Cara Membuka Blokiran Whatsapp Dengan dan Tanpa Mengganti Nomor - Blog Digital Marketing Indonesia Terlengkap
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuka Blokiran Whatsapp Dengan dan Tanpa Mengganti Nomor

Cara Membuka Blokiran nomor WA


Whatsapp, sebuah aplikasi pesan instan yang digunakan oleh hampir sebagian besar pengguna smartphone. Tidak hanya untuk berbagi pesan, namun juga melakukan panggilan, melakukan panggilan video hingga berbagi file (dokumen, gambar, suara dan video). 

Karena fiturnya yang sangat lengkap inilah yang membuat whatsapp menjadi aplikasi yang banyak digunakan. Penggunaannya bahkan tidak hanya sebatas untuk kebutuhan pribadi, namun juga untuk kebutuhan bisnis. 

Salah satu diantara fitur whatsapp itu adalah memungkinkan pengguna untuk memblokir kontak yang diinginkan. Kalau sudah diblokir, apakah ada cara agar blokir tersebut dibuka? Ada beberapa cara membuka blokiran whatsapp yang bisa Anda coba. 

Cara Membuka Blokiran Whatsapp, Ketahui Dulu Tanda Whatsapp Diblokir 

Kalau Anda pengguna whatsapp pasti sudah tidak asing dengan fitur-fitur utama yang ada di dalamnya. Salah satu yang mungkin pernah Anda gunakan adalah fitur blokir. 

Fitur ini memungkinkan Anda untuk memblokir kontak orang yang Anda inginkan sehingga orang tersebut tidak akan bisa mengirim pesan atau menghubungi akun whatsapp Anda. Kalau begitu, kontak Anda pun sebaliknya bisa diblokir oleh orang lain. 

Nah, sebelum Anda belajar cara membuka blokiran whatsapp, ada baiknya Anda mengetahui ciri-ciri jika nomor whatsapp Anda diblokir oleh orang lain. Berikut ciri-cirinya.

1. Tidak Bisa Melihat Profil Picture 

Ciri pertama yang bisa Anda kenali saat kontak Anda diblokir orang lain adalah Anda tidak bisa melihat foto profil orang tersebut. Saat kontak Anda diblokir oleh satu orang, maka pada bagian foto profil yang biasanya terlihat gambar yang bermacam-macam, hanya terlihat gambar profil whatsapp default berwarna abu-abu. 

Jika demikian, ada kemungkinan kontak Anda diblokir. Kemungkinan lain adalah memang pengguna tersebut sengaja menggunakan pengaturan default.

2. Tidak Bisa Melihat Status Online dan Last Seen 

Kalau dari cara pertama masih ragu karena bisa saja pengguna tersebut menggunakan pengaturan default, maka Anda bisa memperhatikan ciri selanjutnya. Ciri selanjutnya yang menandakan kontak Anda diblokir adalah Anda tidak lagi bisa melihat status online dan last seen atau waktu terakhir dilihat. 

Whatsapp memiliki fitur dimana Anda bisa melihat status orang lain apakah sedang online atau tidak. Ada juga fitur yang memungkinkan Anda melihat kapan waktu terakhir seseorang melihat akun whatsappnya. 

Nah, jika Anda tidak bisa melihat kedua fitur ini di kontak seseorang, maka bisa menjadi indikasi bahwa nomor Anda diblokir.

3. Pesan Hanya Centang Satu 

Ciri selanjutnya adalah ketika mengirim pesan, status pengiriman hanya centang 1, yang artinya pesan belum terkirim. Ada kemungkinan memang nomor tersebut tidak aktif. Namun jika status pengiriman ini tidak berubah, maka Anda patut curiga jika nomor Anda sedang diblokir. 

Jika Anda mengetahui apakah Anda sedang diblokir atau tidak, maka Anda bisa menerapkan cara membuka blokiran whatsapp ini sehingga tidak lagi diblokir.

Selain tidak ada status pesan yang tidak terkirim, ciri lain yang menandakan kalau nomor Anda diblokir adalah Anda tidak bisa melakukan panggilan ke nomor tersebut. Baik itu panggilan biasa maupun panggilan video. Meskipun terdengar nada sambung, namun jika nomor Anda diblokir, panggilan tersebut tidak akan tersambung. 

Cara Membuka Blokiran Whatsapp Tanpa Perlu Ganti Nomor 

Setelah Anda mengetahui status kontak Anda, apakah diblokir atau tidak dengan cara-cara yang disebutkan di atas, jika nomor Anda terbukti diblokir, Anda bisa kok membuka blokirannya. Sebenarnya ada beberapa cara membuka blokiran whatsapp yang bisa Anda lakukan. 

