Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyimpan Desain Canva ke Galeri di Ponsel Android and iPhone

Tips dan cara menyimpan desain Canva ke galeri memang banyak dicari oleh pengguna aplikasi ini. Canva adalah aplikasi edit gambar dan foto yang sangat populer di kalangan anak muda jaman sekarang. 

Aplikasi yang tersedia untuk ponsel berbasis Android dan iOS ini memiliki fitur dan filter yang lengkap sehingga cocok untuk mengedit foto atau gambar apapun menjadi lebih menarik. 

Bagaimana cara menyimpan desain atau gambar dari aplikasi Canva ke galeri? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Menyimpan Desain Canva ke Galeri di Ponsel Android and iPhone


Cara Menyimpan Desain Canva ke Galeri dengan Mudah

Pada saat menggunakan Canva untuk pertama kali, mungkin ada banyak yang bingung bagaimana caranya menyimpan gambar yang sudah selesai diedit ke galeri. 

Hal ini dikarenakan tidak ada tombol atau tulisan “Save” yang langsung terpampang di Canva. Nah, di bawah ini adalah cara menyimpan desain Canva ke galeri baik untuk ponsel dengan OS Android ataupun untuk ponsel yang menggunakan basis iOS (iPhone). 

Simak penjelasan dan langkah-langkahnya agar setelah mengedit gambar di Canva, kita tidak akan lagi kesulitan menyimpannya ke Galeri HP.

Menyimpan Desain Canva ke Galeri (Ponsel OS Android)

Ponsel dengan OS Android menjadi yang populer di Indonesia. Aplikasi Canva bisa diunduh dengan mudah dan gratis dari PlayStore dan dipasang di ponsel Android. 

Ada beberapa fitur premium yang tidak bisa digunakan di versi gratis Canva namun fitur standarnya saja sudah lebih dari cukup. 

Untuk cara menyimpan desain Canva ke galeri dengan menggunakan smart phone Android, langkah-langkahnya cukup simpel dan bisa dilihat di bawah ini:


1.    Pilih Opsi "Download"

Opsi penyimpanan gambar hasil desaign di Canva untuk ponsel Android terbilang lebih mudah karena opsi “Download” sudah tersedia langsung pada toolbar. 

Buka toolbar pada aplikasi Canva setelah gambar selesai diedit.

Setelah itu, tap pada opsi "Download" atau kalau tidak ada, cari ikon anak panah yang mengarah ke bawah (⤓). Tekan opsi ini untuk menyimpan desain. Desain akan tersimpan di galeri dalam format PNG.


2. Lihat Gambar Terimpan di Folder "Picture" di Galeri

Setelah menekan opsi “Download”, maka gambar akan secara otomatis tersimpan di Galeri. Cari folder “Picture” pada galeri dan hasil desain yang baru saja dibuat bisa dilihat di sana. 

Dari galeri, file PNG bisa langsung ditransfer ke laptop dan digunakan untuk desain lebih lanjut.

Jika dalam proses penyimpannya terdapat peringatan gambar tidak bisa disimpan karena memori internal HP sudah penuh, maka hapus dulu beberapa file yang tidak penting atau aplikasi yang sudah jarang digunakan. 

Coba lagi cara di atas dan niscaya gambar akan dengan mudah tersimpan dan bisa dilihat langsung di folder “Picture” pada galeri.


Menyimpan Desain Canva ke Galeri (iOS/iPhone)

Meski pengguna ponsel berbasis iOS atau yang biasa dikenal sebagai iPhone ini jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan pengguna Android, namun cara menyimpan desain Canva ke galeri di iPhone tetap harus diketahui. 

Aplikasi Canva yang tersedia dalam versi gratis dan berbayar di App Store ini hasil editannya bisa disimpan ke Camera Roll pada iPhone. 

Langkah-langkahnya sedikit lebih rumit dibandingkan dengan cara menyimpan hasil editan gambar dengan ponsel Android. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti:

1. Pilih Opsi "Share"

Setelah gambar selesai diedit dan ingin disimpan, cari opsi "Share" pada aplikasi Canva. Opsi ini terletak di pojok kanan atas pada layar. 

Sentuh tombol "Share" ini untuk memulai proses penyimpanan gambar ke galeri atau ke Camera Roll pada ponsel iOS.

2. Tunggu Proses Export

Langkah selanjutnya dalam cara menyimpan desain Canva ke galeri iPhone atau gadget lain berbasis iOS adalah menunggu proses export selesai. 

Saat opsi “Share” dipilih, maka Canva akan segera memproses gambar tadi, termasuk pada gradient atau gradasinya.

Proses ini mungkin agak lama, tergantung ukuran gambar juga. Biasanya proses export ini akan makan waktu 30 detik sampai 1 menit. 

Tunggu sampai gambar benar-benar selesai di-export. Jika proses makan waktu yang sangat lama, coba cek koneksi internet pada HP karena aplikasi Canva tidak bisa digunakan secara offline.

3. Pilih "Save Image"

Setelah proses export selesai, maka akan muncul pilihan “Save Image”. Tap pada opsi ini untuk menyimpan gambar ke Camera Roll. 

Pastikan iPhone yang digunakan masih memiliki cukup ruang untuk menyimpan file gambar sehingga nanti hasil editan atau desain gambar bisa langsung tersimpan dan masuk pada Camera Roll ponsel.

4. Lihat Gambar Tersimpan di Camera Roll pada HP

Setelah selesai menekan opsi “Save Image”, maka kita akan disuruh untuk menunggu sebentar sementara hasil gambar ditransfer masuk ke galeri. 

Setelah selesai, tutup aplikasi Canva dan buka Camera Roll pada galeri iPhone. 

Jika semua langkah tadi sudah dilakukan dengan tepat, maka hasil desain yang baru saja dibuat dengan aplikasi Canva sudah bisa dilihat di folder Camera Roll pada galeri.

Itu dia tadi cara mudah yang bisa dilakukan untuk menyimpan gambar atau hasil desain dari aplikasi Canva ke galeri di HP. 

Baik itu HP Android maupun yang OS-nya menggunakan iOS, ternyata gambar dari Canva bisa dengan sangat mudah dilihat di galeri. 

Setelah berhasil masuk galeri, gambar bisa ditransfer ke PC/laptop kemudian digunakan untuk keperluan desain lebih lanjut atau bisa juga dicetak atau di-print. 

Ini alasannya mengapa setiap orang wajib tahu cara menyimpan desain Canva ke galeri.

Posting Komentar untuk "Cara Menyimpan Desain Canva ke Galeri di Ponsel Android and iPhone"

https://member.edigital.id/product/canva/
https://edigital.id/virol
https://member.klikdigital.co.id/aff/go/anangili?i=34
https://edigital.id/wbs