Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persayaratan dan Cara Menyambungkan Youtube Channel ke Adsense

Cara Menyambungkan Youtube Channel ke Adsense


Mengelola akun Youtube atau menjadi vlogger saat ini menjadi salah satu kegiatan yang tidak hanya menyenangkan namun juga menghasilkan. Para YouTuber bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditayangkan di laman Youtubenya. 

Inilah yang dinamakan dengan adsense. Untuk bisa mendapatkan penghasilan dari YouTube ini tentu tidak mudah. Ditambah lagi beberapa waktu lagu pihak Google sebagai penyelenggara program periklanan ini memperketat syarat yang harus dipenuhi oleh pengguna. 

Kalau Anda sudah memiliki channel Youtube dan memenuhi persyaratan yang diberikan, Anda bisa menerapkan cara menyambungkan YouTube channel ke adsense seperti yang akan dijelaskan berikut. 

Tahapan Cara Menyambungkan Youtube Channel ke Adsense 


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh pengguna jika ingin mendaftar adsense. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi itu antara lain adalah sebagai berikut.

1. Sudah Terverifikasi 


Verifikasi ini perlu dilakukan apabila Anda ingin mengupload video dengan durasi panjang. Durasi panjang yang dimaksud oleh YouTube disini adalah video dengan panjang lebih dari 15 menit. Nah, selain memungkinkan Anda mengunggah video berdurasi panjang, verifikasi juga memungkinkan Anda untuk mendaftar adsense.

2. Sudah Memiliki 4000 Jam Tayang 


Syarat selanjutnya yang harus dipenuhi untuk mendaftar adsense adalah akun youtube yang akan didaftarkan harus sudah mempunyai 4000 jam tayang. Jam tayang lebih dari 4000 ini akan dihitung sejak 12 bulan terakhir Anda mendaftarkan akun tersebut. 

3. Jumlah Subscriber Mencapai 1000 


Persyaratan berikutnya yang harus Anda penuhi agar bisa mendaftarkan program Youtube adsense adalah subscriber. Untuk bisa mendaftarkan youtube adsense, akun Anda harus setidaknya sudah memiliki 1000 subscriber. Hal ini bisa Anda dapatkan jika akun sudah terverifikasi, rajin mengunggah video dan jangan lupa rajin mempromosikan channel Anda.

4. Hindari Komentar yang Bersifat Spam 


Persyaratan berikut ini mungkin terlihat sepele namun akan sangat berpengaruh pada proses pendaftaran adsense akun Youtube Anda. Karena itu, sebisa mungkin hindari menuliskan komentar spam agar proses pendaftaran adsense Anda bisa lebih mudah. 

Setelah memenuhi semua persyaratan di atas, maka selanjutnya Anda sudah bisa mendaftarkan adsense untuk akun Anda. Nantinya, setelah mendaftarkan adsense, Anda kemudian bisa menerapkan cara menyambungkan Youtube channel ke adsense sehingga Anda bisa mendapatkan penghasilan dari iklan di akun Youtube Anda. 

Cara Mendaftar Adsense Untuk Akun Youtube


Ketika membuat akun YouTube sudah pasti langkah awalnya adalah mendaftar di Gmail dan mendaftar di Youtube dengan cara login menggunakan email dan password dari akun Gmail tersebut. Jika langkah tersebut sudah Anda lalui, selanjutnya ikuti langkah mendaftar adsense berikut ini.

1. Masuk ke Setting Video Manager 


Sebelum menerapkan cara menyambungkan YouTube channel ke adsense, Anda harus mendaftar adsense dulu. Untuk mendaftar adsense, Anda harus punya channel atau saluran di YouTube dan mengunggah video di dalamnya. 

Untuk membuat saluran, klik pada ikon profil akun Anda yang ada di bagian kanan atas tampilan Youtube. Selanjutnya, pilih 'Creator Studio'. Berikutnya akan ditampilkan tampilan untuk membuat saluran. Klik pada link 'Buat Saluran'. Setelah itu upload 3-5 video buatan Anda sendiri. Ketika upload video, berikan judul dan deskripsi yang sesuai dengan isi video tersebut. 

2. Mengaktifkan Monetasi YouTube 


Jika sudah, masuk ke tahap awal cara menyambungkan youtube channel ke adsense adalah aktifkan monetasi youtube Anda. Caranya, pertama kembali ke 'Creator Studio' lalu kemudian pilih menu 'Saluran' kemudian pilih pada opsi 'Status dan Fitur'. 

