Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Jumlah Subscriber untuk Mendapatkan uang di Youtube?

Berapa Jumlah Subscriber untuk Mendapatkan uang di Youtube?
Berapa Jumlah Subscriber untuk Mendapatkan uang di Youtube?

Dewasa ini pekerjaan lepas seperti Youtuber banyak diminati kalangan milenial. Hal tersebut berdasarkan iming-iming fakta bahwa Youtuber memiliki gaji yang besar dan memiliki jam kerja yang lebih fleksibel. Maka jangan heran jika tidak sedikit orang yang mencari infomasi tentang Cara Monetisasi Youtube.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan berbagai macam hobi sebagai konten dari akun Youtube Anda. Tapi tahukah Anda berapa jumlah subscriber untuk mendapatkan uang di Youtube?

Berapa Jumlah Subscriber untuk Mendapatkan Uang di Youtube yang Harus Anda Tahu
Terdapat beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai monetisasi atau pembayaran konten di Yotutube. 

Berapa Jumlah Subscriber untuk Mendapatkan uang di Youtube?


Banyak yang mengira, bahwa dengan subscriber yang banyak, maka secara otomatis penghasilan yang akan Anda dapatkan juga banyak. Padahal tidak demikian, berikut merupakan penjelasan lengkapnya.

1. Peraturan Monetisasi


Untuk mendapatkan iklan dalam video Anda, minimalnya Anda telah memiliki 1000 subscriber atau pengikut. Hal tersebut juga harus berbanding lurus dengan penayangan video konten Anda, yakni 4.000 jam penayangan yang akan terhitung selama 12 bulan terakhir. 

Hal ini mengalami perubahan setelah sebelumnya banyak pihak yang menyalah gunakan Youtube Adsense. 

Ini ditemui ketika banyak akun baru yang sudah mendapatkan monetisasi padahal hanya memiliki sedikit pengikut. Berapa jumlah subscriber untuk mendapatkan uang di Youtube sebelumnya tidak ditentukan. 
Untuk mendapatkan iklan, akun Anda hanya perlu memiliki sepuluh ribu viewer, dan secara otomatis Anda bisa mendapatkan monetisasi dari iklan. 

2. Ketentuan Baru


Langkah ini merupakan ketentuan baru yang dibuat oleh pihak Youtube, guna menaikkan standar suatu kanal agar bisa melakukan monetisasi. 

Banyak yang menyarankan untuk mengubah peraturan sebelumnya, dimana viewer menjadi aspek penting, dan menambahkan aspek pengikut sebagai faktor boleh tidaknya mendapatkan iklan dari Youtube. 

Hal ini memang langkah yang tepat sebagai cara meminimalisir konten yang tidak bermanfaat, spam, maupun video-video yang dibuat hanya untuk tujuan viral, tanpa memperhatikan kaidah dan norma dalam pembuatan konten. 

Walaupun mengalami perubahan peraturan, pihak Youtube berpendapat hal ini tidak akan mempengaruhi pendapatan kanal-kanal di Youtube. 

3. Dikerjakan secara Manual


Setelah Anda mengetahui berapa jumlah subscriber untuk mendapatkan uang di Youtube, Anda juga harus tahu peraturan lain tentang mendapatkan uang dengan model iklan atau monetisasi di Youtube. 

Salah satunya adalah Google Preferred yang difungsikan untuk mengontrol iklan premium pada kanal-kanal yang sudah populer. 

Untuk kanal yang sudah masuk dalam listing Google Preferred akan di pantau secara khusus menggunakan tim kerja manual. 

Jadi, video yang sudah diunggah akan diperiksa terlebih dahulu, guna memverifikasi isi konten dam pemilihan standar yang tepat untuk iklan yang nantinya akan diselipkan. 

4. Penghasilan Bukan Ditentukan oleh Subscriber


Mungkin banyak yang mengira bahwa banyaknya subscriber menentukan jumlah uang yang akan di dapatkan. 

Namun ternyata tidak demikian, besar kecilnya uang yang Anda dapatkan didasarkan pada jumlah iklan yang tayang pada setiap video di kanal yang Anda kelola. 

Jadi, Anda tidak perlu membandingkan jumlah pengikut Anda dengan kanal lain yang memiliki banyak pengikut. 

Itulah mengapa, kadang ditemui Youtuber yang tidak memiliki banyak pengikut, namun ia mendapatkan lebih banyak uang karena iklan yang terdapat dalam kontennya. Makin banyak iklan yang terselip, maka makin besar pula pendapatan yang ia dapatkan. 

Sehingga, pengikut berjumlah lima ribu saja, bisa memungkinkan untuk meraup keuntungan yang lebih besar dibandingkan kanal dengan pengikut lima puluh ribu. Sehingga berapa jumlah subscriber untuk mendapatkan uang di Youtube bisa dikesampingkan. 

