Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sudah Tahu Bagaimana Cara Menyimpan File Canva Android? Begini Caranya

Cara Menyimpan File Canva Android

Jika Anda suka membuat konten visual atau desain grafis, pasti ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah Canva. Canva sendiri tersedia dalam versi situs edit online serta aplikasi mobile. 

Dengan aplikasi Canva mobile, Anda bisa tetap membuat desain untuk berbagai kebutuhan, seperti pamflet, poster ataupun iklan, secara offline tanpa harus tersambung dengan koneksi internet. Fitur dan template yang disediakan juga sama banyak dan bervariasinya dengan versi situs edit online. 

Nah, kali ini akan dijelaskan tentang bagaimana cara menyimpan file canva android jika Anda mengedit melalui aplikasi Canva. 

Mudah dan Sederhana, Begini Cara Membuat Desain dan Cara Menyimpan File Canva Android 
Pada dasarnya, Canva versi aplikasi tak jauh berbeda dengan canva versi situs editing. Keduanya sama-sama menawarkan pilihan template desain yang beragam. 

Untuk bisa menggunakannya pun Anda harus memiliki akun Canva terlebih dahulu. Bedanya, karena ini merupakan aplikasi mobile, maka Anda bisa lebih fleksibel menggunakannya. Tidak seperti Canva versi website. 

Selain itu, di Canva android atau aplikasi juga tersedia fitur-fitur gratis dan berbayar layaknya Canva website. 

Jadi, jika Anda ingin menikmati fitur yang lebih beragam, maka Anda bisa memanfaatkan layanan premium yang berbayar. Namun tak perlu khawatir, karena pada Canva gratis pun, template dan fitur yang disediakan juga sudah sangat beragam. 

Karena kemudahan penggunaan dan beragamnya template yang disediakan membuat Canva menjadi salah satu aplikasi editing favorit. Anda bisa membuat desain mulai banner, logo, iklan, pamflet, hingga tampilan untuk blog atau website. 

Cara Menggunakan Aplikasi Canva di Android


Kualitas hasil desainnya pun terjamin berkualitas HD dan bisa Anda bagikan ke berbagai akun sosial media yang Anda miliki. Oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan tentang bagaimana membuat desain dan cara menyimpan file Canva di android yang bisa Anda ikuti untuk memudahkan dalam mengedit.

1. Download Canva dan Login 


Sebelum mempelajari bagaimana cara menyimpan file Canva di android, Anda harus tahu dulu bagaimana cara membuat desain atau mengedit foto di aplikasi Canva ini. Untuk itu, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah download aplikasi Canva terlebih. 

Anda bisa mengunduh atau download aplikasi ini di Playstore secara gratis. Aplikasinya juga tergolong ringan dengan kapasitas hanya 24MB. 

Setelah aplikasi Canva terdownload dan terinstal di ponsel Anda, selanjutnya Anda bisa menggunakannya. Buka aplikasi Canva. Pada tampilan pertama, Anda akan diminta login atau sign up untuk membuat akun baru, sama seperti Canva web. 

Anda bisa login menggunakan email atau sign up dengan akun Google maupun akun Facebook. Tinggal pilih salah satu yang Anda butuhkan.

2. Pilih Layout Canva 


Jika sudah login, maka Anda sudah bisa mulai membuat desain atau mengedit di Canva. Canva menyediakan berbagai layout desain sesuai kebutuhan, mulai dari layout untuk Instagram posting, Instagram story, twitter posting, blog posting, website, ebooks, pamflet dan lain sebagainya. Tinggal pilih salah satu layout sesuai yang Anda butuhkan.

3. Buat Desain Anda Sendiri 


Setelah memilih layout desain yang Anda butuhkan, Anda harus membuat desain sendiri sesuai yang Anda butuhkan sebelum Anda bisa menerapkan cara menyimpan file Canva di android. 

Di dalam aplikasi editing Canva ini tersedia banyak template desain serta fitur menarik yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat konten visual Anda semakin menarik. 

Mulai dari background atau latar belakang. Jika Anda sudah memilih layout, Anda bisa mengubah background template layout yang tersedia dengan background atau latar belakang yang Anda inginkan. 

