Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Monetisasi Youtube Simpel Disertai Penjelasan Lengkap

Cara Monetisasi Youtube Simpel Disertai Penjelasan Lengkap
Cara Monetisasi Youtube Simpel Disertai Penjelasan Lengkap


Kepopuleran youtube sepetinya sudah tak terbantahkan lagi. Banyak orang telah mengoperasikannya dan bahkan menjadikannya ladang penghasilan dengan mendapatkan uang dari youtube

Buktinya telah banyak lahir youtuber terkenal yang muncul dengan berbagai variasi konten yang menarik. Tak hanya itu, para selebgram dan artis telah ikut berkecimpung menjadi youtuber. 

Melihat fenomena demikian tentu membuktikan bahwa youtuber kini menjadi profesi yang bisa dipertimbangkan. 

Nah ketika sudah menghasilkan banyak video dan menjaring banyak subscriber serta penonton, jangan lupa untuk mengaitkan ke monetisasi. Monetisasi menjadi proses penting agar mendapat uang dari youtube. 

Berikut ini adalah cara monetisasi youtube yang mudah dan tidak ribet.

Beragam Cara Monetisasi youtube dengan Penjelasan Lengkap


1.   Apa itu monetisasi?


Sebelum melakukan proses monetisasi, ada baiknya Anda tahu terlebih dahulu apa itu monetisasi. Monetisasi bisa dikatakan sebagai proses Anda mampu menghasilkan uang dengan mengaktifkan fitur-fitur iklan dalam video yang sudah di upload. 

Pada proses ini merupakan hubungan timbal balik akan terjalin. Pihak youtube dan pengiklan akan mendapatkan keuntungan dengan promosi barang pada channel yang sudah mampu menarik perhatian penonton. 

Maka dari itu, dalam cara monetisasi youtube dibutuhkan Anda mencapai beragam persyaratan terlebih dahulu.


2.   Syarat Monetisasi Youtube


Proses monetisasi merupakan langkah penting untuk Anda mendapatkan penghasilan dari Youtube. Anda diharuskan lolos dari persyaratan yang telah dibuat ketat oleh pihak platform tersebut. 

Beragam syarat meliputi mengikuti peraturan dan kebijakan monetisasi youtube. Dalam hal ini setiap konten yang Anda hasilkan sebisa mungkin berkualitas. 

Berkualitas di sini tidak hanya menarik tetapi juga tidak mengandung unsur yang membahayakan seperti kekerasan ataupun pornografi. Setiap konten juga harus original tanpa ada unsur menjiplak dari konten lainnya sehingga tak melanggar hak cipta.


Syarat cara monetisasi youtube selanjutnya ialah batas subsribers dan jumlah tayangan yang di putar. Paling tidak Anda harus memiliki 1000 subscribers. 

Jumlah tayangan pun harus mencapai 4000 jam tayang selama periode 12 bulan terakhir. Artinya bukan berarti video harus ditonton selama 4000 kali melainkan jumlah waktu penayangan minimal harus mencapai angka demikian. Beragam syarat lain ialah terkait dengan pengaitan dengan adsense. 

Perlu diketahui bahwa youtube itu sendiri telah membuat peraturan mengenai cara monetisasi yang tidak hanya dari iklan saja melainkan pula dapat dengan tips lain meliputi Super Chat, Membership channel, Merchandise, dan Youtube premium.


3.   Super chat


Super chat bisa dibilang merupakan salah satu cara monetisasi youtube yang terbaru. Bagaimana tidak, fitur ini merupakan tambahan yang belum lama muncul. Nantinya Anda dapat melakukan live streaming yang disaksikan langsung oleh penonton setia channel youtube Anda. Viewers pun dapat dengan bebas mengirim pesan atau chat sebagai respons mengenai pembahasan yang Anda bahas selama live.


Lebih jauh dengan melakukan live demikian Anda dapat menghasilkan tambahan dana yang tentunya lumayan. 

Cara variatif lain pun telah banyak dilakukan di antaranya menerima sponsor dengan mempromosikannya secara langsung selama live.

Apabila Anda mampu menarik perhatian penonton maka bukan tak mungkin akan banyak yang tertarik ke produk yang ditawarkan. Jadi sponsor menerima manfaat produk menjadi terkenal sedangkan Anda mendapat bayaran tambahan. Bila ingin promosi produk pribadi pun tak masalah.

4.   Google Adsense


Cara yang satu ini merupakan hal yang wajib jika ingin mendapatkan penghasilan dari youtube. Prosedurnya ialah penempelan iklan yang akan tertera pada video yang telah di upload di channel Anda. 