5. Iklan Tergantung dengan Region


Selain jumlah iklan, ternyata wilayah bisa menentukan jumlah iklan yang akan tayang di kanal Anda. Misalnya, Anda membuat konten berbahasa Indonesia, maka penonton sebagian besar adalah penduduk dengan bahasa yang sama. Berbeda ketika Anda menggunakan bahasa asing. 

Penggunaan bahasa asing ternyata bisa mendatangkan iklan dari luar negeri, utamanya iklan menggunakan bahasa yang Anda gunakan di dalam konten. Misalnya Anda menggunakan bahasa Inggris, maka iklan yang ditampilkan dalam video Anda bisa juga dari brand asing. 

Penggunaan bahasa internasional, seperti Inggris, Perancis, ataupun Mandarin bisa menarik penonton dari penduduk negara lain. 

6. Ketahui Perangkingan di Youtube 


Setelah mengetahui berapa jumlah subscriber untuk mendapatkan uang di Youtube, Anda sebaiknya juga mengetahui ranking yang dilakukan oleh Youtube. 

Aspek ini berguna untuk Anda yang ingin memaksimalkan pemasukan dari kanal dan monetisasi. Perangkingan bisa Anda manfaatkan agar video bisa terus muncul di halaman pertama pencarian. 

Berikut merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi ranking di platform bagi video Youtube, diantaranya adalah:

a. Komentar

Video yang mendapatkan banyak komentar, umumnya memiliki peluang untuk posisi yang lebih baik, terutama pada halaman pertama pencarian. 

Sebab, tidak semua akun mau meninggalkan komentar pada sebuah video. Untuk masalah ini, Anda bisa meminta penonton untuk meninggalkan komentar di kolom yang telah di sediakan. 

b. Pengikut

Mau tidak mau harus diakui, pengikut atau subscriber memiliki peran yang penting pada tinggi rendahnya posisi pada halaman pencarian. Ketika penonton langsung menekan menu Subscribe setelah menonton video, hal tersebut merupakan bukti bahwa kanal Anda berkualitas. 

Seprti yang telah ditekankan sebelumnya, berapa jumlah subscriber untuk mendapatkan uang di Youtube adalah seribu. 

Maka minimalnya Anda mendapatkan pengikut dengan jumlah tersebut agar bisa melakukan monetisasi dan mendaftar di Youtube Adsense. 

c. Share Video

Makin banyak share yang dilakukan oleh penonton kanal Anda, maka makin tinggi pula posisi Anda di ranking Youtube. 

Seringkali ditemui akun yang memiliki konten berkualitas mendapatkan posisi baik di hasil pencarian. 

Walaupun tidak berada di peringkat pertama, namun bisa dipastikan ia pada halaman pertama pencarian. Sharing video  yang dilakukan oleh pengikut Anda bisa memberikan portofolio yang baik untuk melakukan monetisasi. 

Agar peluang makin besar, Anda bisa mengingatkan penonton untuk membagikan video tersebut di akun media sosial mereka. Membagikan video di berbagai platform juga meningkatkan kemungkinan video Anda ditonton oleh lebih banyak orang. 

d. CTR atau Click Through Rate

Berapa jumlah subscriber untuk mendapatkan uang di Youtube bisa terpengaruh dengan CTR. Oleh sebab itu, dengan semakin tinggi CTR pada video yang sudah Anda unggah, maka posisinya juga makin tinggi di halaman pertama hasil pencarian. 

CTR merupakan impresi penonton terhadap video yang ada di hasilkan ketika melakukan pencarian. Intinya, ketika suatu video muncul karena mengetikkan keyword tertentu di kotak pencarian, dan ia banyak di klik karena memiliki kesamaan tema atau isi, maka CTR video tersebut cukup tinggi.

Bagi anda yang ingin tahu Cara Tercepat untuk Bikin Video & Branding Youtube Channel Anda, silahkan gunakan Tools Levidio Youtuber Disini

Itulah ulasan dan penjelasan singkat mengenai berapa jumlah subscriber untuk mendapatkan uang di Youtube. Apabila Anda merupakan Youtuber pemula, jangan menyerah untuk mengelola kanal yang Anda miliki agar semakin berkembang. Isi konten yang berkualitas dan dicari banyak orang bisa membuat jumlah pengikut Anda bertambah.

Oh ya, selain itu anda juga bisa mendapatkan Uang Dari Youtube Dengan Android. Semoga Bermanfaat

Posting Komentar untuk "Berapa Jumlah Subscriber untuk Mendapatkan uang di Youtube?"

https://edigital.id/wbs
https://edigital.id/virol/
https://edigital.id/wacs/
https://edigital.id/wbs