan.

Wilayah yang bisa melihatnya hanya bagian negara Eropa kecuali Spanyol dan Portugal, Aljazair bagian barat, Mesir, Asia Tengah dan Selatan serta wilayah Timur Tengah saja.

4. Gerhana Bulan Total

Untuk gerhana bulan total kedua tahun 2022 akan bisa Anda saksikan pada tanggal 08 November 2022 pukul 10.59 UT. Ada juga beberapa tahapan durasi dalam fenomena ini seperti tahap I hanya 5,53 jam, tahap II 3,39 jam, dan terakhir tahap III 1,24 jam.

BACA JUGA:  Daftar Makanan Untuk Kucing Ras dan Harganya! Cocok Untuk Kucing Persia dan Anggora

Fenomena gerhana ini akan terjadi pada wilayah Amerika, Islandia, Rusia, Norwegia Utara, Swedia Utara, Finlandia, Iran, Oman dan seluruh wilayah Asia. Artinya wilayah Indonesia pun bisa melihat fenomena gerhana bulan total ini pada bulan November mendatang.