Namun, dalam pendaftaran Adsense tidak semabarangan akun dapat diterima pihak platform. Sebab membutuhkan beragam syarat yang mana bila disetujui akan berdampak baik untuk Anda. 

Syarat umum meliputi memiliki banyak subscibers, konten positif, berusia 18 tahun atau memiliki wali serta berbagai syarat lain.


Semakin banyak iklan yang menempel pada video maka kemungkinan penghasilan yang didapat pun bertambah lebar. Jadi jika iklan yang tertera di tonton oleh viewers maka secara otomatis pun menambah pundi-pundi uang. 

Tak ayal cara monetisasi youtube ini begitu diwajibkan oleh para youtuber yang ingin memperoleh penghasilan.


5.   Memanfaatkan membership channel


Tips lain yang bisa Anda manfaatkan ialah melalui membership channel. Namun, perlu diperhatikan bahwa cara ini hanya bisa dilakukan bila memiliki jaminan atas fans base banyak yang telah terjaring. 

Youtuber pemula disarankan jangan terlebih dahulu meski mencobanya pun tak salah. Penerapan sistem membership channel cukup simpel yang mana Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan setiap bulan dari akun penonton yang telah terdaftar sebagai member. 

Pastikan konten yang disuguhkan benar-benar berkualitas agar dana yang dikeluarkan penonton tak sia-sia dan tidak membuatnya kecewa.


Mengaktifkan membership channel bukan tanpa syarat. Sama seperti cara monetisasi youtube sebelumnya tentu ada persyaratan. Mulai dari jumlah subscriber harus lebih dari 30 juta hingga berusia minimal 18 tahun. 

Anda yang tertarik memanfaatkan ini dapat mengaktifkannya dengan masuk ke akun platform lalu membuka halaman membership. Tahapan selanjutnya Anda hanya perlu mengikuti perintah dan petunjuk yang muncul.


6.   Memanfaatkan fitur merchandise shelf


Platform youtube kini dikenal memiliki tambahan fitur yang menguntungkan. Salah satunya ialah memanfaatkan fitur merchandise. Meski begitu ada persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin memanfaatkannya. 

Syarat khusus demikian meliputi jumlah pengikut atau subscriber yang mencapai lebih dari 10.000. Jadi pastikan channel Anda sudah dikenal banyak penonton atau memiliki penggemar yang banyak. Selain itu syarat lain terkesan umum seperti batas usia yang minimal 18 tahun.


Bila Anda tertarik untuk mengikuti cara monetisasi youtube yang satu ini bisa ikuti cara berikut. Pertama tentu saja buka akun youtube studio beta. Jika sudah maka tahapan berikutnya ialah klik menu monetisasi yang terletak pada sebelah kiri. 

Lalu pilih menu merchandise. Pada tahap ini Anda akan diperlihatkan beragam persyaratan yang muncul. Tinggal ikuti saja setiap petunjuk yang tertera maka Anda akan dapat memanfaatkan fitur ini.

7.   Mengalihkan akun ke youtube premium


Cara monetisasi ini bisa dibilang merupakan langkah yang lain dari pada yang lain. Anda hanya perlu mengaktifkan akun dari yang biasa ke versi premium. Versi premium akan menguntungkan yang mana setiap penonton akan menjadi sumber tambahan pribadi yang signifikan. 

Sayangnya fitur ini masih belum berlaku di Indonesia sehingga Anda yang tertarik harus sabar terlebih dahulu. Mengenai pendaftaran pun belum ada keterangan apapun sebab belum muncul di negara ini itulah yang menjadi penyebabnya.

Itu dia beragam cara monetisasi youtube yang bisa Anda lakukan. Tips di atas tidak hanya menampilkan caranya saja tetapi juga memberi penjelasan lengkap agar Anda lebih paham. Menjadi youtuber merupakan pilihan menarik. 

Bagi anda yang ingin tahu Cara Tercepat untuk Bikin Video & Branding Youtube Channel Anda, silahkan gunakan Tools Levidio Youtuber Disini

Apabila Anda tekun dan kreatif bukan tak mungkin platform tersebut mampu menjadi ladang uang yang menjanjikan.

Posting Komentar untuk "Cara Monetisasi Youtube Simpel Disertai Penjelasan Lengkap"

https://member.edigital.id/product/canva/
https://edigital.id/virol
https://member.klikdigital.co.id/aff/go/anangili?i=34
https://edigital.id/wbs