Cara pertama adalah dengan mengganti nomor yang digunakan untuk whatsapp. Kelemahan cara ini adalah karena Anda harus menghapus nomor tersebut. Padahal jika nomor tersebut sudah lama digunakan, bukan tidak mungkin history kontak di nomor tersebut juga hilang. 

Jika cara ini dianggap memberatkan, Anda bisa menggunakan cara membuka blokiran whatsapp tanpa harus ganti nomor. Caranya adalah dengan menghapus akun whatsapp. 

Dengan cara ini Anda masih bisa menggunakan nomor lama Anda yang sebelumnya sudah digunakan untuk whatsapp. Berikut adalah langkah-langkahnya. 


1. Buka Setting > Accounts 

Langkah pertama membuka blokiran whatsapp dengan metode menghapus akun whatsapp adalah, masuk ke menu Settings atau Pengaturan. Dari tampilan utama whatsapp, klik pada ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas tampilan whatsapp. 

Setelah itu, akan ada beberapa pilihan menu. Pilih pada opsi 'Settings'. Setelah Anda memilih menu Settings tadi, selanjutnya akan ditampilkan beberapa pilihan lain. Pilih pada opsi 'Account' dengan ikon anak kunci di bagian kiri tulisannya.


2. Pilih 'Delete My Account' 

Setelah memilih pada menu 'Account' tadi, berikutnya akan ditampilkan lagi beberapa pilihan menu. Scroll ke bawah sampai Anda menemukan opsi bertuliskan 'Delete My Account'. Dengan memilih menu ini artinya Anda akan menghapus akun whatsapp yang terdaftar. 

Setelah akun terhapus, selanjutnya Anda harus menghapus aplikasi whatsappnya. Setelah menghapus aplikasi whatsappnya, jangan lupa bersihkan cache yang masih tertinggal. Setelah sudah bersih, berikutnya instal lagi aplikasi whatasapp yang sebelumnya Anda hapus.

Karena Anda memilih menghapus akun whatsapp Anda, maka agar data-data di whatasapp ini bisa dipulihkan lagi suatu saat, Anda harus membackup dulu data-data dari akun whatsapp ini sebelum menghapusnya. Dengan begitu, nantinya ketika Anda mendaftar akun whatsapp lagi dengan nomor yang sama, data-data Anda tidak sepenuhnya hilang.

3. Buat Akun Whatsapp Lagi dengan Nomor yang Sama 

Jika sudah, langkah selanjutnya dari cara membuka blokiran whatsapp tanpa mengganti nomor adalah buat akun whatsapp lagi dengan menggunakan nomor yang sama. Setelah sebelumnya Anda menghapus akun, kemudian diikuti dengan menghapus aplikasi whatsapp, lalu setelah itu menginstal lagi WhatsAppnya, sekarang buat akun whatsapp lagi, masih dengan nomor lama yang Anda gunakan sebelumnya. 

Untuk membuat akun baru dengan nomor yang sama, pertama buka aplikasi whatsapp yang sudah Anda instal ulang. Saat pertama membuka whatsapp ini, akan ditampilkan tampilan awal whatsapp. Tekan tombol 'Agree and Continue' untuk melanjutkan ke tahap pembuatan akun whatsapp setelahnya. Setelahnya Anda akan diminta untuk memasukkan nomor yang akan digunakan untuk whatsapp ini.

4. Ikuti Langkah Membuat Akun Whatsapp 

Berikutnya, Anda hanya harus mengikuti langkah-langkah pembuatan akun baru yang disediakan oleh whatsapp. Setelah proses pendaftaran akun baru selesai, maka selanjutnya Anda sudah memiliki akun baru. 

Dari sini, Anda bisa merefresh kontak untuk melihat kontak-kontak yang tersimpan di whatsapp dari nomor lama Anda. Selain itu, juga akan dilakukan proses pemulihan data. Setelah itu periksa apakah nomor Anda masih berstatus diblokir atau tidak. 

Ada cara membuka blokiran whatsapp lainnya yang bisa Anda coba. Caranya adalah dengan mengganti nomor whatsapp yang Anda gunakan. Sama seperti cara sebelumnya, cara ini juga beresiko menghilangkan data-data Anda. 

Karena itu, sebagai antisipasi, Anda bisa melakukan proses backup data terlebih dahulu. Jika sudah, Anda bisa ikuti langkah-langkah membuka blokiran whatsapp dengan mengganti nomor berikut ini.

