Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Background Transparan di Canva dan Menyimpannya ke Galeri

Banyak orang yang ingin tahu cara membuat background transparan di Canva. Membuat desain dengan background transparan memang sering dilakukan saat ini karena gambar-gambar tanpa background atau tanpa latar belakang tersebut bisa dijadikan sticker, logo, ataupun icon. 

Bagi pengguna Canva yang belum tahu bagaimana cara membuat gambar tanpa latar belakang atau dengan background transparan, berikut ini ada sedikit penjelasan dan langkah-langkah yang bisa disimak.

Cara Membuat Background Transparan di Canva Tanpa Aplikasi Lain

Cara Membuat Background Transparan di Canva dan Menyimpannya ke Galeri


Bagi yang belum tahu cara membuat background transparan di Canva, mereka biasanya akan menggunakan aplikasi lain, seperti LunaPic atau lainnya untuk menghilangkan background baru kemudian gambar tanpa background tersebut diedit dengan Canva. 

Padahal di Canva sudah ada fitur untuk menghilangkan latar belakang. Jadi, tidak perlu bolak-balik dari satu aplikasi ke lainnya. 

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti untuk menghilangkan background pada gambar.


1.    Pilih Opsi "Background"

Pada saat mengedit gambar, pilih opsi “Background” pada tool bar. Di sana akan ada beberapa pilihan terkait latar belakang gambar. 

Karena gambar akan diubah menjadi transparan latar belakangnya, pastikan desain gambar tidak terlalu rumit pada bagian background-nya sehingga lebih mudah diedit pada tahap ini. 

Jika latar belakang cukup rumit, pastikan pada saat menghapus backgroud, semua gambar latar belakang sudah terhapus sepenuhnya.


2.    Ubah Background Menjadi Warna Putih atau Hapus Background

Untuk menghilangkan latar belakang, ada dua hal pada langkah ini yang harus dilakukan. Pertama, hapus latar belakang pada gambar. Caranya, pilih atau select latar belakang gambar kemudian tekan tombol "Delete" pada tool bar. 

Tombol ini memiliki icon tempat sampah. Setelah dihapus, maka otomatis latar belakang gambar akan hilang dan hanya menyisakan bagian utama yang akan dijadikan gambar pada desain.

Kedua, set background menjadi warna putih. Jangan gunakan warna lain karena akan lebih sulut diproses ketika menghilangkan latar belakangnya. 

Setelah cara membuat background transparan di Canva pada tahap ini selesai, maka gambar siap diproses pada tahap selanjutnya yaitu proses penyimpananya ke galeri tanpa mengikutkan background putih tadi pada gambar dan membuatnya menjadi transparan.


3.    Pilih Menu "Download"

Setelah masalah background atau latar belakang selesai, sekarang pilih opsi "Download" pada tool bar. Opsi ini bisa ditemukan di pojok atas pada halaman editor. Jika tidak ketemu, maka cari opsi dengan ikon ᐯ  pada halaman editor.

Setelah ketemu, tap pada ikon tersebut dan akan muncul opsi selanjutnya yaitu beberapa menu dropdown untuk menyimpan gambar ke galeri. Pastikan background benar-benar sudah hilang dan berwarna putih sebelum menu “Download” ini dipilih.


4.    Buka Menu Dropdown pada "File Type"

Langkah selanjutnya dalam cara membuat background transparan di Canva dan menyimpannya adalah dengan memilih tipe file. Untuk gambar dengan background transparan, maka tipe file yang harus dipilih adalah PNG. File PNG bisa diedit dengan mudah tanpa background pada aplikasi lain seperti di Photoshop.

Gambar PNG tanpa latar belakang juga bisa langsung digunakan sebagai ikon atau materi desain lainnya. Pada menu dropdown yang tersedia, buka semua opsinya kemudian scroll sampai menemukan PNG. Tap pada opsi “PNG” maka secara otomatis gambar nantinya akan tersimpan dalam format PNG tadi.


5.    Centang Opsi “Transparent Background"

Setelah selesai memilih opsi tipe file menjadi PNG, maka akan muncul pilihan untuk menyimpan gambar dengan background transparan. Pada opsi “Transparent Background” ini, ada kotak kecil untuk menambahkan cantang.

Beri centang pada opsi ini untuk menyetujui jika gambar akan didownload atau diunduh tanpa background alias dengan latar belakang yang transparan. Jika tidak dicentang, maka gambar akan tetap disimpan dengan latar belakang meskipun pilihan tipe file-nya sudah PNG.


6.    Klik "Download"

Jika sudah selesai, maka gambar siap diunduh atau didownload. Klik menu “Download” yang tersedia. Jika muncul pilihan untuk mengubah ukuran gambar atau “compress file size”, maka ikuti saja atau sesuaikan ukuran gambar sesuai dengan kebutuhan. 

Jika muncul lagi opsi untuk memilih gambar mana yang akan didownload, maka ini indikasinya jika kita tadi mengedit gambar dengan multiple pages atau dengan beberapa halaman sekaligus.

Pilih dulu gambar mana yang akan disimpan. Jika sudah selesai, maka gambar akan siap didownload dan bisa dilihat di galeri ponsel. Lama atau tidaknya proses penyimpanan tergantung pada beberapa hal, termasuk pada ukuran besar kecilnya gambar dan pada kecepatan koneksi internet yang digunakan.


7.    Lihat Gambar Tersimpan pada Galeri

Langkah terakhir pada cara membuat background transparan di Canva ini adalah dengan melihat hasil gambar yang sudah selesai diedit. Gambar bisa dilihat di galeri ponsel. 

Jika semua langkah-langkah di atas sudah benar, maka gambar dengan background transparan sudah bisa dilihat di galeri. Gambar bisa ditransfer ke laptop atau komputer dan digunakan untuk desain atau ikon sesuai kebutuhan.

Bagaimana? Cukup mudah bukan caranya? Ya, kita bisa kok membuat gambar tanpa latar belakang dengan menggunakan aplikasi Canva saja, tanpa perlu mengeditnya dengan aplikasi lain. 

Dengan cara-cara di atas, semua gambar atau desain bisa dibuat transparan background-nya dan dijadikan bahan untuk membuat sticker atau desain lain yang tidak membutuhkan latar belakang. 

Jika masih bingung tentang cara membuat background transparan di Canva, baca lagi penjelasan di atas niscaya kita tidak akan kesulitan lagi menghilangkan latar belakang pada gambar.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Background Transparan di Canva dan Menyimpannya ke Galeri"

https://member.edigital.id/product/canva/
https://edigital.id/virol
https://member.klikdigital.co.id/aff/go/anangili?i=34
https://edigital.id/wbs