Berikutnya pada kolom Monetasi klik pada opsi 'Aktifkan'. Selanjutnya akan ditampilkan syarat dan ketentuan berikan checklist pada semua kolom di tampilan syarat dan ketentuan yang berlaku. Kemudian lanjutkan dengan klik pada tombol 'Saya Setuju'. 

Setelah itu Anda akan dialihkan ke tampilan selanjutnya yaitu pengaturan monetasi. Berikan tanda centang di dalam kotak pada dua pilihan teratas dari pilihan yang tersedia. Jika sudah tekan pada tombol 'Monetisasi' dan Anda akan dialihkan ke tampilan menu selanjutnya. 

Pada tampilan selanjutnya, pilih menu 'Action', lalu pilih pada opsi 'Monitize' kemudian pada tampilan selanjutnya klik pada tombol 'paham'. Selanjutnya video Anda akan masuk pada tahap peninjauan. 

Jika sudah berhasil, maka pada menu 'Status dan Fitur' pada menu 'Saluran' Anda kolom Monetisasi akan tertulis 'Diaktifkan'. 

3. Menyambungkan Adsense Youtube 


Setelah tahap mendaftar adsense selesai, selanjutnya adalah cara menyambungkan youtube channel ke adsense yang sudah didaftarkan sebelumnya. 

Untuk menyambungkan channel Youtube Anda ke adsense, langkah pertama, kembali ke menu 'Saluran' lalu kemudian pilih pada opsi 'Monetisasi' kemudian akan ditampilkan beberapa pilihan. 

Pilih pada opsi 'Bagaimana saya akan dibayar' setelah itu ada akan pop down, kemudian pili pada link bertuliskan  'mengaitkan akun adsense'. 

Jika sudah akan muncul tampilan pemberitahuan. Klik pada tombol 'Berikutnya'. Setelah itu Anda akan dialihkan ke halaman adsense. 

4. Isi Data yang Disediakan 


Setelah Anda menekan tombol 'Berikutnya', selanjutnya Anda diminta masuk ke akun adsense Anda. Klik pada tombol 'Masuk'. Langkah berikutnya dari cara menyambungkan youtube channel ke adsense adalah Anda akan dialihkan ke halaman form data diri. 

Isikan data diri Anda sesuai form yang diminta. Scroll terus ke bawah sampai form data diri yang diminta habis. Pada bagian kolom untuk preferensi email, Anda bisa memilih antara 'Ya' atau 'Tidak' sesuai preferensi Anda. 

Kolom preferensi email ini berisi penawaran apakah Anda sebagai pengguna adsense bersedia menerima email pemberitahuan dari adsense atau tidak. Jika sudah mengisi semua data pada form yang disediakan, berikutnya tekan pada tombol 'Kirim Permohonan Saya'. Setelah itu Anda akan kembali ke akun youtube sementara Permohonan Anda sedang direview. 

5. Pasang Iklan di Adsense 


Apabila pengajuan adsense Anda sudah diterima maka akan diberitahukan via email. Di dalam email tersebut biasanya juga akan ada link yang meminta Anda untuk memasang unit iklan. Klik pada tombol 'Mulai'. Jika sudah, maka berikutnya Anda akan dialihkan pada tampilan dashboard pendapatan adsense dari channel yang Anda kelola. 

Jika sudah demikian, maka akun adsense Anda sudah aktif dan tersambung ke youtube. Setelah permintaan adsense Anda disetujui dan terhubung ke channel youtube 

Anda, maka Anda harus mematuhi kebijakan yang diberikan, terutama yang berkaitan dengan hak cipta. Jika melanggar, maka pihak Google bisa saja langsung mencabut adsense Anda. 

Mengelola channel Youtube saat ini tidak hanya menjadi sebuah kesenangan karena bisa berbagi dengan orang lain. Anda pun bisa memperoleh penghasilan dari mengelola channel youtube ini. Caranya adalah melalui adsense. 

Penjelasan di atas adalah langkah-langkah cara menyambungkan youtube channel ke adsense beserta cara mendaftar dan apa saja persyaratan agar bisa mendaftar adsense. 

Persyaratan yang diberikan mungkin membuat proses pengajuan adsense dan menyambungkan ke channel youtube Anda menjadi sedikit lebih lama. Karena itu, jika sudah disetujui Anda harus tetap mematuhi aturan yang diterapkan oleh Google agar adsense Anda tidak dilepaskan. 

Posting Komentar untuk "Persayaratan dan Cara Menyambungkan Youtube Channel ke Adsense"

https://member.edigital.id/product/canva/
https://edigital.id/virol
https://member.klikdigital.co.id/aff/go/anangili?i=34
https://edigital.id/wbs