1. Masuk Ke Menu 'Settings' 

Langkah pertama, masuk ke menu Settings terlebih dahulu. Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas tampilan whatsapp. Setelah muncul beberapa pilihan menu, klik pada menu 'Settings'. Dari menu Settings ini akan ada beberapa sub menu lagi. Pilih pada opsi 'Account'.

2. Pilih Opsi 'Change Number' 

Dari menu Account ini juga akan ada beberapa sub menu lainnya. Untuk mengganti nomor whatsapp yang Anda gunakan, pilih pada opsi 'Change Number'. Lalu tekan tombol 'Next'. Setelah itu akan ada tampilan dimana Anda diminta untuk memasukkan nomor whatsapp lama dan nomor whatsapp baru yang akan Anda gunakan. 

Masukkan dengan benar, baik nomor HP lama maupun nomor HP baru yang akan Anda gunakan. Jika sudah, tekan 'Next'. Anda akan mendapat pemberitahuan untuk memastikan bahwa nomor yang Anda masukkan benar.

3. Aktivasi Nomor Baru 

Terakhir, whatsapp akan mengirimkan kode aktivasi ke nomor baru yang Anda daftarkan. Anda akan menerima kode tersebut melalui sms. Jadi, ketika melakukan penggantian nomor ini pastikan nomor baru yang akan Anda gunakan dalam keadaan aktif. Masukkan kode verifikasi tersebut. 

Berikutnya Anda akan mendapatkan notifikasi jika Anda sudah berhasil mengganti nomor. Setelah berhasil mengganti nomor, selanjutnya Anda bisa melihat ke daftar kontak yang sebelumnya memblokir Anda, kini statusnya sudah unblock dan Anda bisa menghubunginya lagi. 

Itu tadi adalah cara membuka blokiran whatsapp jika posisinya nomor Anda yang diblokir orang lain dan Anda ingin membuka blokiran tersebut. 

Lalu bagaimana jika sebaliknya, Anda yang memblokir nomor orang lalu ingin membuka blokirannya? Jika kasus yang terjadi seperti ini, cara membuka blokirannya justru lebih mudah. 

Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka Menu Settings 

Untuk membuka nomor whatsapp orang lain yang Anda blokir, langkah pertama masuk ke menu Settings. Caranya, dari tampilan awal whatsapp, pilih ikon titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan. Setelah Anda klik ikon tersebut maka akan ditampilkan beberapa pilihan menu. Pilih pada opsi 'Settings'.

2. Masuk ke Menu 'Account' Kemudian Pilih 'Privacy' 

Setelah masuk ke menu Setting atau Pengaturan, disini akan ada banyak pilihan pengaturan. Pilih pada opsi 'Account' untuk mengatur konfigurasi atau setting akun Anda. Setelah Anda memilih menu 'Account', berikutnya Anda akan dialihkan ke pilihan menu selanjutnya. Dari tampilan pilihan menu ini, pilih pada opsi 'Privacy'.

3. Pilih Menu 'Messaging' , Temukan Kontak yang Anda Blokir 

Langkah selanjutnya, dari menu Privacy ini Anda akan dialihkan ke beberapa pilihan menu yang berkaitan dengan privacy. Scroll down ke bawah sampai Anda menemukan pilihan 'Messaging'. Saat Anda menemukan opsi tersebut, Anda akan bisa melihat jumlah kontak yang Anda blokir. 

Untuk membuka blokirannya, klik pada opsi tersebut. Dari situ Anda akan melihat rincian dari total kontak yang Anda blokir dan siapa saja yang terblokir.

4.Buka Blokiran Kontak 

Untuk membuka blokirannya, pilih pada salah satu dari kontak yang diblokir tersebut. Ketika Anda klik pada kontak yang diblokir, maka akan muncul pop up pilihan untuk membuka blokiran kontak. 

Pada pilihan bertuliskan 'unblock (nama dari kontak whatsapp yang diblokir), klik pilihan tersebut. Setelah itu, kontak yang sebelumnya Anda blokir akan kembali ke daftar kontak aktif di whatsapp Anda. 

Demikian tadi penjelasan bagaimana cara membuka blokiran whatsapp dengan berbagai cara. Dengan penjelasan ini semoga bisa membantu untuk membuka blokiran terhadap nomor Anda. Yang perlu 

Anda ingat, masing-masing cara tersebut mengandung resiko sendiri-sendiri. Karena itu, sebelum menerapkan cara tersebut, ada baiknya Anda melakukan proses backup data untuk mengamankan data Anda. 


Posting Komentar untuk "Cara Membuka Blokiran Whatsapp Dengan dan Tanpa Mengganti Nomor"