Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Canva di Android dengan Hasil Maksimal

Canva adalah aplikasi yang banyak digunakan untuk membuat poster, logo, dan berbagai macam jenis pekerjaan desain grafis yang terdapat di dalam sebuah toko aplikasi Android. 

Untuk menciptakan kehidupan sebuah konten visual, tentunya Canva dapat membantu Anda dengan baik meskipun harus dikerjakan dalam perangkat ponsel saja. 

Akan tetapi Anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan Canva di Android agar hasilnya maksimal terutama bagi para pemula.



Cara Menggunakan Canva di Android dengan Mudah

Untuk memakai aplikasi Canva, tentunya sangat mudah untuk dilakukan oleh siapa saja terutama untuk para pemula. 

Untuk memanfaatkan aplikasi ini sebagai media desain grafis Anda, haruslah melewati langkah-langkah berikut agar lebih terbiasa dan dilakukan dengan cara gampang.

Berikut cara menggunakan Aplikasi Canva di Android berdasarkan urutan langkah-langkahnya.

1.     Pemasangan Canva

Langkah pertama dari cara menggunakan Canva di Android yaitu memiliki terlebih dahulu aplikasi yang sudah terpasang di ponsel Anda. 

Cukup unduh dari toko aplikasi di ponsel Anda, baik Google PlayStore maupun AppStore. Selanjutnya tunggu hingga pemasangan selesai dilakukan dan siap untuk dibuka.

2.     Pembuatan akun

Setelah memasang Aplikasi Canva di smartphone Anda, selanjutnya yakni buka aplikasi tersebut dan memulai untuk membuat akun. 

Akun di sini fungsinya sangat penting. Selain menjaga originalitas desain Anda, tentunya untuk mengaitkan menjadi seorang member berbayar agar mampu menggunakan semua fitur-fitur yang ada didalamya secara bebas.

Saat di halaman pertama, klik Sign Up. Selain itu, Anda juga dapat mengaitkan aplikasi ini dengan akun Google, Email, maupun Facebook. 

Lebih baik gunakan cara binding akun dengan media sosial Anda karena cukup mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam prosesnya.

3.     Pembuatan desain

Langkah ketiga dari cara menggunakan Canva di Android yaitu membuat desain setelah Anda melakukan pembuatan akun. 

Pembuatan desain pertama juga sangat mudah untuk diaplikasikan, yakni dengan menekan ‘Create a Design’ yang berada di kiri atas layar. Selanjutnya pilih konten yang menjadi tujuan dibuatnya desain ini.

4.     Pemilihan backround dari desain

Setelah menentukan tema dari desain yang hendak dibuat, selanjutnya memilih backround atau latar belakang dari desain. Pemilihan latar belakang ini berada di halaman editor dan Anda akan dibawa ke laman tersebut secara otomatis. 

Dengan begitu banyak template yang tersedia, tentunya Anda dapat dengan bebas menentukan template mana yang cocok dengan tema dari design yang ingin dibuat.

Untuk memilih sebuah backround, Anda dapat menggunakan tab ‘Backround’ ataupun ‘Photos’. Dalam Tab ‘Backround’, terdapat berbagai macam gambar dengan gaya yang sangat minimalis, namun permainan warna dari gradiennya sangat diunggulkan dan berbentuk horizontal. 

Dalam tab ‘Photos’, berbagai macam gambar akan Anda temukan, hampir sama dengan Backround, selain horizontal terdapat juga orientasi gambar vertikal.

5.     Merombak backround

Setelah menentukan gambar dari latar belakang dari desain Anda, cara menggunakan Canva di Android selanjutnya yaitu merombak dari template yang telah dipilih. 

Sesuaikan terlebih dahulu dengan bidang yang telah Anda siapkan terlebih dahulu, agar backround terlihat lebih proposional.

Untuk menyesuaikan gambar latar dengan bidangnya, cukup klik dan geser ke arah manapun dari ujung backroundnya agar persis dengan bidang. Bila sudah sesuai, saatnya melakukan pengeditan lain dari backround Anda.

Agar tulisan pada backround lebih mudah untuk dibaca oleh orang yang melihatnya, cukup klik ‘Adjust’ yang berada di bagian tengah atas. 

Selanjutnya sebuah pengaturan akan muncul tepat di sebelah kiri layar yang mana terdapat beberapa pilihan yang siap untuk diubah sesuai dengan keinginan dengan cara digeser kiri maupun kanan. 

Bila Anda sudah menerapkan namun hasil kurang sesuai, cukup tekan ‘Undo’ untuk kembali ke pengaturan awal.

6.     Menambah beberapa Text

Setelah mengatur semua kebutuhan pada gambar latar belakan dari desain Anda, pastinya menambah beberapa kata juga akan sangat berpengaruh dengan hasilnya. 

Untuk menambah sebuah daya tarik, pastinya pembubuhan kata-kata menarik juga perlu dilakukan dengan cara menekan tombol ‘T/Text’.

Karena Canvas memiliki fitur yang dapat memudahkan para penggunanya, tentunya terdapat beberapa template kata atau kalimat yang dibuat khusus Anda. Anda dapat memilih salah satu dari contoh-contoh template yang telah disediakan bila memang membutuhkannya.

Akan tetapi, bila tidak ada template yang sesuai, Anda bisa membuatnya sendiri secara manual dengan menekan kotak ‘Add a Heading’, Selanjutnya tulis sebuah kalimat atau kata-kata yang telah berada dalam pikiran Anda mengenai desain tersebut. 

Anda dapat mengedit tulisan tersebut dengan pengaturan yang telah muncul di bagian atas bidang desain sesuai dengan kemauan.

Setelah memperoleh text yang sesuai namun tidak dengan letak dari tulisan tersebut, jangan khawatir karena Anda dapat memindahkannya. Hanya dengan menggeser pada garis yang membingkai tulisan tersebut ke arah mana saja yang diinginkan.

7.     Mencetak desain yang telah dibuat

Setelah menyelesaikan semua desain Anda, penyimpanan akan dilakukan secara otomatis. Tugas Anda selanjutnya dari cara menggunakan Canva di Android terakhir yakni mengunduhnya dengan cara tekan ‘Download’  yang ada di sebelah kanan atas. 

Kemudian pilih jenis file dari desain tersebut, seperti JPG, PNG, dan PDF. Lalu klik ‘Download’ yang berwarna biru. Anda dapat menemukan hasil unduhan pada folder unduhan di ponsel Anda.

Itulah cara menggunakan Canva di Android dengan langkah yang sederhana. Tentunya langkah-langkah tersebut merupakan cara yang dapat digunakan oleh siapa saja dalam membuat sebuah desain dengan hasil yang maksimal dan memuaskan, terutama bagi para pemula.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Canva di Android dengan Hasil Maksimal"

https://member.edigital.id/product/canva/
https://edigital.id/virol
https://member.klikdigital.co.id/aff/go/anangili?i=34
https://edigital.id/wbs