Tinggal pilih gambar background yang sudah tersedia di dalam aplikasi Canva atau Anda bisa mengambil gambar dari memori penyimpanan Anda.  Setelah itu, edit dan sesuaikan posisi gambar dengan canvas yang disediakan aplikasi ini. 

Setelah memilih background  dan menyesuaikannya, berikutnya Anda bisa menambahkan teks pada desain yang Anda buat sesuai kebutuhan. Sebelum menambahkan teks Anda bisa mengatur tampilan background agar nantinya teks bisa terbaca jelas. 

Untuk fungsi ini Anda bisa menggunakan fitur adjustment. Melalui fitur ini Anda bisa mengatur kecerahan, kontras dan pengaturan lain yang bisa Anda sesuaikan untuk membuat teks yang akan ditempatkan di atasnya bisa terlihat. 

Teks yang Anda buat pun bisa diedit dan disesuaikan dengan keinginan Anda. Anda bisa mengganti font, ukuran font dan warna tulisan yang Anda buat. Dengan begitu nantinya desain Anda akan terlihat lebih menarik. Selain itu, ada beberapa fitur menarik lain yang bisa Anda manfaatkan untuk menyempurnakan editan Anda. 

Ada fitur filter yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik desain Anda. Filter yang disediakan di aplikasi ini juga cukup bervariasi sehingga tidak akan membuat hasil editing Anda tampak membosankan. 

Ada pula fitur Text Insertion yang bisa Anda gunakan untuk menambahkan teks dengan bentuk typografi yang menarik. Di fitur ini juga terdapat lebih banyak sub fitur lain yang bisa Anda gunakan untuk membuat hasil editan menjadi semakin bagus. 

Terakhir ada fitur colour pallete. Colour pallete ini adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk memilih berbagai pilihan warna yang tersedia untuk membuat editan semakin menarik. Dari color pallete ini Anda bisa mengubah warna background, warna tulisan atau teks dan lain sebagainya.

4. Share and Download Hasil Editing 


Tahap terakhir adalah cara menyimpan file Canva android yang sudah Anda buat sebelumnya. Sedikit berbeda dengan canva versi web dimana ada fitur download yang memungkinkan Anda untuk mengunduh file desain yang Anda buat, maka Anda tidak akan menemukan fitur ini di Canva versi aplikasi mobile. Lalu bagaimana cara menyimpan hasil editan yang sudah dibuat? 

Cara menyimpan file Canva android hasil editan Anda menggunakan aplikasi Canva adalah dengan cara share. Diantara berbagai fitur yang ada di dalam Canva mobile ini, ada fitur share yang biasanya terletak di bagian pojok kanan atas tampilan aplikasi. 

Nah, setelah Anda selesai mengedit desain sesuai keinginan atau kebutuhan, klik tombol 'Share' yang berada di pojok kanan atas. Setelah itu Anda akan dialihkan ke beberapa pilihan lokasi untuk membagikan hasil editing Anda tersebut. 

Sebenarnya, setelah Anda klik tombol 'Share' tersebut, hasil editing Anda pun sudah tersimpan otomatis ke dalam penyimpanan perangkat Anda. Tanpa perlu membagikan ke lokasi lain. Untuk memastikan, Anda bisa mencarinya di dalam folder khusus Canva yang tersedia begitu Anda mengunduh dan menginstal aplikasi ini. 

Nah, itulah tadi penjelasan tentang bagaimana cara menyimpan file Canva android yang bisa Anda ikuti. Canva yang merupakan aplikasi editing dan desain grafis ini merupakan salah satu aplikasi populer yang sering digunakan untuk membuat berbagai konten grafis. 

Tersedia dalam versi web dan aplikasi mobile, keduanya memiliki perbedaan dan kesamaan. Termasuk salah satunya adalah perbedaan cara menyimpan hasil editingnya seperti yang dijelaskan di atas. 

2 komentar untuk "Sudah Tahu Bagaimana Cara Menyimpan File Canva Android? Begini Caranya"

https://edigital.id/wbs
https://edigital.id/virol/
https://edigital.id/wacs/
https://edigital.id/wbs